DISKUSI 2 TUTORIAL ONLINE KEBIJAKAN BISNIS (ADBI4437)

 

DISKUSI 2 :

Forum Diskusi 2

Hubungan Pemegang Saham dan Manajemen

Pemegang saham Lembaga menunjukkan perkembangan yang signifikan bahkan pada decade 1980-an, 1/3 saham Ford Motor Company dikuasai oleh pemegang saham Lembaga. DIskusikan apa dampak kondisi tersebut terhadap manajemen perusahaan?

Selamat berdiskusi...

 

PENDAPAT DISKUSI :

Pemegang saham baik itu individu maupun dalam bentuk instansi (lembaga) adalah para pemilik perusahaan saat para pemegang saham berkepentingan terhadap hasil yang diraih oleh perusahaan. Para manajer setelah memperoleh kepercayaan  untuk mengelola dari pemilik tersebut, harus memperhatikan keinginan dari pemegang saham.

Kedudukan para pemegang saham memiliki kontrol yang kuat terhadao kebijakan dan tindakan perusahaan karena mereka telah menanamkan uangnya di perusahaan sehingga mereka mengharapkan sejumlah keuntungan dari investasinya.

Dalam memimpin perusahaan, kesuksesan seorang manajer pada umumnya diukur atau dinilai dari laba yang diperoleh perusahaan. Karena hasil, stabilitas, kelangsungan atau kontinuitas perusahaan tergantung dari cara kerja manajemennya.

Jika hasil yang dicapai manajer tidak memuaskan sebagaimana yang diharapkan para pemilik perusahaan, ada kemungkinan para pemilik perusahaan akan mengganti manajernya atau menarik sebagian saham yang ditanamkan atau bahkan menjual saham yang dimiliki tersebut. Keputusan untuk mengganti manajer, mempertahankan sahamnya, menambah, mengurangi, atau bahkan menjual keseluruhan saham yang dimilikinya tergantung dari analisis mereka, khususnya terhadap laporan keuangan perusahaan.

Dengan demikian tugas utama yang diharapkan oleh pemegang saham terhadap seorang seorang manajer adalah  berupa upaya untuk menaikkan nilai perusahaan/nilai saham perusahaan. Citra nilai/harga suatu perusahaan merupakan cerminan dari keberhasilan perusahaan.

 

Sumber : Hamid, Djamhur & Zainul Arifin. (2022). Kebijakan Bisnis. Jakarta : Universitas Terbuka