DISKUSI 2 TUTORIAL ONLINE ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR ( MKDU4109 )

 

DISKUSI 2 :

Dalam buku modul BMP mengenai Manusia sebagai makhluk budaya ada pernyataan dari Koentjaraningrat, yang dikenal sebagai Bapak Antropologi, menyebutkan bahwa manusia adalah salah satu makhluk biologis dan budaya, ada enam karakter yang melekat pada budaya.

Diskusikan dan jelaskan enam karakter tersebut dan berikan contoh dari lingkungan dimana Anda berada, sertakan sumber referensi lain selain dari BMP Universitas Terbuka.

Selamat berdiskusi

 

 

PENDAPAT DISKUSI :

Enam karakter yang melekat pada budaya :

Karakter Pertama ; Budaya adalah sesuatu yang dipelajari. Manusia belajr budaya melalui proses yang disebut sebagai enkulturasi, yakni proses belajar untuk menjadi anggota dari sebuah kelompok budaya. Melalui proses enkulturasi manusia belajar soal perilaku, nilai, dan bahasa yang dapat diterima oleh anggota masyarakat. Proses enkulturasi ini terjadi terus menerus mulai dari kelahiran sampai dengan kematian manusia.

Sebagai Contoh : Seorang anak yang baru lahir tidak akan mengetahui perilaku, nilai, dan bahasa yang dapat diterima oleh anggota masyarakatnya tanpa melalui prosedur belajar, Seorang anak belajar perilaku yang dapat diterima oleh masyarakat dan belajar pula tidak boleh melakukan tindakan-tindakan yang dilarang masyarakat.

 

Karakter Kedua ; Kebudayaan merupakan cara manusia menggunakan simbol untuk mengorganisir dan memberi makna pada hal-hal disekitarnya. Simbol dapat berbentuk verbal (kata-kata) dan nonverbal (bahasa tubuh atau gambar virtual).

Sebagai Contoh : Seiring kemajuan teknologi komunikasi dikenal berbagai istilah, singkatan, simbol baru yang digunakan dalam percakapan sehari-hari.

 

Karakter Ketiga ; Kebudayaan adalah sebuah sistem yang terintegrasi sehingga perubahan pada suatu elemen budaya akan menyebabkan perubahan pada elemen budaya yang lain.

Sebagai Contoh : Di kota-kota besar semakin sedikit lokasi terbuka, seperti taman, halaman, dan kebun yang bisa dimanfaatkan oleh anak-anak untuk bermain. Akibatnya anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu dirumah dengan bermain game dan menonton televisi atau di pusat perbelanjaan.

 

Karakter Keempat ; Kebudayaan mencakup seperangkat norma dan nilai yang digunakan bersama oleh anggota kelompok masyarakat. Norma didefinisikan sebagai ide tentang bagaimana sesuatu seharusnya dilakukan . Nilai didefinisikan sebagai ide tentang berbagai hal yang dikategorikan baik dan benar.

Sebagai Contoh : Contoh dari norma Orang Indonesia bersalaman ketika berkenalan dengan orang asing, dan bukannya membungkukkan badan. Sementara contoh dari nilai mengirim orang tua ke panti jompo tidak dapat dibenarkan.

 

Karakter Kelima ; Kebudayaan membantu manusia untuk beradaptasi dengan dunia dimana ia tinggal. Adaptasi adalah sebuah perubahan pada cara hidup seorang individu atau populasi menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya.

Sebagai Contoh : Orang Bajo tersebar di Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara hingga Filipina telah beradaptasi dengan cara hidup di laut.

 

Karakter Keenam ; Kebudayaan selalu berubah karena dorongan dari dalam maupun dari luar budaya itu sendiri. Perubahan budaya bisa terjadi dalam waktu singkat maupun lama.

Sebagai Contoh : Perubahan dalam transaksi ekonomi, awalnya sistem barter yang kemudian perlahan transaksi perekonomian menggunakan uang.

 

 

 

 

 

 

Sumber Menjawab :

BMP MKDU4109; ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR; Hertati Suandi; Universitas Terbuka; 2021