DISKUSI 5 TUTORIAL ONLINE BISNIS INTERNASIONAL (ADBI4432)

 

Sejumlah organisasi internasional telah tumbuh secara signifikan ketika semakin banyak pemerintah yang telah menjangkau ke luar untuk mencari hubungan formal dengan negara-negara lainTentunya menjadi penting bagi para pelaku bisnis dalam skala  internasional untuk memahami kekuasaan yang dimiliki oleh pengelompokkan regional atas bisnisJelaskan pendapat Saudara mengenai mengapa perlu ada pengelompokkan regional negara dalam konteks bisnis internasionalJelaskan pula pandangan Saudara mengenai bagaimana posisi Indonesia dalam hubungannya dengan organisasi ASEAN saat ini dari kacamata bisnis internasional. 


PENDAPAT DISKUSI :

Jelaskan pendapat Saudara mengenai mengapa perlu ada pengelompokkan regional negara dalam konteks bisnis internasional.

 

Keberhasilan Uni Eropa (UE) telah membawa negara-negara dikawasan lain diseluruh dunia untuk membentuk pengelompokkan  lain dengan tujuan-tujuan yang sama terutama dibidang perkenomian dan bisnis, tetapi biasanya lebih terbatas. Sejumlah organisasi internasional atau pengelompokkan regional negara-negara di dunia telah tumbuh secara signifikan ketika semakin banyak pemerintah  yang telah menjangkau ke luar untuk mencari hubungan formal dengan negara-negara lain.

Tentunya menjadi penting bagi para pelaku bisnis dalam skala internasional untuk memahami kekuasaan yang dimiliki oleh pengelompokkan regional negara-negara tersebut atas bidang bisnis, pereknomian, dan perdagangan antar negara dalam kelompok regional tersebut.

 

 

Jelaskan pula pandangan Saudara mengenai bagaimana posisi Indonesia dalam hubungannya dengan organisasi ASEAN saat ini dari kacamata bisnis internasional.

 

Saat ini Indonesia telah menjadi negara dengan posisi yang sangat strategis di ASEAN dengan menjalin hubungan baik dengan berbagai negara di dunia. Selan itu, dalam kaca mata bisnis internasional, tingkat perekonomian Indonesia yang menjadi terbesar di ASEAN membuat Indonesia menjadi negara terpandang di kawasan regional.

Saat ini Indonesia memang telah mempunyai pengaruh besar ditingkat regional khususnya di kalangan negara-negara ASEAN. Citra positif Indonesia itu ke depannya harus dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan.

 

 

SUMBER BERPENDAPAT :

- BMP ADBI4432; EDISI 2; RATIH PURBASARI; BISNIS INTERNASIONAL; UNIVERSITAS TERBUKA; FEBRUARI 2023.