DISKUSI 1 TUTORIAL ONLINE KEBIJAKAN DAN STRATEGI PRODUKSI (ADBI4434)

 

DISKUSI 1 :

Salah satu tantangan terbesar dalam operasi global adalah menyatukan diferensiasi sosial dan budaya. Permasalahan beragam mulai dari mempekerjakan anak di bawah umur sampai ke masalah lingkungan. Terkadang manajer tidak tahu bagaimana bersikap, saat ada di budaya yang berbeda. Terkadang apa yang dapat diterima oleh satu masyarakat, bisa jadi tidak bisa diterima oleh masyarakat lain, bahkan dianggap melanggar hukum. Bagaimana dengan implementasi di Indonesia ?

Bagaimanakah tanggapan Saudara ? Silahkan diskusikan !


PENDAPAT DISKUSI :

Lingkungan Sosial dan Budaya memengaruhi bagaimana dan mengapa orang hidup dan berprilaku, seperti yang mereka lakukan saat ini. Banyak hal yang dapat dicakup dalam lingkungan sosial dan budaya ini diantaranya adalah bahasa yang mereka gunakan dalam berkomunikasi, tingkat pendidikan yang mereka capai, kepercayaan atau agama, jenis makanan yang mereka makan, model pakaian, dan rumah yang mereka gunakan dan bagaimana cara pandang mereka terhadap kerja, perkawinan, keluarga, dan sebagainya. Semua itu masuk dalam ranah sosial dan budaya.

 

Pemahaman akan lingkungan sosial dan budaya ini akan membantu Perusahaan atau Industri khususnya di Indonesia, misalnya dalam menetapkan strategi segmentasi pasar. Hal lain yang menarik untuk diamati dalam kaitannya dengan masalah sosial dan budaya ini adalah berubahnya peran perempuan. Perubahan dalam bidang ini, dibanding bidang lain relatif lebih lambat, dan seringkali tidak disadari. Sebagai contoh; lima puluh tahun yang lalu, perempuan identik dengan pekerjaan domestik, menjadi ibu rumah tangga atau istri yang baik di rumah. Namun, sekarang jumlah perempuan yang bekerja di sektor publik semakin meningkat. Perempuan lebih mandiri dan bisa menentukan pilihannya sendiri. Pergeseran ini tentunya akan mendatangkan peluang yang tidak sedikit bagi para Perusahaan atau Industri.

 

Dalam dasawarsa terakhir, perubahan dalam hukum internasional, perjanjian dan kode etik telah ditetapkan untuk mendefinisikan perilaku manajer di seluruh dunia dalam memahami perubahan sosial dan budaya yang terjadi. Sebagai contoh, Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) telah membantu menyeragamkan perlindungan pada pemerintah dan industri dari perusahaan asing yang melakukan perbuatan tidak etis atau tidak sesuai dengan lingkungan sosial dan budaya Bangsa Indonesia.

 

Terlepas dari diferensiasi budaya dan etika, telah terjadi pergerakan yang besar pada modal, informasi, barang, dan bahkan manusia. Sektor keuangan, telekomunikasi, dan prasarana logistik dunia merupakan lembaga yang membantu perkembangan penggunaan modal, informasi, dan barang secara efisien serta efektif.

 

 

SUMBER BERPENDAPAT :

- BMP ADBI4434; KEBIJAKAN DAN STRATEGI PRODUKSI; RIA ARIFIANTI; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022