DISKUSI 6 TUTORIAL ONLINE KEBIJAKAN DAN STRATEGI PRODUKSI (ADBI4434)

 

DISKUSI 6 :

Stabilitas kerja karyawan akan menentukan kelangsungan hidup sebuah perusahaan. Apabila tingkat ke luar dan masuknya karyawan tinggi, maka kemungkinan kontinuitas proses konversi dapat terganggu. Hal ini disertai dengan semakin tingginya biaya untuk rekrutmen dan pelatihan untuk karyawan baru.

Bagaimana tanggapan Anda? Silakan diskusikan!

 

PENDAPAT DISKUSI :

Untuk menjaga kondisi stabilitas karyawan yang ideal maka dibutuhkan pemenuhan terhadap kebutuhan tenaga kerja diantaranya :

 

1. Pembayaran Tenaga Kerja;

Karyawan merupakan salah satu aset perusahaan yang harus dijaga dan dikelola dengan baik. Oleh karena itu, perusahaan memiliki kewajiban untuk memberikan kebahagiaan dan kesejahteraan karyawan. Karyawan yang bahagia dan sejahtera bisa membantu perusahaan untuk berkembang dan sukses menjalankan bisnis. Nah, untuk membuat karyawan sejahtera dan bahagia, tentu ada biaya tenaga kerja yang harus dikeluarkan, misalnya gaji karyawan. 

 

2. Asuransi Tenaga Kerja;

Dengan asuransi, karyawan memiliki motivasi kerja lebih tinggi. Karyawan lebih fokus bekerja sesuai job desk-nya tanpa perlu memikirkan risiko finansial akibat tingginya biaya pengobatan. Dengan motivasi bekerja yang tinggi, produktivitas pun bisa meningkat.

 

3. Premi Upah;

Sistem upah premi merupakan upah tambahan yang diberikan kepada pekerja karena prestasi yang dimilikinya ataupun karena mampu bekerja lebih baik. Misalnya bekerja pada hari libur, memiliki keterampilan yang sangat khusus, melakukan pekerjaan yang berbahaya, dan lain sebagainya.

 

Semakin besar jumlahnya maka semakin besar pengaruhnya terhadap kinerja tenaga kerja yang merupakan variable cost (biaya yang besarnya tergantung pada tingkat produksi).

 

 

SUMBER BERPENDAPAT :

- BMP ADBI4434; KEBIJAKAN DAN STRATEGI PRODUKSI; RIA ARIFIANTI; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022

- https://blog.kini.id/biaya-tenaga-kerja/