DISKUSI 8 TUTORIAL ONLINE KEBIJAKAN DAN STRATEGI PRODUKSI (ADBI4434)

 


DISKUSI 8 :

Untuk mengukur kesuksesan manajemen pemeliharaan maka ada dua unsur yang harus ditentukan terlebih dahulu, yaitu keterlibatan karyawan dan prosedur pemeliharaan.

Faktor karyawan dalam hal pemeliharaan dapat dilihat dari informasi yang dimiliki karyawan, keahlian yang dimilikinya, kompensasi yang diterima sebagai faktor penguat motivasi dan kekuatan sinergi yang perlu dilakukan. Hal ini akan berdampak bagi kelangsungan organisasi atau perusahaan.

Bagaimana tanggapan Anda? Silakan diskusikan!

 

PENDAPAT DISKUSI :

Pemeliharaan adalah suatu kombinasi dari berbagai tindakan yang dilakukan untuk menjaga suatu barang atau memperbaikinya sampai suatu kondisi yang bisa diterima. Pengertian pemeliharaan lebih jelas adalah tindakan merawat mesin atau peraltan pabrik dengan memperbarui umur masa pakai dan kegagalan/kerusakan mesin. Pada umumnya, sebuah produk yang dihasilkan oleh manusia, tidak ada yang tidak mungkin rusak, tetapi usia penggunaannya dapat diperpanjang dengan melakukan perbaikan yang dikenal dengan pemeliharaan. Dalam hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pemeliharaan sangat penting untuk memperpanjang usia penggunaan suatu barang.

 

Para manajer pelu menghindari suatu hasil sistem yang gagal. Akibat suatu kerusakan dapat mengganggu, tidak menyenangkan, sia-sia dan mahal. Kegagalan produk dan mesin dapat berpengaruh terhadap operasi, reputasi dan profitabilitas suatu perusahaan.

 

Sebagai upaya untuk meningkatkan penguasaan informasi dan keahlian dalam kaitannya dengan kegiatan pemeliharaan maka pihak manajemen dapat menempuh beberapa hal, yaitu :

1. Pertukaran Informasi; Melelaui penciptaan iklim yang kondusif, misalnya adanya bank data (bank prosedure) yang berisikan data serta prosedur tentang pemeliharaan segala jenis mesin dalam sistem manufaktur.

2. Pelatihan Keahlian.

 

Bagi Karyawan yang belum memiliki keahlian yang diharapkan, perusahaan dapat memilih untuk mengirimkan ke training center yang menawarkan pelatihan-pelatihan atau langsung dilatih prusahaan melalui on the job training. Kegiatan ini merupakan salah satu investasi jangka panjang bagi perusahaan, karena memiliki karyawan yang mempunyai keahlian akan mengurangi cost perbaikan yang harus dikeluarkan perusahaan.

 

 

SUMBER BERPENDAPAT :

- BMP ADBI4434; KEBIJAKAN DAN STRATEGI PRODUKSI; RIA ARIFIANTI; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022