DISKUSI 7 TUTORIAL ONLINE KEBIJAKAN DAN STRATEGI PEMASARAN (ADBI4433)

 

DISKUSI 7 :

Distribusi merupakan aktivitas untuk menyampaikan barang dan jasa dari produsen ke pelanggan. Saluran pemasaran merujuk pada suatu sistem pemasaran yang terorganisasi, di mana produk, sumber daya, informasi, dana dan kepemilikan produk mengalir dari lokasi produksi hingga ke pengguna akhir.

Sedangkan distribusi fisik merupakan suatu bentuk koordinasi alur informasi dan produk diantara para anggota saluran pemasaran yang ditujukan untuk memastikan ketersediaan produk pada tempat, jumlah, waktu yang tepat.

Dengan adanya perkembangan teknologi informasi, munculnya internet dan pemasaran online berikan pendapat Anda apakah peran anggota saluran distribusi seperti toko-toko retail akan tetap bisa bertahan di masa yang akan datang, dengan adanya perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih.

 

PENDAPAT DISKUSI :

Perkembangan yang cukup berarti dalam bidang pemrosesan informasi dan komunikasi digital telah menciptakan metode baru untuk menempatkan dan memenuhi pesanan baik dari pelanggan bisnis maupun pelanggan perorangan. Perkembangan yang cepat dalam Teknologi Internet dan maraknya perdagangan secara elektronik (e-commerce) telah menunjukkan suatu tanda yang jelas.

 

Internet telah menjadi rujukan utama bagi banyak pelanggan untuk mencari informasi sebagai dasar bagi keputusan yang akan mereka ambil, khususnya dalam kaitannya dengan keputusan pembelian. Selain itu tuntutan pelanggan untuk dapat dilayani dengan lebih cepat, lebih baik, dan lebih murah telah semakin mendorong para distributor untuk memanfaatkan segala kecanggihan teknologi yang tersedia.

 

Walaupun sudah mulai terjadi pergeseran dalam distribusi barang dengan memanfaatkan teknologi dan perdagangan secara elektronik (e-commerce) dari sebelumnya lebih mengandalkan toko-toko retail, akan tetapi tidak semua wilayah tercover oleh penggunaan teknologi untuk perdagangan online / elektronik (e-commerce). Sehingga keberadaan toko-toko retail akan tetap ada dalam distribusi barang walaupun hanya sebagai pelengkap untuk memenuhi kebutuhan konsumen-konsumen yang tidak dapat menggunakan teknologi dalam melakukan perdagangan.

 

 

SUMBER BERPENDAPAT :

- BMP ADBI4433; EDISI 2; KEBIJAKAN DAN STRATEGI PEMASARAN; EKO WIDODO; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022