TUGAS 2 TUTORIAL ONLINE ASAS-ASAS MANAJEMEN (ISIP4111)

 

Tugas 2

Setelah mempelajari Materi Inisiasi 4 dan 5, silahkan jelaskan pendapat Anda tentang hal-hal berikut ini:

  1. Apa yang dimaksud dengan organisasi sebagai suatu sistem?
  2. Mengapa seorang manajer harus mendelegasikan wewenang?
  3. Sebutkan dan jelaskan macam-macam staf!
  4. Mengapa ilmu perilaku diperlukan dalam pelaksanaan fungsi aktuasi?

Ketik Jawaban Tugas 2 dalam bentuk Ms.Word dan kirimkan atau upload pada forum tugas yang telah disediakan. Perhatikan batas waktu pengiriman Tugas 2.

Selamat mengerjakan. Hindari plagiasi, jika mengutip pendapat seseorang mohon dicantumkan sumbernya.

Semoga sukses dan Tetap semangat.

Salam: Tutor


PENYELESAIAN TUGAS 2 :

 

PENYELESAIAN SOAL NOMOR 1 :

1. Apa yang dimaksud dengan organisasi sebagai suatu sistem?

 

Adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama, Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-prasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

 

Organisasi sebagai suartu sistem akan dipandang secara keseluruhan, terdiri dari bagian-bagian yang berkaitan (sub-sistem), dan sistem/organisasi tersebut akan berinteraksi dengan lingkungan.

 

PENYELESAIAN SOAL NOMOR 2 :

2. Mengapa seorang manajer harus mendelegasikan wewenang?

 

Pendelegasian wewenang merupakan sesuatu yang vital dalam organisasi kantor. Atasan perlu melakukan pendelegasian wewenang agara mereka bisa menjalankan operasi manajemen dengan baik.

Selain itu pendelegasian wewenang adalah konsekuensi logis dari semakin besarnya organisasi. Bila seorang atasan tidak mau mendelegasikan wewenang, maka sesungguhnya organisasi itu tidak butuh siapa-siapa selain dia sendiri.

 

Bila atasan menghadapi banyak pekerjaan yang tak dapat dilaksankan oleh satu orang, maka ia perlu melakukan delegasi. Pendelegasian juga dilakukan agar manajer dapat mengembangkan bawahan sehingga lebih memperkuat organisasi, terutama disaat terjadi perubahan susunan manajemen. Yang penting disadari adalah di saat kita mendelegasikan wewenang  kita memberikan otoritas pada orang lain, namun kita sebenarnya tidak kehilangan otoritas orisinilnya.

 

PENYELESAIAN SOAL NOMOR 3 :

 

3. Sebutkan dan jelaskan macam-macam staf!

 

a). Staf Spesialis; adalah pejabat yang berada dalam struktur organisasi lini dan staff dengan tugas-tugas khusus (memiliki bidang spesialisasi yang tertentu sifatnya) dan berfungsi untuk membantu pimpinan atau manajer.

b). Staf Penasehat; tugasnya memberi nasehat atau pertimbangan kepada manajer lini.

c). Staf Pelayanan; adalah melakukan serangkaian kegiatan yang sifatnya terpisah dari pekerjaan lini.

d). Staf Pengawasan; adalah melakukan tindakan pengawasan atas unit-unit yang berada dalam satuan organisasi secara langsung atau tidak langsung

e). Staf Fungsional;  menyangkut kegiatan yang bersifat khusus (spesialisasi) contohnya, membantu manajer lini pada bidang produksi atau bidang pemasaran yang secara fungsional perlu bagi pencapaian tujuan organisasi.

f). Staf Pribadi; yaitu hanya membantu pimpinan dalam mengawasi pekerjaan yang sifatnya tertentu dan tidak dapat mempergunakan wewenang lini yang berada diluar unitnya.

 

PENYELESAIAN SOAL NOMOR 4 :

 

4. Mengapa ilmu perilaku diperlukan dalam pelaksanaan fungsi aktuasi?

 

Dengan dikuasainya dasar-dasar ilmu perilaku, seorang manajer dapat mengetahui motivasi apa yang harus dilakukannya, sehingga akhirnya akan memudahkan bagi manajer untuk memotivasi anggotanya.

 

 

 

SUMBER PUSTAKA :

BMP ISIP4111; ASAS-ASAS MANAJEMEN; SAM’UN JAJA RAHARJA; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022