DISKUSI 2 TUTORIAL ONLINE KEBIJAKAN DAN STRATEGI PEMASARAN (ADBI4433)

 

DISKUSI 2 :

Melakukan analisis pasar konsumen akan berbeda jika melakukan analisis pasar bisnis. Bagaimana tanggapan Anda terhadap pernyataan di atas? Berikan argumentasi dan cantumkan referensinya.

Selamat berdiskusi

 

PENDAPAT DISKUSI :

Pengertian tentang pasar (market) dibagi menjadi dua bagian besar, yaitu Pasar Konsumen atau Pasar Pelanggan dan Pasar Bisnis atau Pasar Industri, dimana msing-masing pasar tersebut memiliki karakteristik yang berbeda dan juga pada akhirnya akan memerlukan starategi pemasaran yang berbeda untuk diterapkan didalam masing-masing jenis pasar tersebut. Untuk itu diperlukan suatau analisis yang berbeda pula diantara dua jenis pasar tersebut.

Analisis Pasar Konsumen; Seorang pemasar yang baik harus mampu menjalin hubungan baik dengan pelanggannya (Konsumen). Untuk dapat menjalin hubungan yang sangat baik dengan pelanggannya maka kemampuan memahami apa kebutuhan dan keinginan pelanggan adalah modal dasar yang harus dimiliki seorang pemasar sehingga nantinya pemasar akan dapat menawarkan produk yang tepat, dengan cara yang benar dan pada saat yang tepat kepada pelanggannya.

Analisis Pasar Bisnis; Dalam kenyataannya lebih banyak produk yang dibeli oleh Bisnis atau Perusahaan yang bukan merupakan Pelanggan akhir (Pelanggan akhir atau Konsumen akhir). Oleh karena apa yang dibeli oleh perusahaan tidaklah untuk dikonsumsi sendiri, namun produk tersebut dibeli untuk diproses lagi untuk menjadi produk yang memiliki nilai tambah lebih tinggi atau produk tersebut dibeli untuk dijual kembali. Jadi, disini perusahaan bukanlah merupakan pelanggan akhir.

Oleh karena tujuan pembeliannya berbeda, perilaku pelanggan bisnis berbeda dengan pelanggan akhir (konsumen). Oleh karenanya, agar dapat mengembangkan suatu strategi pemasaran yang baik, Analisis Pasar atau pemahaman tentang pelanggan bisnis ini dan bagaimana mereka melakukan pembelian akan sangat penting dalam menentukan sukses atau tidaknya suatu strategi pemasaran.

 

SUMBER BERPENDAPAT :

- BMP ADBI4433; EDISI 2; KEBIJAKAN DAN STRATEGI PEMASARAN; EKO WIDODO; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022