DISKUSI 3 TUTORIAL ONLINE ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR ( MKDU4109 )

 

DISKUSI 3 :

Untuk mengukur tingkat pemahaman Anda tentang Hakikat kebudayaan, coba Anda jelaskan bagaimana pemahaman soal budaya tinggi tidak bisa dianggap lebih baik dibanding budaya populer, berikan contohnya.

Selamat berdiskusi

 

 

PENDAPAT DISKUSI :

 

Budaya Tinggi adalah pola-pola budaya yang memisahkan kelompok elit dalam masyarakat dari yang lain. Sebagai contoh; musik klasik yang sering kali dianggap sebagai bagian dari budaya tinggi karena peminatnya sebagian besar adalah kelompok masyarakat kelas atas.

 

Sementara itu Budaya Populer merupakan pola-pola budaya yang tersebar diantara masyarakat pada umumnya. Sebagai contoh; musik dangdut dan pop banyak diminati oleh orang Indonesia. Hal ini menjadikan keduanya sebagai bagian dari budaya populer.

 

Kebanyakan orang awam berpendapat bahwa budaya tinggi lebih baik posisinya dibandingkan dengan budaya populer. Namun demikian, para sosiolog tidak setuju dengan pendapat semacam ini;

Pertama, kelompok masyarakat awam dan elit memiliki selera dan ketertarikan budaya yang berbeda. Hal ini berarti bahwa perbedaan karakter diantara budaya tinggi dan populer hanyalah pada selera dan ketertarikan peminatnya dan kita tidak bisa mengatakan bahwa budaya yang satu lebih tinggi dari pada yang lain.

Kedua, budaya tinggi sering kali dianggap lebih dibandingkan dengan budaya populer karena pendukungnya menempati posisi ekonomi, sosial, politik, dan budaya yang lebih baik. Namun, ini tidak berarti bahwa budaya lebih tinggi lebih baik dari pada budaya populer.

 

 

Sumber Menjawab :

BMP MKDU4109; ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR; Hertati Suandi; Universitas Terbuka; 2021