TUGAS 3 TUTORIAL ONLINE KEBIJAKAN BISNIS (ADBI4437)

 

TUGAS 3 :

Dalam penetapan branding suatu produk terdapat empat tipe branding yaitu manufacturing branding, private branding, mixed branding, dan generic branding.

Tugas:

  1. Sebutkan ciri masing-masing branding dan berikan contoh!
  2. PT. Adem Ayem memasarkan produknya Sebagian dengan Namanya sendiri Sebagian dengan nama retaliernya. Pertimbangannya adalah segmen kedua pasar berbeda. Jenis branding apakah yang sesuai?

Dalam pengerjaan Tugas 3 gunakan BMP ADBI4437 Modul 7 dan 8, atau sumber yang relevan lainnya.

Hindari Plagiasi, Jika mengutip pendapat orang lain, jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya. Tidak diperkenankan hanya mengcopy paste jawaban dari internet. Lakukan restatemen atau paraphrasing.

Tugas 3 diupload dalam bentuk PDF atau Ms Word pada forum Tugas 3 yang telah disediakan, tidak diperkenankan mengirim Tugas via email. Perhatikan tenggat waktu pengerjaan Tugas 3, jangan sampai terlambat upload Tugas.

Selamat mengerjakan Tugas 3, sukses selalu.

 

PENYELESAIAN TUGAS 3 :

 

SOAL 1 :

Sebutkan ciri masing-masing branding dan berikan contoh!

 

Branding merupakan kegiatan memberikan nama, merk, logo, slogan atau hal lainnya yang memberikan identitas pada produk yang dijual, sehingga menjadikannya bebrbeda dengan produk milik pesaing.

Ciri-ciri branding produk :

1.    Nama Brand yang singkat dan mudah diingat

2.    Mengandung ciri khas produk

3.    Brand dan logo merupakan cerminan produk

4.    Menampilkan Brand disetiap iklan produk

 

Contoh :

Branding Produk Apple;

Apple adalah salah satu perusahaan paling maju di dunia, dengan memanfaatkan strategi branding yang tepat sasaran, apple memiliki kesuksesan yang besar dan konstan. Apple mengembangkan brand produknya berdasarkan pengalaman dan emosi, lalu menyampaikan dalam bentuk inovasi desain.

 

Branding Produk Nike;

Logo swoosh yang Nike gunakan sudah menjadi legenda. Awalnya perusahaan ini memulai usahanya dengan bisnis kecil berupa produk sepatu. Namun saat ini Nike sudah menjadi brand terbesar di seluruh dunia.

 

Branding Produk Coca-Cola;

Cova-Cola merupakan salah satu perusahaan yang dapat mempertahankan branding dan kedekatannya dengan konsumen hampir satu abad lebih.

 

Baranding Produk Starbucks;

Starbuck juga sudah mempertahankan brandingnya selama hampir satu abad, Dalam hal produk branding startbucks memanfaatkan lokasi toko yang strategis, dekorasi ruangan yang nyaman dan estetik, serta makanan dan minuman yang rasanya cocok dengan konsumen. Hal ini juga didukung oleh para pegawainya yang terkenal ramah dalam memberikan pelayanan.

 

Baranding Produk McDonald’s;

Dengan logo klasik dan warna cerahnya, seluruh dunia pasti sudah mengenali brand McDonald’s. Keragaman adalah salah satu kunci mengapa McDonald’s sangat terkenal di seluruh dunia.

 

 

 

 

SOAL 2 :

 

PT. Adem Ayem memasarkan produknya sebagian dengan namanya sendiri sebagian dengan nama retaliernya. Pertimbangannya adalah segmen kedua pasar berbeda. Jenis branding apakah yang sesuai?

 

Adalah  Geographical Branding;

Geographical Branding yang sesuai dengan konsep pemasaran yang dilakukan oleh PT. Adem Ayam, karena dalam hal ini PT. Adem Ayam menerapkan pemasaran dengan menyesuaikan situasi dan kondisi yang di jajaki. Perusahaan ini memiliki cara untuk memasarkan produknya di pasar menengah keatas dan menengah ke bawah dengan konsep yang berbeda namun tetap menyesuaikan kebutuhan masing-masing pasar.

 

 

 

Sumber Menjawab :

Hamid, Djamhur & Zainul Arifin. (2022). Kebijakan Bisnis. Jakarta : Universitas Terbuka

https://myskill.id/blog/dunia-kerja/contoh-branding-produk-perusahaan/

https://glints.com/id/lowongan/jenis-jenis-branding/#.YprGFXVBzIU