DISKUSI 7 TUTORIAL ONLINE FILSAFAT BISNIS ( ADBI4449 )

 

DISKUSI  7 :

Setelah mempelajari materi SESI 7 yang terdapat pada modul 7 dan modul 8 BMP, silahkan Anda diskusikan mengenai hal berikut:

  1. Sebutkan dan jelaskan prinsip-prinsip dari Tata kelola Perusahaan yang Berketuhanan! (modul 7)
  2. Sebutkan dan jelaskan Jenis-jenis keadilan menurut Sony A. Keraf (2006) yang sudah Anda pelajari pada modul 9 BMP Kegiatan belajar 1!

 

PENDAPAT DISKUSI :

1.    Prinsip-prinsip dari Tata kelola Perusahaan yang Berketuhanan

Salah satu Konsep Tata Kelola Perusahaan adalah God Corporate Governance (Tata Kelola Perusahaan yang Berketuhanan) yang mengandung pengertian yakni hasil dari interaksi antara dinamika spiritual individu dan faktor-faktor kelembagaan yang bertujuan agar terciptanya tanggung jawab perusahaan terhadap stakeholders (konsumen, pegawai, pemasok, dan pemerintah)

God Corporate Governance bekerja diatas lima prinsip, yakni; menyeluruh, berkelanjutan, keseimbangan, kemandirian, dan keutamaan. Kelima prinsip tersebut bersifat integral dan menghubungkan asal usul dan tujuan hidup manusia yang bersifat spiritual dengan bumi dan lingkungan alam semesta yang bersifat materiil. Lebih jelas pengertian dari kelima prinsip tersebut sebagai berikut :

·          Kemenyeluruhan (holism)

Prinsip yang menempatkan seluruh kegiatan perusahaan dalam kerangka tujuan universal ilahiah. Perusahaan adalah instrumen atau sarana yang dipakai untuk mewujudkan kehidupan manusia yang utuh menyeluruh mencakup materiil dan spiritual, dunia dan akhirat, individu dan kolektif.

·          Keberlanjutan (sustainability)

Prinsip ini  mengarahkan perusahaan pada pemeliharaan kesinambungan pemeliharaan kehidupan manusia dan alam secara terintegrasi

·          Keseimbangan (balance)

Prinsip ini menghendaki bahwa perusahaan harus mempertimbangkan berbagai kepentingan dari para stakeholders secara seimbang

·          Kemandirian (field-independen)

Prinsip ini membimbing perusahaan untuk senantiasa bertindak semata-mata diatas keyakinan kepada Tuhan YME dan nilai-nilai luhur yang diajarkan Tuhan YME

·          Keutamaan (excellence)

Prinsip ini membimbing perusahaan untuk mengambil tindakan-tindakan yang terbaik dan bermanfaat, tidak saja untuk dirinya, tetapi juga bagi masyarakat, kemanusiaan, bumi, dan entitas eksternal lainnya.

 

2.  Jenis-jenis keadilan menurut Sony A. Keraf :

Sony A. Keraf membagi keadilan menjadi tiga jenis, yaitu :

a.  Keadilan Legal

Menyangkut hubungan antara individu atau kelompok masyarakat dengan negara. Intinya adalah semua orang atau kelompok masyarakat diperlakukan secara sama oleh negara dihadapan dan berdasarkan hukum yang berlaku.

b.  Keadilan Distributif

Prinsip dasar keadilan distributif atau juga dikenal dengan keadilan ekonomi adalah distribusi ekonomi yang merata atau yang dianggap adil bagi semua warga negara. Dengan kata lain, keadilan distributif menyangkut pembagian kekayaan ekonomi atau hasil-hasil pembangunan.

c.   Keadilan Komutatif

Adalah mengatur hubungan yang adil antara orang yang satu dengan yang lain, atau warga negara yang satu dengan warga negara yang lainnya. Dengan kata lain, keadilan komutatif menyangkut hubungan horizontal antarwarga negara.

 

Referensi Menjawab :

BMP ADBI4449; FILSAFAT BISNIS; H. Sam’un Jaja Raharja & Zaenal Muttaqin; Universitas Terbuka; 2021.