DISKUSI 5 TUTORIAL ONLINE KEBIJAKAN DAN STRATEGI PEMASARAN (ADBI4433)

 

DISKUSI 5 :

Produk merupakan bagian inti dari strategi pemasaran, produk dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu produk barang dan jasa. Suatu produk juga memiliki tingkat kebaruan yang berbeda-beda, selain itu suatu produk juga memiliki tahap-tahap pengembangan yang disebut dengan daur hidup produk (product life cycle) yang dimulai dari tahap pengenalan, pertumbuhan, kematangan dan penurunan di mana masing-masing tahap memerlukan strategi yang berbeda dalam pengelolaannya.

 

Berikan pendapat saudara berkaitan dengan strategi pengelolaan produk pada tahap kematangan. Mengapa produk yang sudah pada tahap kematangan, tetapi masih tetap memerlukan strategi pemasaran.

 

 

PENDAPAT DISKUSI :

Seiring dengan tingkat perubahan keadaan, selera dan keinginan orang yang juga berubah. Dalam tahap ini, setelah suatu produk mengalami masa pertumbuhan maka dimulailah masa kematangan. Dimana dalam tahap ini pasar semakin cenderung stagnant. Dalam kondisi demikian, setidak-tidaknya akan terdapat 4 buah strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan, yauitu :

a. Mengembangkan suatu citra produk baru, disini tidak harus produknya yang harus diperbaharui, namun citranya juga harus selalu diperbaharui;

b. Mencari dan menarik para pelanggan baru (new users) yang tertarik untuk mengonsumsi produk baru tersebut;

c. Menemukan aplikasi dan penggunaan baru akan produk tersebut;

d. Menerapkan teknologi baru terhadap produk tersebut.

Jika tahap kematangan ini telah terjadi di dalam negeri maka langkah berikutnya perusahaan dapat mulai melirik pasar luar negeri untuk menyerap produk yang telah dihasilkan tersebut.

 

Pada tahap yang matang, penjualan akan mendatar. Persaingan meningkat, sehingga fitur produk mungkin perlu ditingkatkan untuk mempertahankan pangsa pasar. Meskipun penjualan unit berada pada titik tertinggi pada tahap ini, harga cenderung turun untuk tetap kompetitif. Biaya produksi juga cenderung menurun pada tahap ini karena lebih efisien dalam proses pembuatannya. Perusahaan biasanya tidak membutuhkan dana tambahan pada tahap ini.

 

Untuk melalui tahap ini, perusahaan harus:

1. Menambahkan fitur yang akan membuat produk berbeda dari pesaing yang tak terelakkan yang memasuki pasar.

2. Pemotongan harga untuk melawan persaingan.

3. Merevisi saluran distribusi dan menggunakan insentif untuk mendorong toko untuk menyimpan produk Anda daripada pendatang baru.

4. Promosi baru yang bertujuan untuk menunjukkan perbedaan antar produk.

 

SUMBER BERPENDAPAT :

- BMP ADBI4433; EDISI 2; KEBIJAKAN DAN STRATEGI PEMASARAN; EKO WIDODO; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022