DISKUSI 8 TUTORIAL ONLINE MANAJEMEN KEUANGAN BISNIS (ADBI4333)

 


Diskusi  8 :

 

Sebagaimana diketahui bahwa bentuk-bentuk laporan keuangan paling tidak adalah Neraca, Laporan Laba Rugi, dan Laporan Laba Ditahan. Coba Anda diskusikan dalam forum diskusi ini manfaat dari masing-masing bentuk laporan keuangan tersebut bagi pihak-pihak yang berkepentingan. 

Selamat berdiskusi!

 

 

PENDAPAT DISKUSI :

Bentuk-bentuk Laporan Keuangan :

Bentuk-Bentuk Laporan Keuangan yang dapat disediakan perusahaan diantaranya :

Neraca;

Neraca adalah laporan yang menggambarkan posisi keuangan perusahaan pada suatu tanggal tertentu. Posisi keuangan perusahaan terdiri dari posisi aktiva (assets), kewajiban (liabilities), dan modal sendiri (equity).

Laporan Laba Rugi;

Laporan Laba Rugi adalah laporan yang menggambarkan kinerja operasi perusahaan selama periode waktu tertentu. Laporan Laba Rugi menggambarkan perolehan pendapatan dan pengeluaran biaya selama periode tersebut.

Laporan Laba Ditahan;

Laporan Laba Ditahan adalah Laporan yang menggambarkan perubahan posisi laba ditahan selama periode waktu tertentu. Pada laporan laba ditahan ini akan diketahui berapa saldo laba ditahan awal, pembayaran dividen selama periode tersebut, dan saldo ditahan akhir.

 

Pihak-Pihak Yang Berkepentingan :

Beberapa pihak yang berkepentingan terhadap Laporan Keuangan, diantaranya :

Pemegang Saham;

Pemegang Saham berkepentingan terhadap Laporan Keuangan yang diterbitkan oleh perusahaan dalam hal keputusan invesatsi. Dengan melihat laporan keuangan perusahaan, pemegang saham dapat memutuskan apakah akan tetap memegang saham perusahaan tersebut atau menjual kepemilikan sahamnya.

Kreditor;

Kreditor berkepentingan terhadap laporan keuangan perusahaan sehubungan dengan fasilitas kredit yang akan atau telah diberikan. Setelah melihat dan menganalisa laporan keuangan, kreditor dapat memutuskan untuk memberikan fasilitas kredit/memperpanjang fasilitas kredit, atau sebaliknya tidak akan memberikan fasilitas kredit / tidak memperpanjang fasilitas kredit yang ada.

Pemerintah;

Pemerintah berkepentingan terhadap laporan keuangan yang diterbitkan perushaan sehubungan dengan perhitungan pajak yang terutang perusahaan.

Manajemen Perusahaan;

Manajemen berkepentingan terhadap laporan keuangan yang diterbitkannya sebagai alat untuk mengevaluasi kinerjanya sendiri dalam mengelola perusahaan selama periode laporan.

 

 

 

 

SUMBER BERPENDAPAT :

BMP ADBI4333; MANAJEMEN KEUANGAN BISNIS; MOKHAMAD ANWAR; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022