DISKUSI 5 TUTORIAL ONLINE ASAS-ASAS MANAJEMEN (ISIP4111)

 

Forum Diskusi 5

Setelah mempelajari dan mendiskusikan materi Pengorganisasian, maka selanjutnya kita diskusikan tentang fungsi Penggerakkan (actuating) yang terdapat pada Materi Sesi 5 dan BMP Modul 6.

Penggerakan merupakan esensi paling penting dari fungsi manajemen, karena berkaitan dengan unsur manusia dalam organisasi. Keberhasilan organisasi tergantung kepada keberhasilan penggerakan unsur manusia.  Berikan tanggapan Saudara, bagaimana agar manusia mau digerakkan? dan faktor-faktor apa saja yang harus diketahui dari manusia dan harus dipenuhinya agar fungsi penggerakan ini berjalan dengan efektif?

Selamat berdiskusi dan tetap semangat.

Salam: Tutor


PENDAPAT DISKUSI :

Fungsi Aktuasi atau pengarahan atau penggerakkan merupakan fungsi ketiga dari fungsi-fungsi manajemen, dalamk fungsi yang ketiga ini akan diuraikan mengenai bagaimana fungsi pertama dari manajemen yaitu perencanaan kemudian di delegasikan kepada orang-orang yang ada didalam organisasi.

 

Untuk mendelegasikan berbgai tugas dalam organisasi, maka diperlukan upaya yang dilakukan oleh pimpinan agar orang-orang yang ada didalam organisasi tersebut mau bekerja (melakukan action) sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya ke arah pencapaian tujuan organisasi.

 

Fungsi Aktuasi atau pengarahan atau penggerakkan merupakan esensi paling penting dari fungsi manajemen, karena berkaitan dengan unsur manusia dalam organisasi, Keberhasilan organisasi tergantung kepada keberhasilan penggerakkan unsur manusia.

 

 

 

SUMBER BERPENDAPAT :

- BMP ISIP4111; ASAS-ASAS MANAJEMEN; SAM’UN JAJA RAHARJA; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022