DISKUSI 1 TUTORIAL ONLINE ASAS-ASAS MANAJEMEN (ISIP4111)

 

DISKUSI 1 :

Materi Diskusi 1

Setelah Saudara mempelajari materi pada Sesi 1 dan BMP Modul 1, mari kita diskusikan bersama-sama  terkait pertanyaan diskusi dibawah ini:

“Mengapa kita perlu mempelajari Organisasi dan Manajemen?”

Berikan tanggapan Saudara dan diskusikan dalam forum ini! Jangan lupa setiap memberikan tanggapan sertakan sumber referensinya!


PENDAPAT DISKUSI :

Berdasarkan definisi dari Terry (1977:4) yang telah diterjemahkan oleh Winardi (2006:4), manajemen memiliki arti “proses yang khas, terdiri dari sekumpulan tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lain.”

Manajemen memiliki 3 aspek yang membuatnya memenuhi syarat untuk dikatakan sebagai bidang ilmu pengetahuan, yaitu :

1. To explain

Manajemen dapat memberikan sebuah penjelasan berupa arahan.

2. To predict

Setelah menjalankan fungsi pertama, kita dapat memperkirakan sebuah hasil dari tindakan tersebut.
3. To control

Dengan menerapkan beberapa kriteria dalam menjalankan sebuah aktivitas, maka dapat terkendalinya aktivitas tersebut.

Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Organisasi adalah kesatuan (susunan dan sebagainya) yang terdiri atas bagian-bagian (orang dan sebagainya) dalam perkumpulan dan sebagainya untuk tujuan tertentu.

 

Arti Penting Mempelajari Organisasi dan Manajemen Menurut Terry


Arti penting mempelajari organisasi dan manajemen adalah seperti yang dikemukakan oleh Terry (1977:13) yaitu terdapat delapan hal yaitu :

1. Management is purposeful

Manajamen adalah alat yang efektif yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan

2. Management makes things happen

Manajamen adalah alat untuk melaksanakan pekerjaan yang memang dipahami dan diketahui oleh seseorang

3. Management is activity, not a person or group of persons.

Hal ini manajemen lebih tepat diartikan mengelola. Mengelola adalah suatu aktivitas yang dapat dipelajari dengan memperoleh pengetahuan dari praktik-praktik aktivitas tersebut.

4. Management is accomplished by, with and through the efforts of others

Pernyataan ini dimaksudkan bahwa yang dimaksud dengan efforts of others adalah untuk menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan sesuai dengan kemampuan di bidangnya.

5. Management is usually associated with efforts of a group

Hal ini menyatakan bahwa pencapaian tujuan organisasi secara umum dicapai melalui kegiatan kelompok dan bukan individual secara mandiri.

6. Management is intangible

Manajemen merupakan sebuah “kekuatan” yang tak terlihat. Berjalan tidaknya manajemen dalam proses maupun fungsi, keberadaannya hanya dapat dilihat dan dibuktikan dalam bentuk hasil atau keluaran dari upaya yang dilakukan tersebut.

7. Management is aided, not replaced by the computer

Pernyataan ini menjelaskan bahwa manajemen hanya bisa dilakukan oleh manusia dan tidak dapat digantikan oleh computer

8. Management is an outstanding means for exerting real impact upon human life

Bahwa dengan menggunakan manajemen sebagai alat, seorang pimpinan dapat menciptakan suasana yang mendorong anggota organisasi untuk bekerja dengan lebih baik. Hal ini dapat dilakukan dengan lingkungan yang kondusif, memberikan rangsangan, motivasi dan harapan, suasana yang menyenangkan

 

Dengan demikian dapat disimpulkan bawah pentingnya mempelajari organisasi dan manajemen karena manajemen adalah ilmu yang tidak bisa tergantikan bahkan dengan komputer, dan juga manajamen merupakan salah satu ilmu yang dapat membantu pekerjaan menjadi lebih mudah dan terstruktur.

Pentingnya Mempelajari Organisasi dan Manejeman

 

Sebagai seorang manusia yang merupakan makhluk sosial, tentunya berkomunikasi dan bersosialisasi merupakan tindakan dasar yang dibutuhkan untuk tetap hidup dan berkembang. 

 

Dalam prosesnya, manusia pun diajak untuk bisa mengatur, mengolah, memberikan keputusan dan juga pengarahan untuk menjalani kehidupannya. Hal inilah yang bisa dianalogikan secara sederhana sebagai manajemen.

Menurut ELF Breach , Manajemen adalah sebuah proses sosial, yang dalam prosesnya meliputi tentang perencanaan, kontrol, koordinasi dan juga motivasi. Sejalan dengan yang dikatakan oleh Breach, dalam buku yang dialihbahasakan oleh Winardi (2006:4) dikemukakan bahwa , Manajemen merupakan proses khas, yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasiaan, penggerakan dan pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang tela ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lain

 

Dari kedua pernyataan Ahli berikut, dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah proses sosial yang didalamnya meliputi segala macam tindakan seperti perencanaan, pengorganisasian, pengawasan serta motivasi yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya.

Dalam manajemen juga, istilah organisasi sudah tidak asing lagi.

 

 

Pada dasarnya, organisasi berasal dari bahasa Yunani yaitu organon atau alat. Organisasi juga memiliki 2 pengertian, yaitu jika sebagai kata benda , merupakan wadah sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama, dan sebagai kata kerja, merupakan proses dan serangkaian aktivitas yang dilakukan secara sistematis sebagai bagian dari upaya membangun dan mengembangkan organisasi sebagai fondasi manajemen.


Menurut pendapat saya, hubungan antara manajemen dengan organisasi bagaikan otak dengan anggota tubuh. Keduanya saling berikat dan berjalan secara berkesinambungan. Manajemen bagaikan otak yang membentuk visi dan organisasi adalah alat untuk menjalankan misi guna mencapai suatu tujuan bersama.

 

Pentingnya pemahaman dan pengaplikasian mengenai organisasi dan manajemen dalam kehidupan adalah sebagai pengatur alur, sehingga yang dilakukan dapat lebih efisien dan efektif, serta memberikan keselarasan dan keseimbangan dalam menjalani kehidupan. 


Dengan mengaplikasikan pemahaman manajemen dan organisasi dalam kehidupan, tentunya setiap manusia akan menjadi lebih terstruktur dan teratur, sehingga hasil dan tujuan yang ingin dicapai pun dapat terlaksana dengan baik serta tidak menimbulkan konflik ataupun masalah.

 

 

SUMBER BERPENDAPAT :

- BMP ISIP4111; ASAS-ASAS MANAJEMEN; SAM’UN JAJA RAHARJA; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022

- https://www.sindulin.web.id/2022/06/mengapa-kita-perlu-mempelajari.html.