DISKUSI 4 TUTORIAL ONLINE KEBIJAKAN BISNIS (ADBI4437)

 

Forum Diskusi 4

Jack Welch (Chief Executive officer) dari General Electric mencetuskan visi yang dapat menyelamatkan perusahaannya dari kebangkrutan.

Diskusikan bagaimana proses penciptakan visi tersebut dan faktor apa yang menyebabkan visi tersebut mampu dicapai.

Selamat berdiskusi, sukses selalu...

 

PENDAPAT DISKUSI :

Budaya Perusahaan adalah kumpulan dari kepercayaan-kepercayaan, harapan-harapan serta nilai-nilai yang dianut dan dimiliki oleh pegawai atau anggota organisasi suatu perusahaan yang diajarkan dari generasi yang satu ke generasi yang lainnya.

Penciptaan norma-norma di lingkungan perusahaan termasuk menetapkan perilaku yang bisa diterima dan tidak tidak dapat diterima yang ditetapkan mulai dari tingkat manajer puncak sampai dengan tingkat pekerja yang paling bawah. Suatu studi yang dilakukan oleh Denison; menyimpulkan bahwa perusahaan yang memiliki budaya atau kultur yang baik (participate culture) akan lebih berhasil daripada yang tidak memiliki.

Participate culture adalah keikutsertaan karyawan dalam proses pembuatan keputusan yang akan ditetapkan oleh pimpinan perusahaan. Denis dan Schodorts mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan yang ada di dunia ini memiliki perbedaan budaya. Oleh karena itu, tanggung jawab mereka untuk mampu mencipta, mengimplementasikan, dan memelihara budaya pada posisi kepemimpinannya.

Kultur atau Budaya merupakan pedoman dalam bertindak, yaitu para pegawai dari top manager sampai dengan pegawai pada level atau tingkatan paling bawah diharapkan dapat menerima budaya atau kultur yang diberlakukan dalam perusahaan. Adapun fungsi kultur atau budaya dalam organisasi perusahaan adalah sebagai berikut :

a. Menciptakan atau berguna sebagai identitas dari para pegawai atau para pekerja.

b. Mendorong atau membantu membangkitkan para pegawai atau para pekerja untuk melakukan sesuatu yang lebih baik dan lebih banyak bagi perushaan

c. Membantu menciptakan stabilitas organisasi perusahaan sebagai suatu sistem sosial

d. Memberikan atau menciptakan pedoman bertindak bagi para pegawai untuk berprilaku yang sesuai dengan perusahaan.

 

Sumber : Hamid, Djamhur & Zainul Arifin. (2022). Kebijakan Bisnis. Jakarta : Universitas Terbuka