TUGAS 3 TUTORIAL ONLINE BISNIS INTERNASIONAL (ADBI4432)

 

Nama    : Mukhtarul Muslimin

NIM      : 043987196

 

TUGAS 3 :

 

Soal : 

1. Salah satu nilai tukar yang paling banyak digunakan negara-negara dalam bisnis internasional adalah Nilai tukar mengambang. Jelaskan pendapat Anda apa yang dimaksud dengan Nilai tukar mengambang dan apa saja kelebihan nilai tukar ini sehingga digunakan oleh banyak negara di dunia! Selain itu, jelaskan pula, apa yang menyebabkan kurs valuta asing dapat berfluktuasi?

     (Modul 7 KB1&KB2; Skor Maksimal 30)

 

PENYELESAIAN SOAL :

 

Jelaskan pendapat Anda apa yang dimaksud dengan Nilai tukar mengambang dan apa saja kelebihan nilai tukar ini sehingga digunakan oleh banyak negara di dunia!

~> Sistem nilai tukar yang diterapkan suatu negara bergantung pada kebijakan ekonomi dan moneter yang diterapkan oleh pemerintah atau Bank Sentral setempat. Sistem kurs mengambang terkendali menjadi salah satu sistem yang populer di dunia.

Secara sederhana, sistem kurs mengambang terkendali (Managed Floating Exchange Rate System) adalah sistem nilai tukar mata uang yang mengizinkan nilai tukar berfluktuasi sesuai dengan kekuatan pasar, tetapi tetap diawasi dan diatur oleh Bank Sentral negara tersebut.

Sistem ini digunakan oleh banyak negara di dunia karena dianggap bisa memberikan fleksibilitas yang cukup besar dalam mengatasi fluktuasi nilai tukar, namun masih di bawah kontrol dan pengawasan Bank Sentral untuk menjaga stabilitas ekonomi.

Berikut adalah beberapa kelebihan dari sistem kurs mengambang :

1) Fleksibilitas

Sistem kurs mengambang terkendali memberikan kebebasan nilai tukar mata uang untuk bergerak sesuai dengan keadaan pasar. Hal ini memungkinkan untuk menyesuaikan nilai tukar mata uang dengan kondisi ekonomi yang berubah-ubah, seperti inflasi atau deflasi, sehingga dapat membantu menjaga stabilitas ekonomi.

2) Efektif Menekan Volatilitas Nilai Tukar

Dalam sistem kurs mengambang terkendali, pemerintah dapat mengambil tindakan untuk mencegah perubahan nilai tukar yang terlalu besar atau terlalu cepat. Ini dapat membantu mengurangi volatilitas nilai tukar akibat fluktuasi harga yang tidak stabil di pasar.

3) Kemandirian

Sistem kurs mengambang terkendali memberikan otonomi kepada pemerintah untuk menentukan kebijakan moneter dan fiskal yang sesuai dengan kondisi ekonomi nasional, tanpa harus terbebani untuk mempertahankan nilai tukar mata uang. Hal ini memungkinkan pemerintah untuk lebih fokus pada tujuan ekonomi domestik dan mempromosikan pertumbuhan ekonomi jangka panjang.

4) Transparansi

Sistem kurs mengambang terkendali memungkinkan pengambilan keputusan investasi dan perdagangan yang lebih transparan karena nilai tukar mata uang tercermin langsung oleh kondisi pasar dan fundamental ekonomi suatu negara.

5) Menarik Minat Investasi

Sistem kurs mengambang terkendali dapat menarik minat investasi asing dengan menjaga stabilitas nilai tukar mata uang. Dengan masuknya Investasi asing, akan membantu mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja baru, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

6) Menjaga Keseimbangan Neraca Perdagangan

Sistem kurs mengambang terkendali dapat membantu menjaga keseimbangan neraca perdagangan antara negara dengan menyesuaikan nilai tukar mata uang. Hal ini bisa membantu mengurangi risiko kebangkrutan dan mempertahankan kestabilan ekonomi.

 

Jelaskan pula, apa yang menyebabkan kurs valuta asing dapat berfluktuasi?

~> Kurs berfluktuasi setiap saat sesuai dengan permintaan dan penawaran yang terjadi di pasar valuta asing. Hal ini bisa terjadi karena adanya transaksi perdagangan antar negara. Sebuah mata uang akan mengalami penguatan atau pelemahan terhadap mata uang lainnya.

 

 

 

2. Untuk dapat ikut serta bersaing dengan produk-produk luar negeri, ada beberapa pilihan yang dapat dipertimbangkan oleh para pelaku bisnis sebagai cara memasuki pasar luar negeri, salah satunya adalah Lisensi. Jelaskan pandangan Anda mengenai:

     1.Apa yang dimaksud dengan lisensi?

     2.Bagaimana cara untuk mengurangi risiko lisensi? Berikan Contohnya.

     3.Bagaimana strategi agar bisnis internasional dapat berjalan dengan baik?

     (Modul 8 KB1; Skor Maksimal 30)

 

PENYELESAIAN SOAL :

     1.Apa yang dimaksud dengan lisensi?

~> Perjanjian Lisensi adalah suatu susunan perjanjian lisensi (lisensor) yang memberi hak intangible property kepada pemegang lisensi (usence) secara sungguh-sungguh pada periode waktu yang khusus. Sebagai penggantinya, pemberi lisensi (lisensor) menerima bayaran royalti dari pemegang lisensi (lisence). Properti intangible itu mencakup paten, penemuan, formula, proses desain, hak cipta, dan merek dagang.


2.Bagaimana cara untuk mengurangi risiko lisensi? Berikan Contohnya.

     ~> Terdapat beberapa cara untuk mengurangi risiko lisensi, salah satunya dengan masuk ke dalam perjanjian cross licensing suatu perusahaan asing. Selama berada dalam perjanjian cross licensing, sebagai suatu perusahaan yang berharga untuk partner dengan perusahaan asing. Dalam hal pembayaran loyalty, perusahaan kemungkinan juga meminta partner pemegang lisensi asing salah satu keterampilan yang berharga untuk perusahaannya. Perjanjian tersebut memperhitungkan untuk mengurangi penggabungan risiko dengan lisensi keterampilan teknologi. Sejak lisensi menyadari hal tersebut, jika melanggar semangat kontrak lisensi (memanfaatkan pengetahuan tersebut untuk meraih persaingan langsung dengan pemberi lisensi), pemberi lisensi dapat melakukan hal yang sama untuk hal itu. Perjanjian cross licensing membolehkan perusahaan asing untuk saling “bajak”. Cara demikian kemungkinan akan saling mengurangi terhadap kesempatan yang didapat.

     Perjanjian cross licensing tersebut biasanya banyak ditemui pada industri teknologi tinggi. Contohnya perusahaan bioteknologi, Amgen, di AS telah mendapat lisensi dari Key Drugs. Pada dilirannya, Amgen menerima pembayaran royalty dan hak untuk menjual produk kirin ke AS.

     Cara lain untuk mengurangi risiko penggabungan antara keterampilan dengan lisensi adalah menyatukan perjanjian antara keterampilan lisensi dan formulasi patungan yang berada pada pemberi lisensi dan pemegang lisensi, yaitu mengambil bagian penting untuk membantu. Pendekatan tersebut memfokuskan perhatian pada pemberi lisensi dengan pemegang lisensi. Keduanya akan membantu meyakinkan bahwa patungan akan sukses, seperti kesuksesan besar yang dialami oleh usaha patungan antara Fuji Photo dan Xeroc Corp.

 

     3.Bagaimana strategi agar bisnis internasional dapat berjalan dengan baik?

~> Strategi agar Bisnis Internasional dapat berjalan dengan baik diantaranya :

1) Memahami Regulasi Pasar yang Berlaku

Berbeda dengan strategi bisnis di negara sendiri, karena jika ingin berbisnis di jangkauangan yang lebih luas, yakni bisa tembus pasar internasional adalah dengan memahami apa yang menjadi regulasi atau aturan yang berlaku dalam pemasaran internasional.

2) Membuat Perencanaan yang Matang

Di dalam pasar internasional pebisnis harus tahu terkait:

·         Produk apa saja yang bisa atau boleh dijual dan tidak boleh dijual?

·         Bagaimana saluran distribusi yang dilakukan pebisnis?

·         Berapa hitungan atau jumlah pajak yang dikenakan?

·         Bagaimana mekanisme transaksi perdagangan yang akan dijalankan?

3) Melakukan Riset Proses Jual-Beli di Pasar Luar Negeri

Strategi berikutnya untuk tembus di pasar internasional adalah dengan melakukan riset pasar luar negeri.

Jika data riset telah dikumpulkan, maka kamu bisa terapkan pada produk atau brand yang akan dijual di pasar internasional sehingga bisa bersaing juga dengan brand lain.

4) Buat Rencana yang Matang Sebelum & Setelah Memasuki Pasar

Hal tersebut perlu dilakukan, terlebih karena pasar internasional adalah pasar yang sangat besar dan kompetitif.

5) Pilih Jenis Transportasi Logistik untuk Pemasaran

Sama seperti memilih ekspedisi di Indonesia, di sini juga harus mengetahui jenis transportasi logistik mana yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Perlu diperiksa,  apakah transportasi logistik tersebut memiliki asuransi metode pengangkutan atau perusahaan ekspedisi yang diperlukan.

6) Memanfaatkan Media Sosial Dalam Melakukan Promosi

Untuk strategi yang satu ini sepertinya semua jenis bisnis dan lokasi pasti bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi. Pasalnya, dengan media sosial ditambah teknologi yang canggih para pebisnis lokal maupun internasional tidak susah lagi dalam melakukan pemasaran, bahkan hingga ke belahan dunia manapun. Memasarkan produk melalui internet akan lebih mudah dan cepat. Sehingga, media sosial atau internet bisa memperluas wilayah pemasaran suatu produk dengan cepat.

 

 

 

3. Persaingan yang terjadi dalam skala dunia menyebabkan gerakan strategik suatu perusahaan di satu negara dapat dipengaruhi oleh posisi bersaingnya di negara lain. Jelaskan pandangan Anda mengenai:

     1.Apa saja alasan yang menyebabkan perencanaan manajemen strategik harus bersifat global? Berikan Contohnya.

     2.Perusahaan-perusahaan dari negara industri umumnya meniru sistem pabrikasi. Jelaskan beberapa pengaruh yang menjadi alasan penggunaan standarisasi global sistem pabrikasi sebuah perusahaan dan berikan contohnya!

     (Modul 9 KB1&KB2; Skor Maksimal 40)

 

PENYELESAIAN SOAL :

     1.Apa saja alasan yang menyebabkan perencanaan manajemen strategik harus bersifat global? Berikan Contohnya.

     ~> Persaingan yang terjadi dalam skala dunia menyebabkan gerakan strategis suatu perusahaan di satu negara dapat dipengaruhi oleh posisi bersaingnya di negara lain. Maka itu, Perencanaan Manajemen Strategis harus bersifat Global karena beberapa alasan berikut :

     1) Makin luasnya cakupan tugas manajemen global;

     Pertumbuhan ukuran dan kompleksitas perusahaan global membuat manajemen harus merencanakan tindakan yang berkoordinasi yang merinci apa yang diharapka dari siapa selama periode tertentu.

     2) Meningkatnya globalisasi perusahaan;

     Tiga aspek bisnis global membuat perencanaan global diperlukan, antara lain perbedaan diantara faktor-faktor lingkungan di negara yang berbeda, jarak yang jauh, dan keterkaitan di antara operasi global.

     3) Ledakan Informasi;

     Dengan rencana formal, para manajemen dapat memecahkan masalah yang kompleks. Proses perencanaan global menyediakan sarana yang tertib untuk merakit, menganalisis, dan memberikan informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan yang tepat.

     4) Meningkatnya persaingan global;

     Dengan peningkatan persaingan global yang semakin cepat, perusahaan harus terus menerus menyesuaikan diri dengan perubahan keadaan atau perusahaan akan kehilangan pasar karena direbut pesaing. Meningkatnya persaingan global juga mendorong manajemen untuk mencari cara-cara baru meningkatkan efisiensi dan penghematan.

     5) Perkembangan Teknologi yang cepat;

     Perekmbangan teknologi yang cepat memperpendek daur hidup produk. Perencanaan manajemen strategis diperlukan untuk memastikan penggantian produk yang memasuki tahap kedewasaan (maturity stage) dengan penjualan yang semakin sedikit dan laba yang menurun. Perencanaan memungkinkan manajemen mampu mengendalikan secara lebih baik semua aspek dari peluncuran produk baru.

     6) Perencanaan manajemen strategis menumbuhkan rasa percaya diri manajerial;

     Manajer perusahaan yang mempunyai rencana untuk mencapai sasaran tahu kemana mereka akan melangkah. Rencana ini memerinci setiap langkah dan  menetapkan tanggung jawab untuk setiap tugas dan memudahkan pekerjaan manajerial

 

     2.Perusahaan-perusahaan dari negara industri umumnya meniru sistem pabrikasi. Jelaskan beberapa pengaruh yang menjadi alasan penggunaan standarisasi global sistem pabrikasi sebuah perusahaan dan berikan contohnya!

     ~> Keuntungan-keuntungan pabrikasi sinkron (syncrhronous manufacturing) dan manajemen mutu total (total quality management) memperkuat alasan mengapa banyak perusahaan global dan multinasional menggunakannya di seluruh dunia. Tujuan pabrikasi sinkron ialah penjadwalan pabrikasi yang tidak seimbang, bukan penjadwalan seimbang dari JIT. Perhatian dipusatkan pada bottleneck dari sistem pabrikasi dan penjadwalan untuk seluruh operasi dikendalikan oleh keluaran dari operasi bottleneck.

 

     Perusahaan-perusahaan dari negara industri umumnya meniru sistem pabrikasi dari negara asalnya terhadap anak-anak perusahaan mereka di negara-negara industri lain. Beberapa alasan penggunaan standarisasi global sistem pabrikasi sebuah perusahaan antara lain pengaruh-pengaruhnya terhadap :

     1) Pengorganisasian dan susunan kepegawaian

     2) Lebih sederhana dan lebih murah apabila distandarisasikan

     3) Logistik pasokan

     4) Rasionalisasi pabrikasi, yaitu pembagian produksi di antara sejumlah unit produksi sehingga memungkinkan masing-masing hanya memproduksi sejumlah komponen untuk semua pabrik perakitan perusahaan.

     5) Pembelian

     6) Pengendalian mutu

     7) Pengendalian produksi dan pemeliharaan

     8) Perencanaan.

 

 

 

 

 

SUMBER BERPENDAPAT :

- BMP ADBI4432; EDISI 2; RATIH PURBASARI; BISNIS INTERNASIONAL; UNIVERSITAS TERBUKA; FEBRUARI 2023.

- https://www.mas-software.com/blog/pasar-internasional-adalah

- https://blog.hsb.co.id/forex/sistem-kurs-mengambang-terkendali/