DISKUSI 7 TUTORIAL ONLINE ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR ( MKDU4109 )

 

DISKUSI 7 :

 

Ibarat keping uang logam yang memiliki dua sisi yang berbeda, dampak ilmu pengetahuan dan teknologi juga dapat dilihat dari dua sisi yang berbeda. Seperti kita ketahui, teknologi lahir karena adanya kebutuhan manusia untuk mempermudah segala aktivitas dan kegiatannya. Akan tetapi bukan berarti kecanggihan teknologi itu selalu mendatangkan manfaat dan dampak positif saja bagi kehidupan manusia. Tidak sedikit yang justru merugikan manusia jika tidak digunakan dengan tepat. Sehingga dalam pembahasan tentang dampak negatif ini, Anda harus melihat dengan lebih peka mana yang disengaja berdampak negatif dan mana yang tidak disengaja berdampak negatif atau memang efek samping (tidak dapat dihindari) dari teknologi itu sendiri.

Diskusikan mengenai beberapa hal berikut ini:

1.   Jelaskan studi kasus dari penyimpangan penggunaan IPTEKS yang Anda ketahui

2.   Jelaskan solusi yang diberikan untuk mencegah atau mengurangi dampak dari penyimpangannya.

Tambahkan sumber referensinya 

Selamat berdiskusi

 

 

PENDAPAT DISKUSI :

1.    Jelaskan studi kasus dari penyimpangan penggunaan IPTEKS yang Anda ketahui

 

" PELANGGARAN TERKAIT PERBANKAN “

 

Polda Metro Jaya melalui Kasat Cyber Crime Ajun Komisaris Besar Winston Tommy Watuliu berhasil meringkus dua pelaku kejahatan cyber crime kasus pembobolan kartu kredit secara online milik perusahaan di luarnegeri. Dua Hacker berhasil menerobos sistem perbankan perusahaan asing, seperti Capital One USA, Cash Bank USA dan GT Morgan Bank USA,  kemudian membobol kartu kredit milik perusahaan ternama tersebut.

 

Setelah berhasil kedua pelaku tersebut menggunakan kartu kreditnya untuk membeli tiket pesawat Air Asia lalu tiket tersebut dijual pelaku dengan harga yang sanga tmurah. Tidak tanggung-tanggung untuk menarik pembeli mereka sengaja memasang iklan seperti di situs weeding.com dan kaskus. Dan hebatnya lagi dari pengakuan kedua hacker tersebut mereka mempelajari teknik bobol credit card ini secara otodidak.

 

Tapi sepandai-pandai tupai melompat akhirnya jatu hjuga, begitulah kisah dua cracker tanah air kita, setelah berhasil membobol kartu kredit dari Ricop yaitu perusahaan yang memproduksi anggur di san francisco mereka berhasil ditangkap oleh Polda Metro Jaya ditempat terpisah, di Jakarta dan Malang. Dari tangan mereka berhasil diamankan barang bukti seperti laptop, dua Balck Berry, modem, komputer, buku tabungan BCA dan daftar perusahaan yang akan menjadi target pembobolan.

 

Sumber: https://binus.ac.id/character-building/2021/02/beberapa-kasus-penyalahgunaan-iptek-yang-pernah-terjadi-di-indonesia/ 

 

2.     Jelaskan solusi yang diberikan untuk mencegah atau mengurangi dampak dari penyimpangannya.

 

Solusi yang dapat diberikan ialah peran aktif pemerintah dalam meng-edukasi penggunaan teknologi yang baik danbenar serta sanksi-sanksi akibat penyalahgunaan teknologi kepada masyarakat. Peran sekolah atau intansi pendidikan sangat penting dalam hal ini.

 

Pemerintah sebagai pembuat UU, telah membuat UU ITE sebagai sanksi kepada pelanggar teknologi. Jika pemerintah sudah meciptakan UU ITE dimana pelaku pelanggaran teknologi dihukum dengan hukuman yang berat, maka seharusnya menimbulkan efek jera bagi pelakunya. Tetapi hal yang terjadi justru sebaliknya, yaitu semakin marak pelaku pelanggaran teknologi dan ilmu pengetahuan. Hal ini disebabkan kurangnya kualitas dalam diri seseorang.

 

Perkembangan teknologi harus sejalan dengan meningkatnya mutu sumber daya manusia dan keimanan seseorang. Orang yang membuat pelanggaran cenderung sedang berada jauh dari jalan Tuhan dan tidak ada rasa takut kepada Tuhan. Jika kecerdasan diikuti peningktan iman dan taqwa maka tidak akan ada pelanggaran atau pun penyimpangan. Dalam hal ini keluarga atau peran aktif masyarakat juga diperlukan dalam pembentukan karakter dan keimaanan seseorang. Saya lebih menyarankan peran keluarga sejak dini untuk mencegah tumbuhnya bibit kejahatan dalam diri seseorang.

 

SUMBER REFERENSI :

BMP MKDU 4109; ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR; HERTATI SUANDI, UNIVERSITAS TERBUKA; 2021

https://binus.ac.id/character-building/2021/02/beberapa-kasus-penyalahgunaan-iptek-yang-pernah-terjadi-di-indonesia/