TUGAS 2 TUTORIAL ONLINE KEBIJAKAN DAN STRATEGI PEMASARAN (ADBI4433)

 

TUGAS 2 :

Bapak/ Ibu mahasiswa FHISIP-UT yang berbahagia, setelah Anda mengikuti rangkaian kegiatan minggu keempat dan kelima Tuton ADBI 4433    Kebijakan strategi pemasaran, silakan Anda kerjakan Tugas 2 berikut ini.

Tugas ini akan berguna bagi Anda untuk memantapkan pemahaman Anda tentang modul 4 dan 5 materi apa saja yang belum Anda kuasai setelah Anda membaca modul 4 dan 5 ADBI 4433  Kebijakan strategi pemasaran.

Tugas 2 ini berisi 6 pertanyaan yang harus Anda kerjakan. Ketik rapi jawaban Anda untuk Tugas 2, dengan 1,5 spasi. Mohon tidak melakukan plagiasi. Jika Anda melakukan plagiasi, tutor akan memberikan nilai nol (0). Jika mengutip pendapat seseorang, mohon dicantumkan sumbernya.

Anda diharapkan mengerjakannya dengan sungguh-sungguh tanpa bantuan orang lain. Semoga Anda dapat mengerjakan tugas ini tanpa kendala yang berarti, dan sukses selalu semoga menyertai kita semua.

Soal Tugas2

  1. Segmentasi adalah proses membagi-bagi pasar atau mengelompokkan pasar ke dalam kelompok tertentu. Jelaskan (dan berikan contohnya) apa yang dimaksud dengan pengertian:
    1. Pemasaran massal
    2. Segmentasi demografi
    3. Positioning
  2. Jelaskan istilah berikut dengan penjelasannya.
    1. Lini produk baru
    2. Pemosisian kembali
    3. Pengurangan biaya

 

 

PENYELESAIAN TUGAS 2 :

N a m a      : Mukhtarul Muslimin

NIM           : 043987196

 

SOAL TUGAS NOMOR 1 :

1.        Segmentasi adalah proses membagi-bagi pasar atau mengelompokkan pasar ke dalam kelompok tertentu. Jelaskan (dan berikan contohnya) apa yang dimaksud dengan pengertian:

 

1. Pemasaran Masssal

     Pasar Massal (mass market) adalah sebuah pasar berukuran besar dengan sedikit atau tanpa perbedaan selera dan kebutuhan antar konsumen, setidaknya dimata perusahaan.  Perusahaan menargetkan sejumlah besar konsumen akhir dan mengasumsikan mereka membutuhkan produk dan bauran pemasaran yang sama. Oleh karena itu, untuk memasarkan produk, mereka tidak mengsegmentasikan pasar.

 

     Contoh :

     Banyak produk harian anda seperti sabun, shampo, dan detergen adalah contoh produk massal. Handuk kertas, bensin, listrik, gas, dan situs berita adalah contoh lainnya. Produsen merancang mereka dengan cara yang relatif mirip. Selain itu, harga (atau biaya berlangganan) mereka juga relatif tidak berbeda jauh.

 

2.  Segmentasi Demografi

     Segmentasi Demografi melihat beberapa aspek seperti jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, status menikah, dan lainnya. Jenis segmentasi demografi sering diterapkan perusahaan dalam menentukan strategi pemasaran bagi produk atau jasa yang mereka tawarkan.

 

     Memang variabel yang sudah disebutkan lebih mudah untuk diketahui dan diukur dibandingkan dengan variabel dalam jenis segmentasi pasar yang lain. Sehingga segmentasi ini seringkali dinilai lebih mudah untuk dilakukan.

     Contoh :

     Pendapatan adalah salah satu penentu utama daya beli konsumen. Selain itu,  perilaku pembelian juga bervariasi antar kelompok pendapatan. Individu kaya biasanya lebih mementingkan kualitas daripada harga, sedangkan yang lain lebih mementingkan harga.

 

3.  Positioning

     Product Positioning merupakan deskripsi produk atau layanan yang menjelaskan bagaimana suatu produk dapat memenuhi kebutuhan, keinginan, atau potensi tertentu dari target konsumen. Positioning merupakan elemen penting dari pemasaran karena dapat menunjukkan niat perusahaan terhadap konsumen dengan menekankan bagaimana merek suatu produk dapat diidentifikasi secara unik dibandingkan produk serupa dipoasaran. Positioning produk dapat membentuk citra dari merek yang tentunya harus disertai identitas dan kualitas tertentu.

 

     Positioning juga merupakan langkah dimana suatu perusahaan dapat menguraikan semua fitur dalam produknya dan mengomunikasikan bagaimana dan mengapa produk tersebut lebih baik dan menjadi solusi konsumen. Positioning produk merupakan strategi pemasaran yang menentukan keberlangsungan produk di pasaran dan bagaimana konsumen dapat melihat loyalitas perusahaan yang menghasilkan produk tersebut.

 

     Dalam strategi positioning ini, persepsi konsumen terhadap produk merupakan tujuan atau subjek utama. Pembentukan persepsi konsumen dilakukan dengan penggambaran jelas tentang keunggulan suatu produk beserta mereknya secara khusus dan eksklusif.

 

     Contoh :

     Dengan positioning merek detergen atau sepeda motor tertentu yang diterima dalam persepsi konsumen sebagai kata ganti untuk produk serupa. Seperti menyebut Rinso untuk detergen dan Honda untuk sepeda motor, atau odol untuk pasta gigi. Dalam kebahasaan, sebutan ini disebut metonimia, atau sifat penggunaan kata yang terpaku pada persepsi atas sebuah merek atau produk dengan nama asli varian produk itu sendiri.

 

 

SOAL TUGAS NOMOR 2 :

2.    Jelaskan istilah berikut dengan penjelasannya.

 

1.  Lini Produk Baru

            Lini Produk atau yang biasa dikenal sebagai product line adalah sekelompok produk terkait yang dipasarkan dan dijual dengan merek tertentu, yang ditawarkan oleh perusahaan tertentu.

 

2. Pemosisian Kembali

Product Positioning atau yang dalam Bahasa Indonesianya diartikan dengan penentuan posisi produk atau pemosisian produk adalah suatu strategi yang mampu menciptakan persepsi konsumen terhadap segmen sasaran terkait sifat produk dan manfaat yang akan diperoleh dari pembelian terkait produk tersebut.

 

Itu artinya, product positioning adalah pemilihan posisi target pasar yang akan ditempati oleh produk barang ataupun jasa. Nah, product positioning ini sangat erat kaitannya dengan segmen pasar yang nanti akan dipilih.

 

3. Pengurangan Biaya

            Pengurangan biaya atau cost reduction adalah suatu hal yang diharuskan jika lingkungan penetapan harga terjadi terus menerus kecuali kalau suatu organisasi dapat mendominasi satu atau lebih segmen yang kurang peka terhadap persaingan harga. Jadi tujuan perusahaan melakukan cost reduction bukan hanya untuk mencapai standar yang ditetapkan tetapi juga untuk mengurangi biaya secara bertahap dibawah standar agar terdapat efisiensi usaha, sehingga harga produk jauh lebih murah dari harga bersaing.

 

 

SUMBER PUSTAKA :

BMP ADBI4433; EDISI 2; KEBIJAKAN DAN STRATEGI PEMASARAN; EKO WIDODO; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022

https://cerdasco.com/pasar-massal/

https://cerdasco.com/segmentasi-demografis/

https://aksaragama.com/pengertian-lini-produk/

https://accurate.id/marketing-manajemen/product-positioning/

https://www.politeknikmbp.ac.id/phocadownloadpap/dosen/JurnalSKLVol2No2_2018/FILE3/6_TEKNIK%20PENGURANGAN%20BIAYA%20DENGAN%20TUJUAN%20MENINGKATKAN.pdf