DISKUSI 1 TUTORIAL ONLINE BISNIS INTERNASIONAL (ADBI4432)


DISKUSI 1 :


Seiring dengan perkembangan teknologi digital yang mendorong kemajuan ekonomi dunia, hubungan perdagangan antar negara  pun berlangsung semakin cepat dan mudah. 

Jelaskan pendapat saudara tentang bagaimana bisnis internasional berlangsung di era digital saat ini dan bagaimana globalisasi mengubah cara dunia menjalankan bisnis! 


PENDAPAT DISKUSI :

Era digital telah membawa dampak dan perubahan besar dalam Bisnis Internasional pada masa depan. Perdagangan digital merupakan bagian dari revolusi digital yang akan membawa dampak yang sangat luas bagi seluruh dunia.

sebanyak 1,8 miliar jiwa penduduk di negara-negara Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) telah bertransaksi online pada akhir 2015. Jumlah itu sebanding 65 persen penduduk APEC yang berjumlah 2,85 miliar jiwa. Jasa online yang mempunyai pasar sebesar US$ 1,6 triliun diperkirakan akan tumbuh 13 persen per tahun sampai 2020. Sebanyak dua pertiga nilai tersebut berasal dari e-retail dan e-travel.

Dalam era perdagangan digital para mitra dagang Indonesia akan makin menuntut pemberlakuan prinsip keterbukaan dan non-discrimination dalam lalu lintas data secara global. Para pembuat kebijakan dituntut untuk sepenuhnya memfasilitasi transaksi perdagangan digital dengan memberikan kerangka regulasi yang paling kondusif agar tidak menghambat laju pertumbuhannya, termasuk tidak menyebabkan terjadinya 'Balkanisasi' atau pengkotakan data. Catatan lembaga think tank APEC Policy Support Unit (PSU) menunjukkan terdapat 5 (lima) aspek ekonomi digital, yaitu content rights, online services, enabling technology and services, connectivity, dan user interface.

Era digital saat ini dan Globalisasi telah mengubah cara dunia menjalankan bisnis. Meskipun masih dalam tahap awal, hal ini tidak dapat dihentikan. Dalam hal ini tantangan yang dihadapi bisnis dan individu alah belajar bagaimana hidup dengannya, mengelolanya, serta mengambil manfaat yang ditawarkannya. Dana Moneter Internasional (IMF) mendefinisikan globalisasi sebagai bertumbuhnya saling ketergantungan ekonomi negara-negara dunia melalui peningkatan volume dan keragaman transaksi lintas batas dalam aliran barang, jasa, dan modal internasional serta juga melalui penyebaran teknologi yang lebih cepat dan mendunia.

 

 

SUMBER BERPENDAPAT :

- BMP ADBI4432; EDISI 2; RATIH PURBASARI; BISNIS INTERNASIONAL; UNIVERSITAS TERBUKA; FEBRUARI 2023.

- https://www.liputan6.com./bisnis/read/2587382/era-digital-bawa-perubahan-besar-perdagangan-dunia