DISKUSI 2 TUTORIAL ONLINE MANAJEMEN KEUANGAN BISNIS (ADBI4333)

 

DISKUSI 2 :

Modal kerja merupakan modal yang sangat penting bagi setiap perusahaan. Tanpa modal kerja, maka sangat sulit bagi perusahaan untuk menjalankan aktivitasnya. Dalam diskusi ini silahkan Saudara/i diskusikan beberapa hal terkait modal kerja, yaitu:

  1. Pengertian modal kerja (dengan kalimat masing-masing);
  2. Untuk apa saja modal kerja itu digunakan?
  3. Mengapa modal kerja perlu bahkan harus dikelola dengan baik?

Selamat berdiskusi!

 

PENDAPAT DISKUSI :

1. Pengertian modal kerja (dengan kalimat masing-masing);

Modal Kerja adalah alokasi dana untuk pembiayaan operasional perusahaan. Kegiatan operasional umumnya berjangka waktu maksimal 1 tahun untuk 1 periode.

2. Untuk apa saja modal kerja itu digunakan?                 

Setiap perusahaan memerlukan sumber dana yang akan digunakan untuk berbagai kebutuhan. Kebutuhan perusahaan umumnya terdiri dari dua kebutuhan yaitu kebutuhan untuk membiayai kegiatan investasi (investment) dan kebutuhan untuk membiayai modal kerja (working capital).

Kegiatan modal kerja adalah kegiatan untuk membiayai pengeluaran dana yang digunakan untuk keperluan perusahaan sehari-hari. Keperluan sehari-hari itu dikenal juga dengan kegiatan operasional. Kegiatan operasional perusahaan sehari-hari merupakan salah satu kegiatan yang paling penting dalam aktivitas perusahaan, sehingga bagi manajer keuangan kegiatan ini mendapat perhatian yang utama.

 

3. Mengapa modal kerja perlu bahkan harus dikelola dengan baik?

Pentingnya pengelolaan dengan baik modal kerja disebabkan oleh sifat modal kerja itu sendiri yang membutuhkan perhatian sehari-hari sehingga bersifat daily and time consuming activities (kegiatan sehari-hari dan membutuhkan waktu yang lama).

Kesalahan perusahaan dalam kebijak modal kerjanya akan berakibat pada perolehan pendapatan yang berkurang atau pada penambahan biaya operasional perusahaan yang mengakibatkan perusahaan mengalami pengurangan laba atau bahkan mengalami kerugian.

 

 

SUMBER BERPENDAPAT :

- BMP ADBI4333; MANAJEMEN KEUANGAN BISNIS; MOKHAMAD ANWAR; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022