TUGAS 2 TUTORIAL ONLINE KEBIJAKAN DAN STRATEGI PRODUKSI (ADBI4434)

 

TUGAS 2 :

 

1.        Jelaskan mengapa perusahaan memerlukan tata letak !

2.        Jelaskan dalam penataan barang dalam industri ritel mempergunakan pencahayaan yang berbeda. Dengan

       kata lain adanya pengaturan warna dalam penempatan barangnya !

3.        Jelaskan perbedaan tata letak untuk kegiatan produksi dan tata letak untuk kegiatan kantor !

 

Silakan kerjakan tugas tersebut, jawaban Anda diupload diforum ini. Perhatikan batas waktu upload tugas, jangan sampai melampaui batas waktu yang telah ditetapkan.

 

Selamat belajar.

Tutor.

 

PENYELESAIAN TUGAS :

SOAL TUGAS NOMOR 1 :

1.    Jelaskan mengapa perusahaan memerlukan tata letak !

 

Pada dasarnya, tujuan dari desain tata letak adalah untuk mengembangkan tata letak yang ekonomis dan dapat membantu pencapaian keempat hal tersebut dengan tetap memenuhi kebutuhan perusahaan untuk beroperasi secara efektif, efisien, ekonomis dan produktif.  Tata letak yang tepat, menunjukkan ciri-ciri adanya penyesuaian tata letak.

 

Tujuan dari penempatan tata letak ini adalah meminimalkan material handling cost, meningkatkan efisiensi utilisasi tenaga kerja pabrik, mengurangi kendala proses, dan memudahkan komunikasi dan interaksi antara para pekerja, pekerja dengan supervisornya, serta antara pekerja dengan para pelanggan perusahaannya.

 

Dengan demikian, secara umum tujuan dari perencanaan tata letak adalah untuk mendapatkan susunan tata letak yang paling optimal dari fasilitas-fasilitas produksi yang tersedia di dalam perusahaan. Dengan adanya susunan  tata letak yang optimal maka diharapkan pelaksanaan proses produksi di dalam perusahaan tersebut akan dapat berjalan dengan lancar, dan para karyawan akan dapat menyelesaikan tugas yang dibebankan kepada mereka dengan baik pula.

 

 

SOAL TUGAS NOMOR 2 :

2.    Jelaskan dalam penataan barang dalam industri ritel mempergunakan pencahayaan yang berbeda. Dengan kata lain adanya pengaturan warna dalam penempatan barangnya !

 

Ritel merupakan sebuah definisi dari semua kegiatan yang mengarah ke penjualan barang ataupun jasa secara langsung kepada konsumen. Pada umumnya ruang industri ritel akan didesain sedemikian rupa agar dapat menarik perhatian pengunjung dan memiliki perancangan desain yang sesuai dengan produk di toko tersebut. Tidak hanya dari segi konsep desain warna maupun furniturenya, tetapi desain pencahayaan yang sesuai juga berperan penting dalam hasil akhir dari perancangan desain sebuah tata ruang ritel. Tanpa disadari, perancangan pencahayaan yang sesuai dalam sebuah ruang industri ritel dapat membantu dalam menciptakan suasana tertentu pada toko, memperjelas display harga dan produk, dan tentunya menarik berbagai wisatawan yang lewat untuk masuk ke dalam toko. 

Tipe pencahayaan yang digunakan juga beragam mulai dari general lighting yang berfungsi sebagai sumber cahaya utama toko agar seluruh ruangan tampak secara jelas dan menyeluruh. Selain itu, terdapat juga task lighting yang berfungsi untuk menerangi beberapa area yang memerlukan cahaya berlebih untuk keperluan tertentu. Lalu terdapat accent lighting yang berfungsi untuk menyorot objek terentu pada toko seperti display produk maupun window display, tujuannya adalah agar pengunjung dapat lebih fokus dalam melihat objek tersebut. Yang terakhir adalah pencahayaan dekoratif, dimana tipe pencahayaan ini digunakan hanya untuk kepentingan estetika pada ruang retail tersebut dan tidak digunakan sebagai sumber penerangan utama dalam ruangan.

 

 

SOAL TUGAS NOMOR 3 :

3.    Jelaskan perbedaan tata letak untuk kegiatan produksi dan tata letak untuk kegiatan kantor !

 

Tata Letak untuk Kegiatan Produksi :

Terdapat dua jenis Tata Letak untuk Kegiatan Produksi, yaitu Lini Pabrikasi dan Perakitan. Lini Pabrikasi (fabrication line) membuat komponen seperti ban mobil dam komponen logam sebuah kulkas pada beberapa mesin. Lini Perakitan (assembly line) meletakkan komponen yang dipabrikasi secara bersamaan pada sekumpulan stasiun kerja.

 

Kedua lini ini merupakan proses yang berulang dan dalam kedua kasus, lini ini harus “seimbang”, yaitu waktu yang dihabiskan untuk mengerjakan suatu pekerjaan harus sama atau seimbang dengan waktu yang dihabiskan untuk mengerjakan pekerjaan pada mesin berikutnya pada lini pabrikasi, sebagaimana waktu yang dihabiskan pada satu stasiun kerja oleh seorang pekerja di lini perakitan harus “seimbang” dengan waktu yang dihabiskan pada stasiun kerja berikutnya yang dikerjakan oleh pekerja berikutnya.

 

Tata Letak untuk Kegiatan Kantor :

Tata Letak untuk Jegiatan Kantor (Office Layout) adalah cara mengelompokkan pekerja, perlengkapan mereka, dan ruang dengan mempertimbangkan kenyamanan, keamanan, dan pergerakan informasi. Perbedaan utama pada tata letak kantor adalah pada aliran informasi. Tata letak kantor terus mengalami perubahan akibat perubahan teknologi yang berlangsung di masyarakat juga ikut mengubah fungsi kantor.

 

Walaupun pergerakan informasi meningkat menjadi elektronik saat ini, analisis tata letak kantor masih memerlukan pendekatan yang berbasis tugas. Korespondensi lewat kertas, kontrak, dokumen hukum, dokumen pasien yang rahasia, serta naskah cetak, gambar, dan desain masih memegang peranan yang besar dibanyak kantor. Oleh karena itu, para manajer menguji pola komunikasi, baik secara elektronik maupun tradisional, juga kebutuhan pemisahan dan kondisi-kondisi lain yang memengaruhi efektivitas pekerja.

 

 

SUMBER BERPENDAPAT :

- BMP ADBI4434; KEBIJAKAN DAN STRATEGI PRODUKSI; RIA ARIFIANTI; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022

- https://student-activity.binus.ac.id/himdi/2022/08/20/perancangan-pencahayaan-untuk-ruang-ritel/