DISKUSI 6 TUTORIAL ONLINE MANAJEMEN KEUANGAN BISNIS (ADBI4333)

 

  1. Diskusi  6 :

    1.    Diskusikan peran nilai waktu dalam keuangan, penggunaan alat komputasi, dan pola dasar arus kas.

    2.    Jelaskan konsep nilai masa depan dan nilai sekarang, perhitungannya untuk jumlah tunggal, dan hubungan di antara mereka.

    Selamat berdiskusi!

     

     

    PENDAPAT DISKUSI :

     

    1.  Diskusikan peran nilai waktu dalam keuangan, penggunaan alat komputasi, dan pola dasar arus kas.

    NILAI WAKTU DALAM KEUANGAN :

    Nilai waktu uang mengacu pada pengamatan bahwa lebih baik menerima uang lebih cepat dari nanti. Uang yang anda miliki ditangan hari ini dapat diinvestasikan mendapatkan tingkat pengembalian yang positif, menghasilkan lebih banyak uang besok.

     

    Untuk alasan  itu, satu dolar hari ini bernilai lebih dari satu dolar di masa depan.  Dalam bisnis,  Manajer
    terus menghadapi trade-off dalam situasi di mana tindakan yang memerlukan arus keluar uang tunai hari ini bisa menghasilkan arus kas masuk nanti.

     

    Karena uang tunai yang masuk masa depan bernilai kurang dari uang yang dibelanjakan perusahaan di depan, Manajer membutuhkan satu set Alat bantu untuk membantu mereka membandingkan arus masuk dan keluar kas yang terjadi pada saat yang berbeda waktu.

     

    PENGGUNAAN ALAT KOMPUTASI :

    Menemukan nilai sekarang dan masa depan dapat melibatkan penghitungan yang memakan waktu. Meskipun Anda harus memahami konsep dan matematika yang mendasari perhitungan, kalkulator keuangan dan spreadsheet merampingkan penerapan teknik nilai waktu.

    Kalkulator Keuangan

    Kalkulator keuangan mencakup banyak rutinitas keuangan terprogram. Belajar bagaimana menggunakan rutinitas ini bisa membuat perhitungan nilai sekarang dan masa depan.

    Spreadsheets elektronik

    Seperti kalkulator keuangan, spreadsheet elektronik memiliki rutinitas built-in yang mempermudah
    perhitungan nilai waktu. Nilai  untuk setiap variabel dimasukkan dalam sel dalam spreadsheet, dan perhitungannya diprogram menggunakan persamaan yang menghubungkan masing-masing sel. Mengubah salah satu dari variabel input secara otomatis mengubah solusi  sebagai hasil dari persamaan menghubungkan sel.

     

    POLA DASAR ARUS KAS :

    Arus kas - baik arus masuk maupun arus keluar - dari sebuah perusahaan dapat digambarkan secara umum
    pola. Ini dapat didefinisikan sebagai jumlah tunggal, anuitas, atau aliran campuran.


    Jumlah tunggal:

    Jumlah lump sum yang saat ini dipegang atau diharapkan pada beberapa orang tanggal mendatang

    Contohnya termasuk $ 1.000 hari ini dan $ 650 yang akan diterima di akhir 10 tahun


    Anuitas:

    Aliran arus kas periodik. Untuk tujuan kita, kita akan bekerja terutama dengan arus kas tahunan.

    Contohnya termasuk membayar atau menerima $ 800 pada akhir masing-masing 7 tahun ke depan.


    Aliran campuran:

    Aliran arus kas yang bukan anuitas; aliran dari arus kas periodik yang tidak merata yang tidak mencerminkan pola tertentu.

    Contoh mencakup dua aliran arus kas berikut A dan B.


    6 PERTANYAAN REVIEW
    5-1 Apa perbedaan antara nilai masa depan dan nilai sekarang? Yang
    Pendekatan umumnya disukai oleh manajer keuangan? Mengapa?
    5-2 Tentukan dan bedakan di antara tiga pola dasar arus kas:
    (1) jumlah tunggal, (2) anuitas, dan (3) aliran campuran.

     

    2.  Jelaskan konsep nilai masa depan dan nilai sekarang, perhitungannya untuk jumlah tunggal, dan hubungan di antara mereka.

    JUMLAH TUNGGAL

    Bayangkan bahwa pada usia 25 Anda mulai menginvestasikan $ 2.000 per tahun untuk investasi itu memperoleh bunga 5 persen. Pada akhir 40 tahun, pada usia 65, Anda akan memiliki menginvestasikan total $ 80.000 (40 tahun $ 2.000 per tahun).  Berapa banyak Anda telah terakumulasi pada akhir tahun keempat puluh? $ 100.000? $ 150.000?  $ 200.000? Tidak, $ 80.000 Anda akan tumbuh menjadi $ 242.000! Mengapa?  Karena nilai waktu uang memungkinkan investasi Anda menghasilkan pengembalian yang ada di dalamnya satu sama lain selama 40 tahun.


    NILAI MASA DEPAN JUMLAH TUNGGAL

    Nilai masa depan yang paling mendasar dan konsep nilai sekarang dan kekhawatiran perhitungan jumlah tunggal, baik Jumlah sekarang atau masa depan. Kita mulai dengan mempertimbangkan masalah yang melibatkan menemukan nilai uang masa depan yang ada di tangan segera.

    Kemudian kita akan menggunakan konsep dasar untuk memecahkan masalah yang menentukan nilai hari ini dari uang tunai yang akan diterima atau dibayarkan di masa depan. Kita sering perlu menemukan nilai pada beberapa tanggal di masa depan dari jumlah tertentu uang ditempatkan di deposito hari ini.

    Misalnya, jika Anda menyetor $ 500 hari ini ke sebuah akun yang membayar bunga tahunan 5 persen, berapa banyak yang akan Anda dapatkan di akun dalam 10 tahun Nilai masa depan adalah nilai pada tanggal suatu masa depan sejumlah tertentu ditempatkan pada deposito hari ini dan mendapatkan bunga pada tingkat yang ditentukan. Nilai masa depan tergantung pada tingkat bunga yang diperoleh dan lamanya waktu yang tersisa deposito. Di sini kita mengeksplorasi nilai masa depan dari jumlah tunggal.

     

    KONSEP NILAI MASA DEPAN SEKARANG :

    Berbicara tentang minat majemuk untuk menunjukkan bahwa jumlah bunga yang diperoleh deposit yang diberikan telah menjadi bagian pokok pada akhir periode tertentu. Istilah pokok mengacu pada jumlah uang dimana bunga dibayarkan. Peracikan tahunan adalah jenis yang paling umum. Nilai masa depan dari jumlah sekarang ditemukan dengan menggunakan bunga majemuk selama jangka waktu tertentu.

    Lembaga tabungan mengiklankan bunga majemuk kembali pada tingkat bunga x persen, atau x persen, digabungkan setiap tahun, setengah tahunan, kuartalan, bulanan, mingguan, harian, atau bahkan terus menerus.

     

    SUMBER BERPENDAPAT :

    - BMP ADBI4333; MANAJEMEN KEUANGAN BISNIS; MOKHAMAD ANWAR; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022

    - https://www.academia.edu/35320105/Review_question