DISKUSI 3 TUTORIAL ONLINE KEBIJAKAN DAN STRATEGI PEMASARAN (ADBI4433)

 

DISKUSI 3 :

Dalam menjalankan seluruh program dan aktivitas pemasaran, pemasar harus selalu mempertimbangkan faktor efisiensi dan efektivitas pemasaran yang harus terukur. Salah satunya melakukan riset pasar sebelum meluncurkan produk baru. Berikan pendapat saudara mengapa perusahaan ketika meluncurkan produk baru ke pasar, perlu melakukan pengujian pasar terlebih dahulu

PENDAPAT DISKUSI :

Ketika akan meluncurkan produk baru ke pasar, maka perusahaan perlu melakukan pengujian pasar terlebih dahulu agar produk baru tersebut mendapatkan respon positif dan animo yang besar dari konsumen. Untuk mendapatkan keadaan yang demikian maka perusahaan haruslah memiliki produk yang bagus dan berkualitas yang mereka pasarkan.

Dalam memproduksi barang atau jasa  yang bagus dan berkualitas pastilah harus didukung dari data dan informasi yang diperoleh sebelumnya melalui riset pasar yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Dalam melakukan riset pasar tersebut didapat informasi bahwa lingkungan pemasaran selalu mengalami perubahan. Dalam hal ini perusahaan  harus harus selalu dapat menyesuaikan diri dan mengambil manfaat dari terjadinya perubahan lingkungan pemasaran tersebut. Untuk itu perusahaan harus selalu mampu memperbaharui (up-date) informasi yang berkenaan dengan apa yang terjadi di dalam pasar dan produk yang diinginkan pasar saat ini.

 

SUMBER BERPENDAPAT :

- BMP ADBI4433; EDISI 2; KEBIJAKAN DAN STRATEGI PEMASARAN; EKO WIDODO; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022