DISKUSI 8 TUTORIAL ONLINE ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR ( MKDU4109 )

 

DISKUSI 8 :

 

Modernisasi mengandung unsur: 

1) perubahan yangbergerak maju secara linier,

2) adanya pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan,

3) didukung dengan adanya perkembangan teknologi di berbagai kehidupan manusia, serta

4) mempengaruhi pola pikir dan perilaku manusia yang berusaha mengejar kehidupan yang lebih maju dan modern.

 

Mengacu pada unsur-unsur modernisasi tersebut, menurut Anda apakah masyarakat Indonesia sudah dapat dikatakan sebagai masyarakat modern?

Selamat berdiskusi.

 

 

PENDAPAT DISKUSI :

Secara umum dapat dikatakan iya, masyarakat Indonesia dapat dikatakan sebagai masyarakat modern. Hari ini masyarakat Indonesia rata-rata memiliki profesi yang variatif, tidak hanya sebagai petani atau nelayan. Oleh sebab itu masyarakat Indonesia secara umum sudah bisa dikategorikan sebagai masyarakat modern.

 

Masyarakat modern tidak bisa dipisahkan dari perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Kehidupannya pun sudah lebih terarah atau tertata ke masa kini, contohnya penggunaan smartphone sebagai alat komunikasi, penggunaan kipas angin sebagai pendingin ruangan, penggunaan komputer untuk belajar dan bekerja, dan lain-lain. Masyarakat modern merupakan golongan masyarakat yang orientasi hidup dan nilai budayanya lebih terarah di masa kini. Masyarakat modern juga dapat diartikan sebagai bentuk transformasi dari masyarakat tradisional menjadi masyarakat yang lebih maju dalam bidang teknologi, ilmu pengetahuan, serta cara berpikirnya. Dilihat dari perbedaan cara berpikirnya, masyarakat modern identik dengan negara maju karena lebih berpikir rasional. Sedangkan masyarakat tradisional sering dikaitkan dengan negara miskin karena cara berpikirnya masih sering irrasional.

 

Ciri-ciri masyarakat modern mengutip dari situs Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), salah satu ciri masyarakat modern adalah memberi apresiasi atas peran individu atau kelompok dalam kehidupan bermasyarakat. Contohnya memberi penghargaan ketika berhasil melakukan sesuatu, dan lain sebagainya. Namun, hal ini bukan menjadi patokan yang pasti tentang ciri masyarakat modern. Karena dalam masyarakat tradisional pun, apresiasi juga sering diberikan kepada mereka yang berjasa.

 

Dilansir dari Study Lecture Notes, berikut delapan ciri-ciri masyarakat modern :

1. Sektor industri dan teknologi berkembang sangat pesat ciri masyarakat modern yang paling utama dan mudah ditemui ialah perkembangan dalam sektor industri dan teknologi. Masyarakat modern sering mengembangkan atau memunculkan berbagai inovasi untuk mempermudah kehidupannya. Contohnya penggunaan robot untuk meningkatkan efektivitas kerja, penggunaan mesin canggih untuk produksi barang, dan lain-lain.

2. Adanya urbanisasi, merupakan perpindahan penduduk dari desa ke kota. Dalam masyarakat modern banyak orang yang melakukan urbanisasi untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan pendidikannya. Contohnya melakukan urbanisasi untuk bersekolah dan bekerja di ibu kota, dan lain-lain. Urbanisasi hampir selalu terjadi dalam kehidupan masyarakat saat ini.

3. Pekerjaannya tidak bergantung pada alam dan bersifat heterogen mata pencaharian. Masyarakat modern tidak hanya berasal dari satu sektor saja, melainkan juga dari banyak sektor lainnya. Selain itu masyarakat modern sudah tidak lagi bergantung langsung pada alam, yang mana hal ini masih dijalani oleh masyarakat tradisional. Contohnya masyarakat tradisional bercocok tanam untuk kebutuhan konsumsinya, masyarakat modern mengolah bahan pangan (seperti beras, daging, susu) untuk kebutuhan konsumsinya. Contoh lainnya masyarakat modern banyak yang bekerja di perkantoran, industri, bidang pendidikan, transportasi, dan lain-lain.

4. Peluang atau kesempatan kerjanya lebih tinggi, masyarakat modern sangat mengutamakan hasil yang maksimal dan serba cepat. Tentunya dengan tenaga kerja yang banyak, hasilnya akan lebih cepat dan maksimal. Sehingga peluang kerjanya dapat terbuka lebih lebar dan juga mempengaruhi adanya urbanisasi. Contohnya dalam bidang industri pangan, banyak tenaga manusia dibutuhkan untuk mengelola mesin, mengemas produk, dan lain sebagainya.

5. Adanya stratifikasi sosial dalam masyarakat modern, stratifikasi sosial atau pembagian kelas sosial berdasarkan ekonomi terlihat dengan jelas. Pembagian kelas sosial ini memperlihatkan dengan jelas adanya kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin. Contohnya dari segi pemukiman, penghasilan, gaya berpakaian, penggunaan alat komunikasi, dan lain-lain.

6. Tersedianya fasilitas perkotaan yang memadai, Masyarakat modern identik dengan negara maju.Salah satu indikatornya dapat dilihat dari fasilitas perkotaan yang memadai. Semakin canggih fasilitasnya, maka bisa dikatakan jika masyarakatnya semakin maju. Contohnya tersedianya halte bus, jaringan internet, sistem pembuangan limbah, pelabuhan, bandara, jalan raya, rumah sakit, sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, dan lain-lain.

7. Bersikaf Individualistis, Sikap individualistis sangat melekat pada masyarakat modern. Sebaliknya sikap kolektif masih melekat erat pada masyarakat tradisional. Alasannya karena masyarakat modern lebih banyak mementingkan kepentingannya sendiri dibanding kepentingan umum. Contohnya kurang menjalin komunikasi dengan orang sekitarnya, tidak perduli terhadap orang lain, menganggap jika pendapatnya harus selalu didengar dan dituruti.

8. Masyarakat gerak mobilitas yang tinggi, Tingkat pendidikan yang lebih baik, adanya industrialisasi serta terbukanya peluang kerja yang luas membuat gerak mobilitas pada masyarakat modern lebih tinggi. Artinya masyarakat suka atau sering berganti pekerjaan, berpindah tempat tinggal ataupun daerah. Contohnya pengangguran mendapat pekerjaan, pindah ke pekerjaan yang dirasa lebih baik,  berpindah tempat tinggal ke lokasi yang dianggap lebih aman atau nyaman, dan lain-lain.

 

 

SUMBER REFERENSI :

BMP MKDU 4109; ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR; HERTATI SUANDI, UNIVERSITAS TERBUKA; 2021

https://www.qureta.com/post/sudah-modernkah-otak-masyarakat-indonesia

https://ardra.biz/ciri-ciri-masyarakat-modern-di-indonesia/

https://www.kompas.com/skola/read/2021/03/23/131347369/ciri-ciri-masyarakat-modern?page=all