DISKUSI 7 TUTORIAL ONLINE BISNIS INTERNASIONAL (ADBI4432)

 

  1. Untuk dapat ikut serta bersaing dengan produk-produk luar negeri, ada beberapa pilihan yang dapat dipertimbangkan oleh para pelaku bisnis untuk memasuki pasar luar negeri Jelaskan secara singkat pendapat Saudara mengenai cara-cara apa saja yang dapat dilakukan oleh pelaku bisnis dalam memasuki pasar luar negeriKemudian dari beberapa cara tersebutmanakah yang menurut Saudara paling tepat untuk dipilih oleh pelaku bisnis di Indonesia berdasarkan kondisi era digital saat inidengan memperhatikan keunggulan serta kelemahan dari masing-masing cara memasuki pasar luar negeri yang perlu menjadi pertimbangan para pelaku bisnis 


PENDAPAT DISKUSI :

Memasuki pasar dengan jangkauan internasional memang tidaklah mudah, selain banyaknya kompetitor, jangakauan konsumen yang terlalu luas membuat Anda harus memastikan target pasar Anda sebenarnya. namun bukan berarti tidak mungkin.

 

Pasar global masih memiliki potensi yang sangat baik bagi Anda untuk memasarkan produk atau layanan Anda. Pastikan Anda memanfaatkan seluruh potensi ini dengan strategi yang matang dan sesuai dengan hukum yang berlaku.

 

Metode atau cara yang dilakukan oleh perusahaan juga termasuk dalam elemen yang harus dipertimbangkan dalam memasuki pasar global. Perusahaan bisa masuk ke pasar global lewat berbagai metode di bawah ini :

 

1. Ekspor Produk

 

Ekspor produk merupakan langkah terbaik dalam melakukan pemasaran global. Di sini, kamu akan menjual produk atau jasa di pasar internasional dengan risiko lebih sedikit. Banyak perusahaan yang memilih produk sebagai metode utama pemasaran global karena dianggap lebih efektif dalam pembiayaannya.

 

Terlepas dari kemudahannya, kamu tetap harus melakukan peningkatan dalam produk yang dipasarkan. Produk yang ingin dipromosikan memang dibutuhkan oleh target pasar di negara tujuan, tapi belum tentu fiturnya cocok. Belum lagi, perusahaan harus berhadapan dengan pihak keempat, yaitu pemerintah negara tujuan agar lebih mudah dalam prosesnya.

 

2. Lisensi

 

Metode kedua yaitu memberikan perizinan atau lisensi kepada perusahaan di negara lain untuk menggunakan properti perusahaanmu. Biasanya, properti ini bersifat intangible atau tidak terlihat, seperti trademark, hak paten, atau langkah produksinya. Perusahaan lain akan membayar lisensi yang diberikan sebagai biaya hak cipta produk kamu.

 

Cara ini terbilang cukup mudah karena perusahaan penerima lisensi akan membuat produk atau strategi pemasaran yang bisa diterima oleh warganya. Brand pemilik asli pun tetap terjaga, bahkan lebih mudah populer di negara orang lewat strategi yang dilakukan oleh perusahaan partner.

 

3. Franchise

 

Sekilas, penjelasan lisensi di poin sebelumnya mirip franchise. Perbedaannya, franchise memiliki rangkaian peraturan yang harus dipatuhi oleh pemiliknya di negara lain. Proses dan penggunaan bahan bakunya pun harus mengikuti ketentuan perusahaan aslinya.

 

4. Joint Venture

 

Joint venture adalah dua perusahaan yang mendirikan anak perusahaan baru di pasar global. Bedanya, salah satu perusahaan tersebut harus berjenis lokal, sementara perusahaan lainnya bisa saja berasal dari negara yang sama atau berbeda. Keuntungannya, perusahaan bisa belajar dan memahami budaya serta kebutuhan masyarakat negara tujuan secrinci.

 

5. Investasi Langsung

 

Investasi langsung, atau foreign direct investment (FDI) merupakan salah satu metode perusahaan dalam memasuki pasar global. Di sini, perusahaan secara langsung menginvestasikan fasilitas yang hendak digunakan di pasar global. Cara ini dilakukan membentuk perusahaan baru atau mengakuisisi perusahaan yang sudah ada.

 

6. Partnership (Piggybacking)

 

Terakhir, metode partnership yang dikenal dengan piggybacking. Secara harfiah, piggybacking artinya menggendong. Dalam konteks ini, dua perusahaan yang tidak bersaing bekerja sama untuk menjual produk di negara tujuan. Metode ini terbilang rendah risiko, tapi pertimbangkan juga kepercayaan antara dua perusahaan yang bekerja sama agar berhasil di pasar global.

 

 

Cara yang paling tepat di era digital :

 

Cara yang paling tepat untuk dipilih oleh pelaku bisnis di Indonesia berdasarkan kondisi era digital saat ini adalah tetap Cara dengan Mengekspor Produk. Ekspor produk merupakan langkah terbaik dalam melakukan pemasaran global. Menjual produk atau jasa di pasar internasional dengan risiko lebih sedikit. Banyak perusahaan yang memilih produk sebagai metode utama pemasaran global karena dianggap lebih efektif dalam pembiayaannya.

 

Pemanfaatan kemudahan di era digital lebih dioptimalkan dalam hal mempromosikan produk dengan memanfaatkan teknologi disamping juga penggunaan teknologi mempermudah transaksi di pasaran global.

 

 

SUMBER BERPENDAPAT :

- BMP ADBI4432; EDISI 2; RATIH PURBASARI; BISNIS INTERNASIONAL; UNIVERSITAS TERBUKA; FEBRUARI 2023.

- https://greatnusa.com/artikel/cara-memasuki-pasar-global/