TUGAS 1 TUTORIAL ONLINE FILSAFAT BISNIS ( ADBI4449 )

 

TUGAS 1 :

1. Ada tiga Kesuksesan Adam Khoo dalam berbisnis. Sebutkan dan jelaskan!!

2. Apa yang Anda pahami tentang ungkapan:” Uang bukan segala-galanya, tapi segala-galanya perlu Uang” dengan ungkapan:” Segala-galanya perlu Uang, tetapi uang bukan segala-galanya”. Coba jelaskan!

3. Jelaskan mengenai konsep Ingenuitas, Cinta Kasih, dan Heroisme dan apa kaitannya dengan bisnis!

 

PENYELESAIAN TUGAS :                                            

1. Ada tiga Kesuksesan Adam Khoo dalam berbisnis. Sebutkan dan jelaskan!!

Membangun Tujuan yang jelas, Membangun Keyakinan yang kuat, dan Membangun Aksi yang tepat.

Membangun Tujuan yang jelas menentukan target kesuksesan dan menyusun strategi dan bekerja keras dengan membangun keyakinan yang kuat bahwa kita mampu dan bisa mencapai target tersebut, dan segala tindakan harus diperhitungkan dengan baik, membangun aksi yang tepat agar segera tercapai tujuan tersebut.

 

2. Apa yang Anda pahami tentang ungkapan:” Uang bukan segala-galanya, tapi segala-galanya perlu Uang” dengan ungkapan:” Segala-galanya perlu Uang, tetapi uang bukan segala-galanya”. Coba jelaskan!

Hakikat manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan manusia lain untuk bisa bertahan hidup. Hidup di zaman sekarang ini segala kebutuhan hidup memerlukan uang untuk nilai tukar. Muncul sifat ketamakan manusia yang menyebabkan banyak permasalahan dalam kehidupan ini.

Pada dasarnya tujuan manusia adalah mencari kebahagiaan yang hakiki, tidak selamanya uang menjadi sumber kebahagiaan. Rasa syukur dalam diri lah yang membuat kita tenang dan bahagia. Dalam kontek berbisnis memang tujuan berbisnis adalah keuntungan, tetapi hakekatnya kita berbisnis adalah mempermudah urusan orang lain dalam artian juga menolong orang lain. Kembali lagi bagaimana kita juga adalah makhluk sosial yang sebaiknya saling tolong menolong.

Sebagai pebisnis kita sebaiknya bertujuan membangun keuntungan kedua belah pihak. Tentu, harus dijawab uang itu penting. Bukan hanya penting tetapi sangat dibutuhkan untuk mempermudah kehidupan. Hampir segala kebutuhan dasar hidup harus disediakan dengan uang sebagai alat tukar. Namun uang bukanlah segalanya, karena ada banyak hal juga yang tidak butuh uang. Bahkan jika anda hanya mengandalkan uang sebagai kekuatan, hampir pasti anda akan runtuh cepat atau lambat. Pershabatan sejati tidak dapat dibeli dengan uang, melainkan dibangun dari waktu ke waktu dengan respek dan kasih.

Cinta sejati pun mampu bertahan meski kadang kesulitan bahkan ketiadaan uang. Loyalitas permanen tidak bisa diukur dengan uang. Wibawa dan kehormatan pribadi anda tidak dapat dibangun diatas pondasi uang. Anda dianggap berwibawa jika memiliki karakter kuat dan penuh sikap hormat kepada diri sendiri maupun kepada sesama.

Kepercayaan dan kesetiaan anda kepada Tuhan tentu bukan karena magnet uang, melainkan keyakinan hati anda sendiri yang tidak dapat digadikan dengan apapun. Kita butuh uang, tetapi jangan dijadikan ‘Tuan’.

 

 

3. Jelaskan mengenai konsep Ingenuitas, Cinta Kasih, dan Heroisme dan apa kaitannya dengan bisnis!

~ Ingenuitas;

Adalah kemampuan berinovasi dan beradaptasi dengan yakin untuk merangkul dunia (Chris Lowley, 2005). Ingenuitas berkaitan dengan upaya menjadikan pribadi yang lepas bebas. Ini yang dimaksud Chris Lowley bahwa hanya dengan menjadi lepas bebas, bebas dari berprasangka-prasangka dan kelekatan-kelekatan, dan karenanya bebas untuk memilih arah tindakan yang manapun, para pemimpin bisnis menjadi lebih fleksibel secara strategis.

 

Manusia bebas akan mampu mengembangkan seluruh potensi dirinya secara optimal. Dalam setiap posisi di lingkungannya, ia menjadi pribadi yang strategis. Manifestasi Ingenuitas dalam bisnis berkaitan dengan kemampuan untuk melakukan inovasi-inovasi. Tanpa pribadi-pribadi yang berbakat untuk melakukan terobosan-terobosan kreatif, tidak mungkin tercipta produk-produk inovatif yang berdaya jual tinggi dan ini sekali lagi membuktikan bahwa menjadi manusia yang merdeka akan menciptakan kreatifitas dan inovasi unggul dalam pelaksanaan kegiatan bisnis.

 

~ Cinta Kasih;

Chris Lowley mejelaskan bahwa cinta kasih berkaitan dengan kemampuan membangun kontak dengan orang lain dalam sikap yang positif dan terbuka.

 

Cinta kasih adalah sebuah kekuatan yang lembut tetapi kuat, yang ringan tetapi begitu terkesan, dan sederhana tetapi begitu mendalam. Banyak orang mencari cinta kasih, padahal cinta kasih ada pada diri sendiri. Keberhasilan dalam membangun kesadaran diri terlebih dahulu adalah rahasia untuk membangkitkan dan mengembangkan cinta kasih dalam kehidupan.

 

Cinta kasih adalah modal begitu indah dan sangat berharga, kekuatan cinta kasih ada pada kemampuannya menggerakkan perasaan-perasaan. Siapa yang memiliki cinta kasih, maka ia akan banyak dicintai dan didambakan. Setiap sentuhan yang diberikan oleh orang yang memiliki cinta kasih akan berdampak kepada perbaikan dan kebaikan. Kalaulah suatu bisnis dilakukan dengan cinta kasih, maka bisnis tersebut akan menciptakan kebaikan dan perbaikan dalam kehidupan.

 

~ Heroisme;  

Adalah mentalitas yang diperlukan untuk menaklukkan dunia. Inilah modal yang harus ada dan dikembangkan dalam diri setiap pebisnis. Lingkungan bisnis yang selalu berubah, persaingan yang begitu ketat, para kompetitor yang memiliki kemampuan super modern dapat diatasi manakala ada sifat heroisme dalam diri kita.

 

Kalau kita melihat lagi sejarah kemerdekaan Indonesia yang berarti kemerdekaan manusia-manusia Indonesia, tidak akan terwujud kalau tidak ada tindakan dari para pendahulu kita, para pahlawan kita. Perusahaan-perusahaan besar tidak akan tumbuh dan berkembang sampai ratusan tahun lamanya, jika tidak ada sikap herois yang dibangun diawal-awal merintis bisnisnya.