DISKUSI 3 TUTORIAL ONLINE KEBIJAKAN DAN STRATEGI PRODUKSI (ADBI4434)

 

DISKUSI 3 :

Masalah kualitas merupakan salah satu bagian penting dan perlu mendapatkan perhatian yang serius agar dapat bertahan dalam persaingan.  Apalagi pada era global competition yang akan datang, akan terjadi kecenderungan proses pengembangan produk yang lebih baik, lebih canggih, lebih bermutu, dan lebih murah dibandingkan dengan produk sebelumnya, sebagai akibat perubahan yang begitu cepat dalam bidang teknologi.

Bagaimana tanggapan saudara? Silakan diskusikan!

 

PENDAPAT DISKUSI :

Perusahaan untuk dapat bertahan ditengah persaingan perlu memperhatikan beberapa aspek dimana salah satunya adalah Kualitas. Kualitas menjadi faktor dasar keputusan konsumen untuk membeli dalam banyak produk atau jasa. Gejala ini meluas tanpa membedakan apakah konsumen itu perseorangan, kelompok industri, atau toko pengecer.

 

Kualitas juga berkaitan dengan pemenuhan permintaan, atau melebihi permintaan, pemenuhan kebutuhan konsumen untuk saat ini dan masa yang akan datang. Ini berarti bahwa produk yang dihasilkan memenuhi kebutuhan konsumen dan cocok dengan penggunaan konsumen.

 

Kualitas adalah faktor kunci yang membawakeberhasilan bisnis, pertumbuhan, dan peningkatan posisi bersaing. Ada keuntungan besar pada investasi dari program jaminan kualitas yang efektif, yang memberikan kenaikan keuntungan kepada perusahaan yang efektif menggunakan kualitas sebagai strategi bisnisnya. Program jaminan kualitas yang efektif dapat menghasilkan kenaiakan penetrasi pasar, produktivitas lebih tinggi, dan biaya pembuatan barang dan jasa keseluruhan yang lebih rendah.

 

Faktor utama yang menentukan suatu perusahaan adalah kualitas barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan tersebut. Barang dan jasa yang berkualitas adalah barang dan jasa yang sesuai dengan yang diinginkan konsumen. Seorang produsen, akan selalu berusaha untuk menjaga reputasi perusahaannya dengan menghasilkan suatu barang yang selalu berkualitas.

 

 

SUMBER BERPENDAPAT :

- BMP ADBI4434; KEBIJAKAN DAN STRATEGI PRODUKSI; RIA ARIFIANTI; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022