DISKUSI 2 TUTORIAL ONLINE KEBIJAKAN DAN STRATEGI PRODUKSI (ADBI4434)

 


DISKUSI 2 :

Siklus hidup produk yang semakin cepat menyebabkan waktu peluncuran produk baru menjadi issue yang penting. Produsen yang bisa mengembangkan produk  baru lebih cepat dari pesaingnya dengan menggunakan teknologi baru akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Bagaimana tanggapan saudara? Silakan diskusikan!

 

PENDAPAT DISKUSI :

Persaingan Dunia Bisnis Internasional yang semakin tinggi menyebabkan produsen atau perusahaan harus mampu mengembangkan strategi dengan sebaik-baiknya agar dapat bertahan dalam industri sejenis. Produk baru yang lebih cepat masuk ke pasaran dengan menerapkan teknologi terbarukan yang disambut baik oleh pasar akan membawa keuntungan tersendiri bagi produsen disamping akan menjadi penguasa terdepan pasar untuk produk yang sejenis.

 

Bagi perusahaan Manufuktur, produk merupakan kunci keberhasilan utama yang harus diimbangi dengan layanan prima. Strategi produk yang berkualitas dan terlebih dahulu masuk ke pasar merupakan hal yang krusial yang harus diperhatikan oleh produsen atau perusahaan, yaitu untuk menetapkan produk yang akan dijual, berapa banyak, keunggulan produk dibanding produk sejenis, berapa harganya, serta bagaimana pendistribusiannya agar dapat dengan tepat berada ditangan konsumen pada saat yang dibutuhkan.

 

Pengembangan produk baru bukanlah merupakan masalah yang sederhana bagi produsen atau perusahaan. Produk selalu mempunyai daur hidup yang terbatas yang pada saat tertentu produk tersebut sudah tidak dapat dipertahankan lagi apabila tidak dilakukan langkah-langkah proaktif oleh perusahaan. Demikian pula dalam penentuan produk baru juga bukan perkara yang mudah.

 

Perusahaan menentukan produk apa yang disukai konsumen tidaklah mudah. Perencanaan produk memerlukan analisis pasar yang mendalam, termasuk menguji apakah produk yang akan dibuat akan dapat diterima masyarakat atau tidak. Terlepas dari hal itu, suatu produk juga memerlukan desain yang menarik sertas spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

 

 

SUMBER BERPENDAPAT :

- BMP ADBI4434; KEBIJAKAN DAN STRATEGI PRODUKSI; RIA ARIFIANTI; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022