DISKUSI 8 TUTORIAL ONLINE TEORI ORGANISASI ( ADPU4341 )

 

Silahkan.. Silakan dibahas ulang materi yang pernah dipelajari.

Bacaan ini dapat digunakan sebagai bahan diskusi Anda. Dalam membahasnya silakan gunakan konsep dan teori yang telajh Anda pelajari selama tutorial.

https://jurnal.ugm.ac.id/jieb/article/download/39977/22527


TRANSFORMASI ORGANISASI DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI ENABLER

 

PENDAPAT DISKUSI :

Keberhasilan penerapan suatu sistem informasi yang didukung perangkat Teknologi Informasi,
merupakan tujuan manajemen perusahaan agar terciptanya cara kerja yang efektif dan efisien. Namun demikian, dalam praktek bisnisnya, tidak sedikit perusahaan yang mengalami kegagalan

Dalam membangun suatu sistem informasi yang terintegrasi tersebut. Hal ini disebebkan oleh beberapa faktor yang harus dipertimbangkan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Untuk itu, diperlukan komitmen kuat dan usaha kerja keras dan cerdas dari tim implementasi system, demi terciptanya kesuksesan dalam penerapan suatu sistem informasi yang terintegrasi.

 

 

Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dengan serius adalah bagaimana melakukan perubahan cara kerja dan pola pikir pengguna agar dapat mendukung cara kerja dengan system komputerisasi. Perubahan cara kerja dan pola pikir tersebut tidak bisa dilakukan secara instan, tetapi memerlukan tahapan dan waktu proses yang relatif lama, terlebih bagi pengguna yang telah terbiasa menggunakan cara kerja manual (tradisional).

 

Faktor kecerdasan dan kedewasaan mental pengguna dalam menjalankan suatu system informasi baru yang belum dikenal, merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam melakukan implementasi system informasi yang terintegrasi tersebut. Perubahan cara kerja dan pola pikir yang didukung oleh perangkat teknologi informasi, sangatlah dipengaruhi oleh perubahan organisasi (organization change).

 

Perubahan organisasi ini identik dengan upaya perubahan budaya (culture) perusahaan. Perubahan budaya perusahaan ini sangat ditentukan oleh peranan top manajemen perusahaan sebagai teladan (contoh) bagi karyawan/pengguna untuk mendukung cara kerja dengan dukungan penuh penggunaan teknologi informasi.

 

Journal tertulis merupakan penelitian yang bertujuan membahas bagaimana pengaruh teknologi informasi dan perubahan organisasi dalam mencapai kesuksesan membangun suatu sistem informasi yang terintegrasi. Teknologi Informasi menjadi faktor pendukung (Enabler) dari Transformasi yang terjadi pada suatu organisasi.

 

 

 

 

SUMBER REFERENSI :

BMP ADPU4341; Teori Organisasi; Agus Joko Purwanto; Universitas Terbuka; Februari 2021