DISKUSI 1 TUTORIAL ONLINE KEBIJAKAN DAN STRATEGI PEMASARAN (ADBI4433)

 

DISKUSI 1 :

Perubahan yang terjadi dalam lingkungan bisnis dewasa ini sangatlah luar biasa, baik perusahaan besar maupun kecil menghadapi perubahan lingkungan yang berbeda dengan yang pernah ada sebelumnya. Perubahan lingkungan akan mendatangkan peluang dan tantangan/ancaman bagi perusahaan. Berikan pendapat saudara bagaimana  (1) perkembangan teknologi, (2) globalisasi dan (3) privatisasi dapat memberikan peluang dan ancaman bagi perusahaan.

Selamat berdiskusi

 

PENDAPAT DISKUSI :

Perubahan yang terjadi di dalam lingkungan bisnis dewasa ini amatlah luar biasa kalaupun tidak bisa dikatakan telah berubah secara radikal. Baik perusahaan besar maupun kecil, menghadapi suatu lingkungan bisnis yang sangat berbeda dengan yang pernah ada sebelumnya. Perubahan lingkungan bisnis yang mendasar ini bagi pemasar akan mendatangkan berbagai peluang baru yang layak untuk dimanfaatkan lebih lanjut.

Namun, juga hal tersebut mendatangkan berbagai tantangan dan ancaman baru yang tidak mudah untuk diatasi, jika hal itu tidak dihadapi dengan hati-hati dan cerdas, akan mengakibatkan kebangkrutan atau matinya bisnis yang dijalankan. Oleh karena itu, dalam lingkungan bisnis yang berubah ini diperlukan suatu perilaku baru (new behaviors) untuk dapat menyikapi berbagai peluang dan tantangan yang timbul dengan lebih bijaksana.

Beberapa perubahan radikal yang terjadi di dalam lingkungan bisnis sekarang ini  yang mendatangkan peluang baru sekaligus tantangan dan ancaman bagi sebuah perusahaan diantaranya adalah sebagai berikut :

(1) Perkembangan teknologi;

Tingkat kemajuan teknologi, terutama teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini amatlah luar biasa. Kemajuan teknologi telah merambah ke segala bidang. Dewasa ini, kita telah memasuki abad informasi, dimana berbagai transaksi bisnis telah dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai jaringan elektronik semacam intranet, extranet maupun yang paling populer internet.

Kemajuan teknologi telah memungkinkan dunia industri untuk memproduksi barang dan jasa dengan lebih variatif, lebih sesuai dengan keinginan pelanggan secara individual, lebih andal dan juga lebih murah.

 (2) Globalisasi; 

Kemajuan teknologi dalam bidang transportasi dan komunikasi telah lebih memudahkan perusahaan untuk dapat memasarkan barang dan jasanya ke seluruh penjuru dunia.

Demikian pula bagi pihak pelanggan, pelanggan dapat dengan mudah dan murah mendapatkan barang dan jasa yang diinginkannya dari pemasok di seluruh penjuru dunia. Tidak ada batas bagi perusahaan atau pelanggan untuk berinteraksi di mana pun dan dengan siapa pun di seluruh dunia.

(3) Privatisasi.

Banyak negara telah mengalihkan perusahaan-perusahaan yang tadinya milik publik atau negara, dialihkan ke kepemilikan privat atau swasta. Hal ini dilakukan dengan maksud untuk meningkatkan efisiensi pada perusahaan tersebut.

Contohnya; di industri komunikasi di Indonesia yang tadinya merupakan monopoli negara, sekarang swasta telah pula diperkenankan untuk memasuki bidang telekomunikasi ini sehingga dapat ikut meramaikan persaingan dalam bisnis telekomunikasi di Indonesia.

 

SUMBER BERPENDAPAT :

- BMP ADBI4433; EDISI 2; KEBIJAKAN DAN STRATEGI PEMASARAN; EKO WIDODO; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022