TUGAS 2 TUTORIAL ONLINE BISNIS INTERNASIONAL (ADBI4432)

 

Dear Peserta Tuton mahasiswa yang berbahagia,

 

Setelah Saudara mengikuti rangkaian kegiatan minggu keempat dan kelima, di Tuton ADBI4432 Bisnis Internasional, silakan Saudara kerjakan Tugas 2 berikut ini.

 

Tugas ini akan berguna bagi Saudara untuk memantapkan pemahaman saudara tentang modul 5 dan 6, materi apa saja yang belum Saudara kuasai setelah Saudara membaca modul 5 dan 6 ADBI4432 Bisnis Internasional

Tugas 2  ini berisi 2 pertanyaan yang harus Saudara kerjakan. Ketik rapi jawaban Saudara untuk jenis huruf times new roman ukuran 12 dengan 1,5 spasi. Mohon tidak melakukan plagiasi. Jika mengutip pendapat seseorang, mohon dicantumkan sumbernya dengan kaidah sitasi yang baik.

Saudara diharapkan mengerjakannya dengan sungguh-sungguh tanpa bantuan orang lain. Perhatikan pula batas waktu pengumpulan tugas, sehingga tugas saudara tidak terlambat. Semoga Saudara dapat mengerjakan tugas ini tanpa kendala yang berarti, dan sukses selalu semoga menyertai kita semua.

 

Salam,

Tutor

---------------------------------------------------------------------------------------

Soal :

1. Beberapa instrument atau kebijakan dalam bisnis internasional digunakan oleh suatu negara dalam rangka menjaga stabilitas ekonominya. Jelaskan pendapat Anda mengenai apa yang dimaksud dengan Tarif  dan Subsidi ekspor, berikan contohnya serta dampaknya bagi ekonomi suatu negara.  

2. Dalam dunia bisnis internasional, terdapat organisasi yang disebut sebagai organisasi internasional. Jelaskan pendapat Anda, bagaimana peran organisasi internasional dalam bisnis internasional suatu negara? Berikan salah satu contoh organisasi internasional yang memiliki peran penting dalam bisnis internasional.  


TUGAS 2 :

 

Soal : 

1. Beberapa instrument atau kebijakan dalam bisnis internasional digunakan oleh suatu negara dalam rangka menjaga stabilitas ekonominya. Jelaskan pendapat Anda mengenai apa yang dimaksud dengan Tarif  dan Subsidi ekspor, berikan contohnya serta dampaknya bagi ekonomi suatu negara.  

 

PENYELESAIAN SOAL :

 

Terdapat beberapa macam instrumen kebijakan yang dikeluarkan suatu negara dalam perdagangan internasionalnya dengan negara lain, diantaranya :

 

1. Tarif;

Salah satu bentuk instrumen kebijakan perdagangan internasional yang paling sering kita temui dan akrab di telinga kita adalah pengenaan Tarif, yang merupakan kebijakan perdagangan yang paling tua dan secara tradisional telah digunakan sebagai sumber penerimaan negara sejak lama.

 

Tarif dapat diartikan sebagai sejenis pajak atas barang-barang yang diperdagangkan. Terdapat dua jenis Tarif, yaitu Tarif Spesifik yang diberlakukan sebagai beban unit yang diimpor dari Tarif ad Valorem yang dikenakan berdasarkan persentase tertentu dari nilai komoditas yang diimpor.

 

Cara AS dan Jerman mengenakan Tarif Impor atas barang Manufaktur impor menjelaskan bagaimana Tarif  dalam keberlanjutannya bukan hanya sebatas sebagai pemasukan bagi pemerintah, tetapi juga sebagai alat untuk melindungi sektor dalam negeri ketika berhadapan dengan pesaing yang mungkin lebih kompetitif.

 

Seiring dengan berjalannya waktu, negara-negara mulai meninggalkan pengenaan Tarif  sebagai upaya melindungi sektor domestik dan beralih pada pola hambatan non-tarif  melalui pembatasan ekspor ataupun impor, yaitu memberlakukan kuota impor dan kuota ekspor.

 

Contoh dan dampak penerapan Tarif;

Tarif adalah sejenis pajak yang dikenakan atas barang-barang yang diimpor. Tarif spesifik (Specific Tarrif) dikenakan sebagai beban tetap atas unit barang yang diimpor, ( Misalnya $6 untuk setiap barel minyak ). Tarif old Valorem (od Valorem Tariffs) adalah pajak yang dikenakan berdasarkan persentase tertentu dari nilai barang-barang yang diimpor, (Misalnya tariff 25% atas mobil yang diimpor).

Dalam kedua kasus Dampak dari Tarif akan meningkatkan biaya pengiriman barang ke suatu negara.

 

2. Subsidi Ekspor;

Subsidi Ekspor adalah pembayaran oleh pemerintah dalam jumlah tertentu kepada suatu perusahaan atau perseorangan yang giat menjual barang ke luar negeri. Dengan subsidi ini, harga suatu komoditas yang akan diperdagangkan akan dapat diturunkan sehingga dapat bersaing di dunia internasional. Kebijakan subsidi ekspor adalah adalah bentuk kebijakan perdagangan yang hanya dapat berlaku bagi negara maju yang sudah memiliki perekonomian yang stabil  (Paul  R. Krugman dan Maurice Obstfeld, 1998)

Contoh dan Dampak Subsidi Ekspor;

Subsidi Ekspor adalah pembayaran sejumlah tertentu kepada perusahaan atau perseorangan yang menjual barang ke luar negeri, seperti tarif subsidi ekspor dapat berbentuk spesifik (nilai tertentu per unit barang) atau Old Valorem (persentase dari nilai yang diekspor). Jika pemerintah memberikan subsidi ekspor, pengirim akan mengekspor barang sampai batas dimana selisih harga domestik dan harga luar negeri sama dengan nilai subsidi.

Dampak dari Subsidi Ekspor ini adalah meningkatkan harga di negara pengekspor sedangkan di negara pengimpor harganya turun.

 

 

2. Dalam dunia bisnis internasional, terdapat organisasi yang disebut sebagai organisasi internasional. Jelaskan pendapat Anda, bagaimana peran organisasi internasional dalam bisnis internasional suatu negara? Berikan salah satu contoh organisasi internasional yang memiliki peran penting dalam bisnis internasional. 

 

PENYELESAIAN SOAL :

Setiap Organisasi Internasional pastilah memiliki struktur organisasi untuk mencapai tujuannya. Apabila struktur-struktur tersebut telah menjalankan fungsinya, maka organisasi tersebut telah menjalankan peranan tertentu.

 

Peran Organisasi Internasional adalah sebagai berikut : 1) Wadah atau forum untuk menggalang kerja sama serta untuk mencegah atau mengurangi intensitas konflik (sesama anggota);  2) Sebagai sarana untuk perundingan dan menghasilkan keputusan bersama yang saling menguntungkan;  3) Lembaga yang mandiri untuk melaksanakan kegiatan yang diperlukan (antara lain kegiatan sosial, kemanusian, pelestarian lingkungan hidup, peace keeping operation, dll)  (Perwita & Yani, 2005;27).

 

L. Bennet membagi peranan organisasi internasional dalam 3 (tiga) kategori, yaitu sebagai berikut :

1.  Organisasi Internasional sebagai sumber legitimasi kolektif bagi akivitas-aktivitas organisasi atau anggota secar individual.

2.  Organisasi Internasional sebagai penentu agenda internasional

3.  Organisasi Internasional sebagai wadah bagi koalisi antar anggota atau koordinasi kebutuhan antar pemerintah sebagai mekanisme untuk menentukan karakter dan struktur kekuasaan global.

 

     Peranan Organisasi Internasional dapat digambarkan sebagai individu yang berada dalam lingkungan masyarakat internasional. Sebagai anggota masyarakat internasional, organisasi internasional harus tunduk pada peraturan-peraturan yang telah disepakati bersama, Selain itu melalui tindakan anggotanya, setiap anggota tersebut melakukan kegiatan-kegiatan dalam rangka mencapai tujuannya.

 

     Peran pertama;  dari Organisasi Internasional adalah sebagai instrumen digunakan oleh anggota-anggotanya untuk tujuan tertentu, biasanya terjadi pada IGO, dimana anggota-anggotanya merupakan negara berdaulat yang dapat membatasi tindakan-tindakan organisasi internasional. Peranan organisasi internasional sebagai instrumen dianggap mempunyai suatu kekuatan yang sangat mendukung bagi kepentingan nasional suatu negara.

 

     Peranan Kedua; Organisasi Internasional sebagai Arena atau Forum, dimana didalamnya terjadi aksi-aksi. Dalam hal ini organisasi internasional menyediakan tempat-tempat pertemuan bagi anggotanya untuk berkumpul bersama-sama untuk berdiskusi dan bekerja sama. Sebagai suatu arena, organisasi internasional berguna bagi masing-masing kelompok yang bersaing untuk menjadi forum bagi pandangan mereka serta dapat pula menjadi kekuatan diplomatik bagi kebijakan-kebijakannya, baik diwaktu perang dingin atau perang dekolonialisasi (Archer, 1983;36).

 

     Peran Ketiga; Sebagai aktor yang independen, dimana independen diartikan apabila organisasi inetrnasional dapat bertindak tanpa dipengaruhi kekuatan dari luar. Dalam hal ini, organisasi internasional dapat memberikan masukan-masukan secara netral tanpa ada kepentingan –kepentingan yang mempengaruhi dari luar.

 

     Contoh Organisasi Internasional;

     Betapa pentingnya hubungan yang dilakukan oleh antara negara dengan berbagai kemampuan yang dimiliki, pada umumnya berikut ini dapat dinamakan dari contoh sebuah organisasi internasional adalah International Labour Organization (ILO)

 

     Buruh adalah seorang pekerja yang bekerja di bidang industri. Buruh dalam menjalankan pekerjaanya diperlukan kesejahteraan yang berhak didapatkanoleh semua pekerja buruh. Tidak hanya di Indonesia, pekerja buruh terdapat diseluruh dunia. Dengan alasan tersebut, pada tanggal 11 April 1919 didirikan International Labour Organization yang disingkat dengan ILO.

 

     ILO dalam alasan didirikan memiliki tujuan, visi dan mis yang berisi bahwa Internaional Labour Organization bertujuan untuk membawa keadilan sosial dalam perdamaian serta untuk memperbaiki nasib para buruh di seluruh dunia. Dalam menciptakan tujuannya, ILO memiliki visi bahwa stabilitas sosial ekonomi harus disetarakan untuk menunjang tingkat kesejahteraan buruh di seluruh dunia.

 

     Visi terbentuk melalui suatu Misi. Visi terciptanya International Labour Organization adalah berupaya meningkatkan stabilitas ekonomi. Untuk itu berdasarkan Visi tersebut terciptalah suatu Misi yang berguna membantu Visi yang disebutkan diatas. Misi dari International Labour Organization adalah menyusun hukum dan peraturan perburuhan di dunia yang berguna untuk meningkatkan stabilitas sosial dalam penekanan masalah ekonomi di seluruh dunia.

 

 

 

SUMBER BERPENDAPAT :

- BMP ADBI4432; EDISI 2; RATIH PURBASARI; BISNIS INTERNASIONAL; UNIVERSITAS TERBUKA; FEBRUARI 2023.

- https://123dok.com/article/teori-peranan-organisasi-internasional-teori-peranan-teori-peranan.myjj3x5y