DISKUSI 3 TUTORIAL ONLINE MANAJEMEN KEUANGAN BISNIS (ADBI4333)

 

Diskusi 3

  1. Jelaskan yang dimaksud dengan Trade off antara profitabilitas dan likuiditas terkait dengan pengelolaan kas perusahaan! 
  2. Bagaimana sebaiknya keputusan yang diambil oleh Manajer Keuangan agar perusahaan profitable tapi tetap dipercaya kreditur? Berikan penjelasan yang memadai!

Selamat berdiskusi!

 

PENDAPAT DISKUSI :

1.    Jelaskan yang dimaksud dengan Trade off antara profitabilitas dan likuiditas terkait dengan pengelolaan kas perusahaan! 

Kebijakan yang diambil perusahaan terkait dengan manajemen kas dapat berdampak pada adanya trade-off (untung rugi) dilihat dari sisi profitabilitas dan likuiditas. Trade-off tersebut adalah :

1. Jika perusahaan menerapkan kebijakan surplus (kelebihan kas), maka perusahaan akan menghadapi tingkat profitabilitas (kemampulabaan) yang rendah karena kas merupakan rekening yang memiliki kemampuan menghasilkan keuntungan yang sangat rendah.

Dana pada kas perusahaan relatif tidak menguntungkan, dan kalaupun dapat diinvestasikan kedalam instrumen investasi yang dapat diambil sewaktu-waktu, maka tingkat bunganya rendah. Contohnya disimpan pada rekening giro atau tabungan. Akan tetapi disisi lain, dilihat dari sisi likuiditas perusahaan akan aman dari risiko likuiditas, karena dengan menerapkan kebijakan surplus, maka perusahaan dapat memenuhi kewajiban jangka pendeknya dengan baik karena dana selalu tersedia dalam keadaan berlebih (surplus) pada kas. Dengan kata lain, perusahaan memiliki tingkat likuiditas (kemampuan untuk membayar kewajiban-kewajiban jangka pendek) yang tinggi.

 

2. Sementara jika perusahaan menerapkan kebijakan defisit (kekurangan kas), maka perusahaan akan memiliki tingkat likuiditas yang rendah, karena dana kas yang tersedia tidak mampu menutupi kewajiban jangka pendeknya dengan baik. Dalam kondisi seperti ini perusahaan menghadapi risiko likuiditas yang tinggi. Akan tetapi, dilihat dari profitanilitas (kemampulabaan), perusahaan memiliki tingkat profitabilitas yang tinggi, karena dengan kebijakan tersebut, maka dana akan tertanam pada pos-pos yang menghasilkan keuntungan lebih besar dari kas seperti pada piutang, persediaan, dan aktiva tetap.

 

Kondisi kedua alternatif di atas memaksa manajer keuangan untuk menerapkan kebijakan kas yang seimbang antara penerimaan kas dan pengeluaran kas. Melalui kebijakan ini diharapakan perusahaan berada dalam kondisi seimbang antara penerimaan dan pengeluaran kas dengan penekanan pada adanya pos safety cash balance (saldo kas yang aman) yang dapat diprediksikan mampu memenuhi kewajiban likuiditasnya sewaktu-waktu. Dengan kebijkan ini diharapkan jikapun terjadi kelebihan likuiditas, maka kelebihan likuiditas ini pun dalam jumlah yang kecil yang ditujukan untuk keperluan berjaga-jaga dari kemungkinan adanya permintaan kas secara mendadak.

 

2. Bagaimana sebaiknya keputusan yang diambil oleh Manajer Keuangan agar perusahaan profitable tapi tetap dipercaya kreditur? Berikan penjelasan yang memadai!

     Manajer Keuangan harus mampu mengambil keputusan dengan membuat keseimbangan antara penerimaan dan pengeluaran kas. Selain itu Manajer keuangan juga harus dapat menentukan berapa safety cash balance yang seusai dengan kondisi perusahaan.

           

 

 

SUMBER BERPENDAPAT :

- BMP ADBI4333; MANAJEMEN KEUANGAN BISNIS; MOKHAMAD ANWAR; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022