TUGAS 1 TUTORIAL ONLINE KEBIJAKAN DAN STRATEGI PEMASARAN (ADBI4433)

 

TUGAS 1 :

Bapak/ Ibu mahasiswa FHISIP-UT yang berbahagia, setelah Anda mengikuti rangkaian kegiatan minggu pertama, kedua dan ketiga Tuton ADBI 4433    Kebijakan strategi pemasaran, silakan Anda kerjakan Tugas 1 berikut ini.

Tugas ini akan berguna bagi Anda untuk memantapkan pemahaman Anda tentang modul 1,2 dan 3, materi apa saja yang belum Anda kuasai setelah Anda membaca modul 1,2, 3 ADBI 4433  Kebijakan strategi pemasaran.

Tugas 1 ini berisi 3 pertanyaan yang harus Anda kerjakan. Ketik rapi jawaban Anda untuk Tugas 1, dengan 1,5 spasi.  Mohon tidak melakukan plagiasi. Jika Anda melakukan plagiasi, tutor akan memberikan nilai nol (0). Jika mengutip pendapat seseorang, mohon dicantumkan sumbernya.

Anda diharapkan mengerjakannya dengan sungguh-sungguh tanpa bantuan orang lain. Semoga Anda dapat mengerjakan tugas ini tanpa kendala yang berarti, dan sukses selalu semoga menyertai kita semua.

  1. Sebutkan 4 situasi di mana membangun data pelanggan bukanlah cara yang tepat untuk melaksanakan program pemasaran beserta contohnya
  2. Buatlah tingkat kebutuhan dari Maslow
  3. Jelaskan perbedaan dari pasar konsumen, pasar bisnis dan pasar pemerintah

 

PENYELESAIAN TUGAS 1 :

1.        Sebutkan 4 situasi di mana membangun data pelanggan bukanlah cara yang tepat untuk melaksanakan program pemasaran beserta contohnya

1. Bahwa untuk membangun dan memelihara suatu pangkalan data pelanggan akan memrlukan investasi yang sangat besar yang akan digunakan untuk membiayai penyediaan perangkat keras komputer, perangkat lunak komputer, program, jaringan komunikasi dan personel yang terlatih. Oleh karena itu, tidak semua jenis usaha akan memerlukan suatu manajemen hubungan pelanggan. Ada beberapa contoh yang menunjukkan bahwa manajemen hubungan pelanggan tidak tepat jika diterapkan dalam hal-hal berikut :

     a.  Di mana produk tersebut cenderung merupakan produk yang sekali beli, misalnya pembelian piano.

     b.  Di mana pelanggan menunjukkan kesetiaan yang rendah terhadap merek. Tidak peduli dengan merek

          produk yang dibelinya, misalnya gula pasir.

     c.  Di mana jumlah dan nilai pembeliannya sangat kecil, misalnya produk kembang gula

     d.  Di mana biaya untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan sangatlah tinggi.

 

2.  Adalah sulit untuk membuat setiap orang yang bekerja di perusahaan menjadi berorientasi pada pelanggan (customer oriented) dan mau menggunkan informasi yang tersedia.

 

3.  Tidak semua pelanggan menginginkan tingkat hubungan yang lebih erat dengan perusahaan dan mereka bahkan keberatan jika perusahaan mengetahui informasi yang lebih banyak tentang jati dirinya.

 

4.  Kadang kala asumsi-asumsi yang digunakan dalam Manajemen Hubungan Pelanggan tidak selamanya benar. Semuanya sangat tergantung pada tempat dan waktu ketika program itu hendak dijalankan. Misalnya, tidak semua konsumen yang loyal akan mau mempromosikan produk yang dibelinya pada orang lain. Hal itu sangat tergantung dari watak atau sifat dari orang bersangkutan.

 

2.        Buatlah tingkat kebutuhan dari Maslow

1. Kebutuhan Dasar atau Fisiologi

Kebutuhan dasar merupakan hal yang harus terlebih dahulu terpenuhi agar manusia dapat bertahan hidup dan melanjutkan hidupnya. Kebutuhan fisiologis merupakan kebutuhan manusia akan oksigen, air, makanan, suhu tubuh yang normal, tidur, homeostasis, kebutuhan seksual, dan sebagainya.

2. Kebutuhan Akan Rasa Aman

Untuk melangkah ke tingkat selanjutnya, seorang individu harus memenuhi kebutuhan pada tingkat ini. Maslow menjelaskan bahwa kebutuhan akan rasa aman ini meliputi rasa aman secara fisik maupun emosional.   Kebutuhan pada tingkat ini tergantung pada usia dari individu tersebut. Contohnya seperti anak-anak yang lebih membutuhkan pendampingan orangtua karena tingkat kewaspadaan diri anak yang masih rendah.

3. Kebutuhan Sosial (Rasa Cinta, Kasih Sayang, serta Hak Kepemilikan)

Di tingkat ini, seorang individu membutuhkan cinta, kasih sayang, dan memiliki hak kepemilikan terhadap suatu hal.  Selain itu, seorang individu dapat mendapatkan kebutuhan di tingkat ini dengan menjalin pertemanan dengan individu lain, membentuk keluarga, bersosialisasi dengan suatu kelompok, beradaptasi dengan lingkungan sekitar, serta berada dalam lingkungan masyarakat.

4. Kebutuhan Mendapatkan Penghargaan

Maksud penghargaan bagi Maslow adalah harga diri. Setiap individu berhak mendapatkan harga diri mereka masing-masing. Harga diri dapat berasal dari diri sendiri maupun orang lain.  Menurut Maslow, harga diri dibagi menjadi dua bentuk yakni bentuk menghargai diri sendiri dan bentuk penghargaan dari orang lain.

5. Kebutuhan untuk Mengaktualisasikan Diri

Kebutuhan di tingkat ini merupakan kebutuhan yang paling tertinggi. Aktualisasi diri dapat diartikan sebagai wujud sesungguhnya untuk mencerminkan harapan serta keinginan seorang individu terhadap dirinya sendiri.

 

3.    Jelaskan perbedaan dari pasar konsumen, pasar bisnis dan pasar pemerintah

PASAR KONSUMEN :

Pasar Konsumen (Consumer Market) adalah pasar yang memungkinkan kita sebagai konsumen membeli barang, produk, dan menggunakan jasa.

Contoh Pasar Konsumen adalah pasar makanan dan minuman, pusat perbelanjaan pakaian, dan pasar tempat jual beli kendaraan.

Motif beli dari jenis pasar konsumen adalah untuk digunakan pribadi, yakni memenuhi kebutuhan sehari-hari, atau diberikan kepada orang lain, misalnya sebagai bantuan, hadiah, atau lainnya.

 

PASAR BISNIS :

Pasar Bisnis atau Pasar Produsen (Producer Market) atau Pasar Industri adalah pasar yang memperjualbelikan barang-barang yang dibutuhkan produsen.

Contohnya Pasar bahan baku dan pasar peralatan.

Motif beli jenis pasar bisnis adalah membeli bahan untuk diolah menjadi barang baru atau menghasilkan produk yang bisa dijual di pasar konsumen.

 

PASAR PEMERINTAH :

Pasar Pemerintah (Government Market) adalah Unit Pemerintahan, baik pusat, provinsi, kabupaten, dan kota yang melakukan pembelian dan atau sewa barang serta jasa, guna melaksanakan fungsi utama pemerintah.

Motif beli dari jenis pasar pemerintah adalah untuk mendukung fungsi utama pemerintah dan menjamin kelancaran pelayanan publik.

 

SUMBER PUSTAKA :

- BMP ADBI4433; EDISI 2; KEBIJAKAN DAN STRATEGI PEMASARAN; EKO WIDODO; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022

- https://www.kompas.com/skola/read/2021/11/19/140000669/pengertian-pasar-berdasarkan-motif-beli-dari-pelanggan?page=all

- https://mediaindonesia.com/humaniora/525614/teori-maslow-lima-tingkat-kebutuhan-dasar-manusia-dan-contoh