TUGAS 1 TUTORIAL ONLINE KEBIJAKAN DAN STRATEGI PRODUKSI (ADBI4434)

 

TUGAS 1 :

1. Mengapa TQM dan TQEM diperlukan dalam kegiatan perusahaan ? Apa dampaknya dengan adanya TQM dan TQEM bagi perusahaan ?

2. Mengapa benchmarking dilakukan perbandingan dengan usaha sejenis ?

3. Buatlah benchmarking di perusahaan yang menjual jasa dan barang dengan menggunakan unsur/factor yang ada !

Silakan Anda kerjakan soal di atas, kemudian jawabannya, Anda upload pada forum tugas yang telah tersedia. Perhatikan batas waktu uploadnya, jangan sampai melampau batas waktu yang telah ditetapkan.

Selamat belajar.

 

PENYELESAIAN TUGAS :

1. Mengapa TQM dan TQEM diperlukan dalam kegiatan perusahaan ? Apa dampaknya dengan adanya TQM dan TQEM bagi perusahaan ?

 

TQM dan TQEM diperlukan dalam kegiatan perusahaan :

TQM mencakup semua aktivitas-aktivitas secara keseluruhan fungsi manjemen yang menentukan kebijakan , sasaran dan tanggung jawabnya serta mengimplementasikannya dengan menggunakan perangkat, seperti perencanaan kualitas, kontrol kualitas, pemastian kualitas, dan perbaikan kualitas dalam sistem kualitas.

 

TQEM adalah proses identifikasi, penanganan, dan perbaikan berkelanjutan dari atribut lingkungan yang berpengaruh pada kualitas total produk dan operasi perusahaan. Filosofi TQEM terletak lebih jauh berdasarkan TQM, yaitu memnuhi harapan konsumen.

 

Dampak adanya TQM dan TQEM bagi perusahaan :

TQM merujuk pada penekanan kualitas yang meliputi organisasi secara keseluruhan mulai dari prmasok hingga pelanggan. Menekankan pada komitmen manajemen untuk mendapatkan arahan perusahaan yang terus menerus ingin mencapai keunggulan dalam semua aspek produk dan jasa yang kesemuanya penting bagi pelanggan.

Produk yang berkualitas akan dihasilkan jika ada pengawasan kualitas yang baik pula. Dengan demikian, banyak perusahaan yang menggunakan metode tertentu untuk menghasilkan suatu produk dengan kualitas yang baik. Untuk itulah kualitas kontrol dibutuhkan guna menjaga agar produk yang dihasilkan sesuai dengan standarisasi yang berlaku.

 

Prinsip utama TQEM adalah mengidentifikasi dan memasukkan definisi konsumen atau pelanggannya dan masyarakat secara keseluruhan. Prinsip utama dari TQEM adalah mencapai manajemen SDM berkelanjutan secara efektif dengan mentransformasikan dalam learning organization. Mengubah fokus organisasi dari menurut peraturan/pandangan pemegang saham ke budaya proaktif mengelola sumber daya bagi kepentingan masyarakat.

 

 

2. Mengapa benchmarking dilakukan perbandingan dengan usaha sejenis ?

 

Benchmarking memang terkadang bisa dipandang buruk karena menganalisis dengan mengikuti sehingga bisa mempersaingi namun ada juga manfaat dari benchmarking. Berikut beberapa manfaat tersebut:

1.    Menganalisis kompetisi. 

Dalam persaingan perlunya memahami dan memperhatikan perkembangan lawan sehingga bisa mengalahkan dalam proses bertahap dari bisa meniru namun mengembangkan agar bisa melawan kompetisi dengan relatif baik.

2.    Menjaga peforma. 

Dengan mengetahui berbagai perkembangan musuh akan berdampak lebih mengetahui kemampuan harus tetap dijaga agar stabil dalam jangkauan panjang dalam persaingan bisnis.

3.    Pentingnya perbaikan.

Perbaikan ini berisikan berbagai manfaat yang ada agar bisa bersaing dalam jangkauan panjang sehingga para persaing bisa merasa terasingi dengan baik, maka dari ini persaingan dalam jangkauan tertentu bisa tercapai dengan baik melalui perbaikan yang stabil.

 

 

3. Buatlah benchmarking di perusahaan yang menjual jasa dan barang dengan menggunakan unsur/factor yang ada !

 

Benchmarking adalah sebuah proses yang mana membandingkan antar perusahaan sehingga bisa mengetahui perbandingan produk yang ada hingga mengetahui pendekatan-pendekatan bisnis yang hampir mirip untuk menyaingi namun sedikit berbebda.

 

Berikut beberapa contoh dari benchmarking:

1.    Yamaha Mio secara umum awalnya dibuat untuk lebih diperuntukan kepada wanita dan akhirnya populer sehingga akhirnya Honda melakukan benchmarking serta meluncurkan Beat yang jenisnya hampir mirip namun memiliki keunggulan yang agak berbeda, hingga saat inilah Beat mampu menyaingi penjualan Yamaha Mio.

 

2.    Iphone 4 pernah diluncurkan terlebih dahulu namun adanya pengadilan Samsung Galaxy Ace menjiplak merk Apple tersebut, hampir banyak pelanggaran terjadi namun ada beberapa fitur yang dikembangkan sendiri. Sehingga bisa disimpulkan Samsung Galaxy Ace melakukan benchmarking dengan mendapatkan keuntungan yang lebih besar karena harga yang tidak mahal dibandingkan Iphone membuat laku keras di pasar.

 

 

SUMBER BERPENDAPAT :

- BMP ADBI4434; KEBIJAKAN DAN STRATEGI PRODUKSI; RIA ARIFIANTI; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022