DISKUSI 4 TUTORIAL ONLINE KEBIJAKAN DAN STRATEGI PRODUKSI (ADBI4434)

 

DISKUSI 4 :

Untuk keputusan lokasi industri, strategi yang digunakan biasanya adalah strategi meminimalkan biaya, sedangkan untuk bisnis eceran dan jasa profesional, strategi yang digunakan terarah pada memaksimalkan pendapatan. Walaupun demikian, strategi lokasi pemilihan gudang, dapat ditentukan oleh kombinasi antara biaya-biaya, dan kecepatan pengiriman.  

 

Bagaimana tanggapan saudara? Silakan diskusikan!

 

PENDAPAT DISKUSI :

Lokasi menentukan prestasi, merupakan ungkapan yang cukup tepat untuk segala jenis kegiatan, demikian pula untuk kegiatan bisnis disektor barang maupun jasa. Salah satu keputusan yang paling penting yang dibuat oleh perusahaan adalah dimana mereka akan menempatkan kegiatan operasional mereka, maka keputusan yang harus diambil selanjutnya oleh manajer operasional adalah strategi lokasi.

 

Lokasi yang strategis adalah wilayah penempatan operasi produksi sebuah perusahaan yang dapat memberikan keuntungan maksimal terhadap perusahaan tersebut, karena tujuan strategi lokasi adalah untuk memaksimalkan keuntungan lokasi bagi perusahaan.

 

Strategi lokasi adalah suatu strategi yang dilakukan oleh produsen dengan cara memaksimalkan penggunaan lokasi, karena lokasi ini sangat erat kaitannya dengan biaya yang dikeluarkan. Strategi lokasi ini sangat mempengaruhi keuntungan dan juga kerugian yang akan diderita oleh sebuah perusahaan, dalam manajemen operasi, strategi lokasi ini sangat penting untuk mengalokasikan biaya produksi, karena lokasi akan mempengaruhi banyak faktor seperti bahan baku, biaya angkut, tenaga kerja, dan biaya operasional lainnya.

 

 

 

SUMBER BERPENDAPAT :

- BMP ADBI4434; KEBIJAKAN DAN STRATEGI PRODUKSI; RIA ARIFIANTI; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022