DISKUSI 8 TUTORIAL ONLINE LOGIKA (ISIP4211)

 

DISKUSI 8 :

Pada diskusi kali ini, saudara harus melakukan observasi secara daring atau luring untuk menemukan kemungkinan kebenaran secara online di web maupun koran/majalah fisik (pilih salah satu saja yang memudahkan). Coba Anda Ttemukan kalimat yang mengandung:

1.Antilogisme

2.Dilema

Cantumkan sumber berita tersebut.

 

PENDAPAT DISKUSI :

Antilogisme atau pengujian silogisme adalah “suatu ingkaran kesimpulan pada silogisme majemuk yang menimbulkan ketidak selarasan antara premis dan kesimpulan”. Antilogisme digunakan untuk menguji silogisme majemuk. Hasil antilogisme bahwa yang tepat adalah kesimpulan semula, sebab kesimpulan yang kedua diingkari.

Hukum dasar antisilogisme: “ingkaran kesimpulan dari silogisme majemuk yang mewujudkan ketidak selarasan dengan premisnya, maka yang tepat adalah kesimpulan semula”. Pembuktian dari antilogisme, yaitu ketepatan kesimpulannya dengan diagram himpunan.Penyimpulan antilogisme didasarkan pada hukum dasar antilogisme sebagai suatu TAUTOLOGIS (silogisme yang mesti benar), yang disusun oleh silogisme kondisional dengan cara: “ingkari konsekuen dengan menetapkan salah satu anteseden, maka kesimpulannya cukup ingkari salah satu antesedennya”. Cara ini mengikuti modus tolendo tolen (dalam silogisme ekuivalen).

 

Contohnya :

*Premis mayor : Beberapa TKI di Arab Saudi dihukum mati

*Premis minor : Nawali Hasan dan Agus Ahmad adalah TKI di Arab Saudi

*Kesimpulan : Nawali Hasan dan Agus Ahmad dihukum mati

*Antilogisme : Bukan Nawali Hasan dan Agus Ahmad dihukum mati

*Premismayor : Beberapa TKI di Arab Saudi dihukum mati

*Premis minor : Nawali Hasan dan Agus Ahmad bukan TKI di Arab Saudi (salah)

 

Sumber Berita : https://international.sindonews.com/read/737493/43/kasus-kasus-tki-yang-dieksekusi-mati-di-arab-saudi-nomor-2-tragis-1649408679

               

 

 Sumber Berpendapat :

BMP ISIP4211; EDISI 2; LOGIKA; NOOR MUHSIN BAKRY & SONJORURI BUDIANI TRISAKTI; UNIVERSITAS TERBUKA; 2017