DISKUSI 7 TUTORIAL ONLINE MANAJEMEN KEUANGAN BISNIS (ADBI4333)

 

Diskusi  7 :\

 

Pada diskusi ini, silakan didiskusikan beberapa hal berikut:

  1. Jelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menganalisis sebuah keputusan investasi!
  2. Jelaskan yang dimaksud dengan Incremental Cash Flow!
  3. Jelaskan yang Anda ketahui tentang Sunk Cost!

Selamat Berdiskusi!

 

 

PENDAPAT DISKUSI :

1.    Jelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menganalisis sebuah keputusan investasi!

Proses Keputusan Investasi merupakan keputusan yang berkesinambungan (on going process) dengan tahap-tahap sebagai berikut :

1). Penentuan Tujuan Berinvesatsi;

Dalam penentuan tujuan berinvestasi ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu jangka waktu investasi (pendek/panjang), berapa target return yang mau dicapai.

2). Penentuan Kebijakan Investasi;

Investor harus mengerti karakter resiko (risk profile) masing-masing apakah seorang yang mau mengambil resiko atau menghindari resiko, berapa banyak dana yang akan diinvestasikan. Fleksibilitas investor dalam waktu untuk memantau investasi, pengetahuan akan pasar modal.

3). Pemilihan Strategi Fortofolio dan Asset;

Setelah mengetahui hal-hal pada poin 1 dan 2 diatas maka kita dapat membentuk suatu portofolio yang diharapkan efisien dan optimal.

4). Pengukuran dan evaluasi kinerja portofolio;

Mengukur kinerja portofolio yang telah dibentuk, apakah sudah sesuai dengan tujuan. Alat untuk mengukur kinerja portofolio ada 3 yang cukup populer yaitu Sharpe’s measures, Treynor’s measures, dan Jensen measures.

 

2.    Jelaskan yang dimaksud dengan Incremental Cash Flow!

Incremental cash flows adalah arus kas yang berhubungan langsung dengan investasi, dimana pengambilan keputusan dilakukan berdasarkan pertimbangan adanya pertambahan kas jika suatu proyek dikerjakan, ataupun mempertimbangkan dampak yang terjadi terhadap kondisi keuangan (kas) saat proyek diterima dan pada saat proyek tidak diterima untuk dikerjakan.

 

3.    Jelaskan yang Anda ketahui tentang Sunk Cost!

Secara bahasa, pengertian sunk cost adalah biaya dengan potensi kecil atau bahkan tidak berpotensi sama sekali menghasilkan keuntungan di masa depan. Sementara itu di dunia bisnis, pengertian sunk cost adalah biaya yang terlanjur dikeluarkan perusahaan dan tidak mungkin didapatkan lagi, baik menghasilkan keuntungan atau tidak.

Perbedaan pengertian sunk cost dari segi bahasa dan bisnis terjadi karena tidak semua sunk cost menghasilkan 100% kerugian bagi perusahaan.

 

Sebagai contoh, perusahaan mengeluarkan budget iklan Rp15 miliar selama 10 tahun dengan pendapatan sebesar Rp500 miliar. Perusahaan tidak tahu berapa persentase kontribusi iklan terhadap pendapatan, sehingga daripada susah menghitung dan riset, perusahaan pun menggolongkan keseluruhan Rp15 miliar sebagai sunk cost.

 

Meski demikian, besar kecilnya sunk cost adalah salah satu indikator keberhasilan perusahaan dalam menerapkan efisiensi. Semakin kecil rasio biaya pengorbanan dan keuntungan, maka semakin kecil pula biaya sunk cost-nya.

 

 

SUMBER BERPENDAPAT :

BMP ADBI4333; MANAJEMEN KEUANGAN BISNIS; MOKHAMAD ANWAR; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022

https://www.infovesta.com/index/learning/learning/;jsessionid=EAF8F216C5528E7059E8A2D634E6DF85.NGXB/36

- https://dosen.perbanas.id/aksioma-manajemen-keuangan/?print=print#:~:text=Incremental%20cash%20flows%20adalah%20arus,diterima%20dan%20pada%20saat%20proyek

- https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/07/21/sunk-cost