DISKUSI 5 TUTORIAL ONLINE KEBIJAKAN DAN STRATEGI PRODUKSI (ADBI4434)

 

DISKUSI 5 :

Pada layout Kantor terdapat  dua kecenderungan yang perlu diperhatikan. Pertama, teknologi seperti telepon, smartphone, jaringan  internet, laptop, dan sebagainya menyebabkan layout perkantoran menjadi makin fleksibel dengan memindahkan informasi secara elektronik. Kedua, perusahaan modern menciptakan kebutuhan dinamis akan ruang dan jasa.

Bagaimana pendapat Anda tentang layout kantor dengan mulai meredanya pandemi covid 19, apakah berpengaruh terhadap layout kantor?

Silakan berdiskusi

 

PENDAPAT DISKUSI :

Tata Letak kantor (office layout) adalah cara mengelompokkan pekerja, perlengkapan mereka, dan ruang dengan mempertimbangkan kenyamanan dan keamanan, dan pergerakan informasi. Perbedaan utama pada tata letak kantor adalah pada aliiran informasi. Tata Letak Kantor terus mengalami perubahan akibat perubahan teknologi yang berlangsung di masyarakat juga ikut mengubah fungsi kantor.

 

Walaupun pergerakan informasi meningkat menjadi elektronik saat ini, analisis tata letak kantor masih memerlukan pendekatan yang berbasis tugas. Korespondensi lewat kertas, kontrak, dokumen hukum, dokumen pasien yang rahasia, serta naskah cetak, gambar, dan desain masih memgang peranan yang besar di banyak kantor. Oleh karena itu, para manajer menguji pola komunikasi, baik secara elektronik maupun tradisional, juga kebutuhan pemisahan dan kondisi-kondisi lain yang memengaruhi efektivitas pekerja.

 

Gambaran Lay out kantor yang ideal ini sempat mengalami perubahan yang cukup signifikan seiring merebaknya pandemi covid-19 dimana kondisi tersebut merubah pola hidup manusia dan pola kerja dalam dunia bisnis dan perkantoran. Pandemi Covid-19 yang sangat membahayakan kesehatan bagi manusia bahkan menjurus kepada kematian bagi yang terinfeksi telah melemahkan iklim kerja khususnya di perkantoran. Perkantoran banyak menerapkan pola kerja Work From Home, dimana karyawan lebih banyak bekerja dari rumah dengan memaksimalkan penggunaan teknologi dan informasi yang tersedia. Sementara Perkeja kantor yang Work From Office melakukan tugasnya dengan menerapkan kewaspadaan tinggi yaitu mengedepankan protokol kesehatan pada ruangan perkantoran dan peralatan yang dipakai.

 

Seiring dengan sudah meredahnya Pandemi Covid-19 dan perubahan status kesehatan dari pandemi sudah turun menjadi endemi, maka suasana perkantoran saat ini sudah berangsur pulih seperti sebelum adanya pandemi covid-19, Lay Out Kantor yang ideal kembali pulih seperti sedia kala.

 

 

 

SUMBER BERPENDAPAT :

- BMP ADBI4434; KEBIJAKAN DAN STRATEGI PRODUKSI; RIA ARIFIANTI; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022