DISKUSI 3 TUTORIAL ONLINE FILSAFAT BISNIS ( ADBI4449 )

DISKUSI  3 :

  1. Sebutkan dan Jelaskan tentang macam-macam hakikat tujuan dalam bisnis!
  2. Jelaskan bagaimana para pemimpin sukses membangun kesadaran diri!

 

PENDAPAT DISKUSI :

1. Macam-macam Hakikat Tujuan dalam Bisnis:

(1). Mempertahankan Hidup;

Tujuan bisnis yang paling awal adalah untuk mempertahankan hidup. Bisnis adalah aktivitas kita dalam hidup, bisnis adalah kesibukan kita dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan hidup. Keberlangsungan hidup manusia akan ditentukan oleh seberapa banyak kebutuhan dan keinginan manusia terpenuhi. Kebutuhan dan keinginan kita akan makan dan minum pada dasarnya untuk mempertahankan hidup. Kebutuhan kita akan pakaian juga pada dasarnya untuk mempertahankan hidup, dimana pakaian diketahui fungsi dasarnya adalah sebagai alat perlindungan untuk mempertahankan diri dari cuaca dingin, panas atau dari serangan binatang. Begitu juga rumah termasuk berkeluarga, bertetangga dan bermasyarakat, tujuan dasarnya adalah untuk mempertahankan diri.

 

(2). Membangun Kesejahteraan Bersama;

Sejahtera adalah suatu keadaan hidup yang serba berkecukupan atau hidup layak. Di Indonesia ukuran kesejahteraan dapat diukur dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang dapat diukur dari tiga aspek, yaitu; tingkat pendidikan, kesehatan dan daya beli.

Mensejahterakan karyawan atau membangun kesejahteraan bersama adalah tujuan berikutnya dari sebuah bisnis, setelah dengan bisnis itu manusia telah mampu untuk bertahan hidup. Menyejahterakan orang lain dan bersama-sama hidup sejahtera adalah cara cerdas dalam mempertahankan hidup dan kehidupan yang aman dan mulia. Mempertahankan kehidupan diri dengan mengambil kesejahteraan yang dimiliki orang lain, adalah perbuatan tercela yang hanya berujung pada gagalnya manusia dalam mencapai tujuan hidup yang lebih hakiki lagi, yaitu kebahagiaan.

 

(3). Membangun Kebahagiaan;

Setiap orang apapun agama keyakinannya, suku bangsa dan bahasanya pasti mendambakan hidup yang bahagia, termasuk dalam kehidupan bisnisnya.

 

Bisnis tidak hanya sekedar bagaimana kita bertahan hidup, tetapi bisnis adalah cara bagaimana kita berselera dan dapat menikmati hidup dengan baik dan lebih baik lagi. Tentunya bukan kebahagiaan yang berasal dari sesuatu yang fana atau fatamorgana, tetapi kebahagiaan hakiki yang berasal dari Yang Maha Kekal, Yang Maha Kuasa yaitu Tuhan Yang Maha Esa.

 

Kebahagiaan dalam bisnis akan tercapai kalau manusia memahami dengan sebenarnya akan tujuan-tujuan mulia dalam bisnis, yakni bahwa tujuan mulia itu dapat dicapai dan bergerak secara nyata untuk mewujudkannya. Oleh karena itu, mulailah dengan membuat tujuan dan dengan keyakinan penuh, dan bergeraklah secara nyata.

 

 

2. Jelaskan bagaimana para pemimpin sukses membangun kesadaran diri!

Chris Lowley mengatakan apa yang dimaksud dengan kesadaran diri adalah berkaitan dengan upaya untuk memahami kekuatan, kelemahan, nilai-nilai, dan pandangan hidup diri sendiri dan juga orang lain.

Orang-orang sukses adalah orang-orang terbaik dalam membangun kualitas kesadaran diri. Sebelum memulai orang sukses akan selalu melakukan kontemplasi, introspeksi dengan melakukan pertanyaan-pertanyaan mendasar dalam hidup pada diri sendiri. Pertanyaan itu dilontarkan dengan tujuan yang pasti, yaitu demi mengalahkan diri sendiri, keegoaannya, keangkuhannya, dan mengatur hidup.

Inilah yang dimaksud dengan kesadaran diri dan inilah hasil dari membangun kesadaran diri, yaitu menjadi pribadi yang kuat. Pribadi yang kuat ini diperlukan agar dapat beradaptasi dan bertahan dalam berbagai situasi dan kondisi, pribadi yang ulet, berani, dan tidak pernah menyerah.

Para pebisnis sukses melakukan apa yang disebut dengan latihan rohani atau meditasi untuk memperkuat jiwa dan mentalnya, agar bisa tenang dalam menghadapi guncangan persaingan yang bisa berakibat ambruknya bangunan bisnis yang selama ini dibangunnya.

 

 

 

Referensi Menjawab :

BMP ADBI4449; FILSAFAT BISNIS; H. Sam’un Jaja Raharja & Zaenal Muttaqin; Universitas Terbuka; 2021.

Inisiasi 3; Materi Sesi 3; Filsafat Bisnis; Tutorial Online Universitas Terbuka.