DISKUSI 3 TUTORIAL ONLINE BISNIS INTERNASIONAL (ADBI4432)

 

DISKUSI 3 :

Bisnis internasional memiliki  karakteristik yang lebih kompleks karena setiap negara memiliki sistem politikekonomi,  hukum dan budaya yang berbeda-bedaJelaskan pendapat Saudara mengenai pengaruh perbedaan lingkungan politikekonomihukum dan budaya suatu negara terhadap aktivitas bisnis internasional serta penyesuaiannya! Jelaskan alasan yang dapat memperkuat pendapat Saudara dan berikan contohnya!

PENDAPAT DISKUSI :

Bisnis Internasional lebih kompleks apabila dibandingkan dengan bisnis domestik karena perbedaan berbagai karakteristik antarnegara. Setiap negara memiliki sistem politik, sistem ekonomi, dan sistem hukum yang berbeda. Semua perbedaan-perbedaan tersebut mempunyai implikasi terhadap pelaksanaan Bisnis Internasional karena akan berpengaruh terhadap benefit, cost, dan resiko. Oleh karena itu pengelolaan bisnis di berbagai negara harus diperlakukan berbeda pula.

 

Setiap perusahaan yang ingin mencoba memasuki pasar baru seharusnya mempelajari pengetahuan dasar atas negara tersebut. Contohnya mempelajari struktur politik dan ekonominya denga tujuan dapat mengendalikan resiko politik perusahaan. Pengetahuan dasar yang perlu diketahui oleh perusahaan mengenai keadaan negara yang dituju antara lain :

1. Apakah negara yang dituju merupakan negara demokrasi atau diktator, dikuasai oleh satu partai politik atau multipartai.

2. Apakah negara tersebut menganut sistem pasar bebas atau dikendalikan oleh negaranya.

3. Apakah konsumen dari sektor publik atau privat.

4. Apakah pemerintah memberikan kemudahan bagi pemasok dalam negerinya.

5. Kapan terjadinya perubahan dalam kebijakan pemerintah dan bagaimana stabilitas pemerintahan saat ini.

 

Informasi apa atau sberapa banyak perusahaan membutuhkan sebuah informasi mengenai resiko politik, tergantung dari jenis usahanya dan untuk waktu berapa lama perusahaan tersebut akan beroperasi di negara tersebut. Pemahaman terhadap resiko politik suatu negara sangat penting bagi perusahaan yang negara tujuan investasinya sedang mengalami perubahan politik, ekonomi dan hukumnya.

 

 

SUMBER BERPENDAPAT :

- BMP ADBI4432; EDISI 2; RATIH PURBASARI; BISNIS INTERNASIONAL; UNIVERSITAS TERBUKA; FEBRUARI 2023.