DISKUSI 7 TUTORIAL ONLINE OPERASIONAL BANK ( ADBI4436 )

 

DISKUSI  7 :

Jelaskan pengertian L/C dalam negeri dan berikan contoh perdagangan yang menggunakan L/C tersebut!

Jangan lupa cantumkan sumber referensi saudara di bawah jawaban saudara.

PENDAPAT DISKUSI :

Letter of Credit (LC) dan Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN) adalah setiap janji tertulis berdasarkan permintaan tertulis Pemohon (Applicant) yang mengikat Bank Pembuka (Issuing Bank) untuk :

1.     melakukan pembayaran kepada Penerima (Beneficiary) atau ordernya, atau mengaksep dan membayar wesel yang ditarik oleh Penerima;

2.     memberi kuasa kepada bank lain untuk melakukan pembayaran kepada Penerima atau ordernya, atau mengaksep dan membayar wesel yang ditarikoleh Penerima; atau

3.     memberi kuasa kepada bank lain untuk menegosiasi wesel yang ditarik oleh Penerima, atas penyerahan dokumen, sepanjang persyaratan dan kondisi LC atau SKBDN dipenuhi.

 

Pada dasarnya pengertian L/C dalam Negeri adalah sama dengan pengertian L/C yang sering digunakan dalam transaksi perdagangan luar negeri. Perbedaanny7a hanya menyangkut pihak-pihak yang melakukan transaksi, dimana pengguna L/C dalam Negeri khusus untuk perdagangan dalam Negeri, terutama untuk perdagangan antarpulau dan/atau antardaerah.

 

L/C dalam Negeri adalah suatu surat atau dokumen yang dikeluarkan oleh bank sesuai dengan permintaan pembeli barang, dalam hal mana bank akan membayar kepada penjual bila semua persyaratan L/C telah dipenuhinya.

 

Dapat pula dikatakan L/C ini merupakan suatu jaminan dari pihak pembeli terhadap barang-barang yang dibelinya dan jaminan pembayaran bagi penjual untuk mengirim barangnya atas setiap transaksi yang dilakukan di dalam negeri.

 

Contoh Perdagangan yang menggunakan L/C dalam Negeri :

L/C dalam Negeri dipergunakan untuk memperlancar kegiatan perdagangan antarpulau dan/atau antardaerah di Indonesia. Contohnya perdagangan otomotif yang dilakukan antara pembeli di daerah dengan Agen perusahaan penjualan otomotif yang ada di Pulau Jawa, Biasanya karena transaksi yang terjadi dengan dana yang cukup besar maka Pembayaran dilakukan dengan menggunakan L/C dalam Negeri.

 

SUMBER REFERENSI :

BMP ADNI4436; Modul 6; Operasional Bank; Universitas Terbuka;

https://www.danamon.co.id/id/Bisnis/TradeFinance/Kas-menjadi-Persediaan-Bahan-Baku/Letter-of-Credit