TUGAS 3 TUTORIAL ONLINE ASAS-ASAS MANAJEMEN (ISIP4111)

 

Tugas 3

Setelah mempelajari Materi Sesi 6 dan 7 serta sumber yang relevan lainnya, jelaskan jawaban Saudara atas pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  1. Pengawasan dan pengendalian seringkali diartikan sama, namun pada hakikatnya ada titik perbedaan diantara keduanya. Coba berikan penjelasan sesuai dengan pemahaman Saudara?
  2. Pengawasan dilakukan dalam organisasi dengan tujuan untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan dilakukannya tindakan yang tidak sesuai dengan tuntutan organisasi. Dengan demikian agar tujuan organisasi tercapai, maka harus dilakukan pengawasan yang efektif. Sebutkan dan jelaskan apa saja yang dilakukan agar pengawasan dalam organisasi menjadi efektif!
  3. Untuk mampu mengelola organisasi dibutuhkan sejumlah ketrampilan yang kemudian dikenal dengan ketrampilan manajerial. Sebutkan dan jelaskan 3 keterampilan manajerial yang harus dimiliki oleh pimpinan!

Untuk menyelesaikan tugas ini, silahkan ketik jawaban Anda dalam bentuk Ms.Word dan kirimkan atau upload Tugas 3 pada tempat yang telah disediakan dalam forum tuton ini.

Selamat mengerjakan. Hindari plagiasi.

Jangan lupa, keaktifan Saudara pada diskusi dan penyampaian Tugas 1, 2 dan 3, mempengaruhi nilai akhir tuton matakuliah ini.

Salam: Tutor

PENYELESAIAN TUGAS 3 :

 

PENYELESAIAN SOAL NOMOR 1 :

1.  Pengawasan dan pengendalian seringkali diartikan sama, namun pada hakikatnya ada titik perbedaan diantara keduanya. Coba berikan penjelasan sesuai dengan pemahaman Saudara?

Pengawasan mengacu pada suatu bentuk monitoring yang dilakukan oleh pihak diluar eksekutif (dalam hal ini DPRD dan Masyarakat), Sedangkan Pengendalian merupakan internal control yang berada dibawah kendali eksekutif (Pemerintah Daerah) untuk menjamin bahwa strategi dijalankan secara baik, sehingga tujuan organisasi dapat dicapai.

 

 

PENYELESAIAN SOAL NOMOR 2 :

2.  Pengawasan dilakukan dalam organisasi dengan tujuan untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan dilakukannya tindakan yang tidak sesuai dengan tuntutan organisasi. Dengan demikian agar tujuan organisasi tercapai, maka harus dilakukan pengawasan yang efektif. Sebutkan dan jelaskan apa saja yang dilakukan agar pengawasan dalam organisasi menjadi efektif!

 

Fungsi Pengawasan yang paling efektif untuk dilakukan pada sebuah organisasi atau perusahaan adalah pengawasan internal dan eksternal. Tindak pengawasan internal dilakukan oleh sesama pegawai agar jika terjadi penyimpangan dapat segera diketahui, Sedangkan pengawasan eksternal dapat dilakukan secara tidak langsung, misalnya membuka line layanan pelanggan, agar kita dapat mengetahui keluhan pelanggan atas kelalaian dan kekurangan produk atau pelayanan.

Proses Manajemen merupakan cara yang sistematis yang digunakan untuk melakukan sesuatu terutama dalam mengelola sebuah pekerjaan atau obyek. Manajemen sebagai suatu proses untuk menekankan bahwa semua manajer, terlepas dari bakat atau keterampilan mereka, terlibat dalam beberapa fungsi yang saling terkait untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Tiga tahapan yang dilakukan dalam proses pengawasan (Controlling) yaitu :

ü  Tahap Penetapan Standar

ü  Tahap Penentuan Pengukuran Pelaksana Kegiatan

ü  Tahap Pengukuran Pelaksanaan Kegiatan

Pengawasan atau Controlling ialah cara untuk mengukur, membandingkan, menemukan penyimpangan dan memperbaiki kegiatan organisasi yang dilakukan untuk mencapai tujuan atau sasaran. Ada 3 jenis pengawasan yang perlu kita ketahui antara lain :

ü  Pengawasan Pendahuluan (preliminary control).

ü  Pengawasan pada saat kerja berlangsung (cocurrent control)

ü  Pengawasan Feed Back (feed back control)

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam proses pengawasan yaitu :

ü  Menetapkan Standar

ü  Mengukur Kinerja

ü  Memperbaiki Penyimpangan

Tiga unsur pokok atau tahapan-tahapan yang selalu terdapat dalam proses pengawasan, yaitu :

ü  Ukuran-ukuran yang menyajikan bentuk-bentuk yang diminta

ü  Perbandingan antara hasil yang nyata dengan ukuran tadi

ü  Kegiatan mengadakan Koreksi.

 

PENYELESAIAN SOAL NOMOR 3 :

 

3.  Untuk mampu mengelola organisasi dibutuhkan sejumlah ketrampilan yang kemudian dikenal dengan ketrampilan manajerial. Sebutkan dan jelaskan 3 keterampilan manajerial yang harus dimiliki oleh pimpinan!

 

Tiga Keterampilan Manajerial yang harus dimiliki oleh Pimpinan adalah :

1)      Ketarmpilan Konseptual;

Adalah Kemampuan Manajer untuk melihat organisasi secara keseluruhan, sebagai entitas yang lemgkap. Ini melibatkan memahami bagaimana unit-unit organisasi bekerja sama dan bagaimana organisasi masuk kedalam lingkungan kompetitif.

2)      Keterampilan Interpersonal;

Keterampilan Interpersonal melibatkan hubungan manusia, atau kemampuan manajer untuk berinteraksi secara efektif dengan anggota organisasi. Komunikasi adalah bagian paling penting dari keterampilan interpersonal, dan ketidakmampuan untuk berkomunikasi secara efektif dapat mencegah kemajuan karir bagi para manajer.

3)      Keterampilan Teknis;

Keterampilan Teknis melibatkan pemahaman dan menunjukkan kemahiran dalam aktivitas di tempat kerja tertentu. Keterampilan Teknis adalah hal-hal seperti menggunakan perangkat lunak pengolah kata, membuat anggaran, operasi sebuah mesin, atau mempersiapkan presentasi. Keterampilan Teknis yang digunakan akan berbeda di setiap tingkat manajemen.

 

 

 

 

SUMBER PUSTAKA :

BMP ISIP4111; ASAS-ASAS MANAJEMEN; SAM’UN JAJA RAHARJA; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022