DISKUSI 5 TUTORIAL ONLINE MANAJEMEN KEUANGAN BISNIS (ADBI4333)

 

Diskusi 5 :

Dalam manajemen persediaan, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan, agar proses produksi dapat berjalan lancar sekaligus biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan terkait persediaan juga efisien. Silahkan Anda diskusikan dengan teman-teman tentang hal tersebut!

Selamat Berdiskusi!

 

 

PENDAPAT DISKUSI :

Persediaan dalam perusahaan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dikelola agar operasi perusahaan bisa berjalan lancar. Bagi perusahaan dagang, persediaan barang dagangan perlu terus dipantau jenis dan jumlahnya agar ketika dibutuhkan oleh konsumen, barang tersebut tersedia. Bagi perusahaan manufaktur, yaitu perusahaan yang mengelola bahan baku menjadi barang jadi, persediaan juga penting untuk dikelola baik pada saat proses produksi maupun pada saat penjualan produk jadi. Pendek kata, persediaan merupakan bagian penting perusahaan yang harus dikelola karena umumnya dari persediaan inilah pada akhirnya perusahaan memperoleh pendapatan, yaitu dari penjualan produk yang merupakan bagian dari persediaan.

 

Hal yang menjadi masalah kemudian adalah berapa tingkat persediaan yang perlu dipertahankan perusahaan agar operasi perusahaan bisa berjalan lancar dengan biaya yang lebih efisien.

 

Beberapa alat yang digunakan untuk melakukan penilaian persediaan dapat disediakan oleh teori akutansi. Pada Teori Akutansi, terdapat beberapa penilaian persediaan yang dapat menghitung berapa persediaan bahan baku yang ada di dalam perusahaan baik dengan menggunakan metode FIFO (First In First Out), LIFO (Last In First Out) dan metode Average (rata-rata). Dengan berbagai metode tersebut, maka perusahaan dapat menghitung berapa total biaya bahan baku sekaligus nilai persediaan akhir bahan baku yang dipelihara oleh perusahaan.

 

Adapun ilmu manajemen keuangan dapat menyediakan berbagai teknik manajemen persediaan yang dapat digunakan agar dengan angka persediaan tersebut perusahaan membukukan biaya persediaan yang paling rendah.

 

Teknik-teknik manajemen persediaan telah berkembang dengan pesat dari mulai teknik EOQ (Economic Order Quantity), The ABC System, JIT (Just In Time), hingga MRP (Material Requirement Planning).

 

Berbagai teknik atau metode persediaan itu digunakan untuk meminimalisasi biaya sehingga perusahaan bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

 

Selain itu, Ilmu Manajemen keuangan juga menyediakan suatu alat yang bisa mendeteksi pada tingkat persediaan bahan baku berapa perusahaan sebaiknya melakukan pemesanan bahan sehingga dengan pemesanan yang dilakukan perusahaan tidak akan mengalami kehabisan bahan (stockout) dan proses produksi dapat terus berlangsung untuk menghasilkan produk jadi yang siap untuk dijual.

 

Tujuan dari pengelolaan persediaan juga sama dengan tujuan perusahaan yaitu menghasilkan laba yang optimal yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan pemegang saham (to maximize the shareholder’s wealth)

 

 

SUMBER BERPENDAPAT :

- BMP ADBI4333; MANAJEMEN KEUANGAN BISNIS; MOKHAMAD ANWAR; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022