TUGAS 1 TUTORIAL ONLINE KEPABEANAN DAN CUKAI ( ADBI4235 )

 

TUGAS TUTORIAL  KE-1

ADBI4235 / KEPABEANAN DAN CUKAI

PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI BISNIS

 

 

No

Tugas Tutorial

Skor Maksimal

Sumber Tugas Tutorial

1

 

 

 

 

 

Konsep Kepabeanan mengandung 2 hal pokok, yaitu unsure pengawasan dan unsure pemungutan pajak. Berdasarkan konsep ini jelaskan kedudukan aparatur DJBC yang berkaitan dengan kegiatan kepabeanan?

 

25

 

 

 

 

 

Modul1 KegiatanBelajar 1

 

 

2

 

 

 

Pesawat Pak Amir yang dating dari Singapura baru mendarat di landasan pacu Bandara Soekarno-Hatta. Kemudian seluruh penumpang turun untuk masuk ke terminal kedatangan. Jelaskan kewajiban apa yang harus dilakukan Pak Amir, setibanya di counter pemeriksaan bea dan cukai!

 

 

25

 

Modul1 KegiatanBelajar 1

 

3

“PT Astema” adalah produsen bolam lampu untuk kendaraan. Perusahaan telah menerima pemberitahuan kedatangan barang dari perusahaan pelayaran.yang berupa cairan kimia yang dibeli vendor di Busan, Korea Selatan. Bagi perusahaan, ini adalah impor perdana. 

 

Berdasarkan kepada latarbelakang di atas cobalah tentukan langkah-langkah apa yang harus dilakukan oleh PT Astema untuk memproses administrasi kepabeanan impor tersebut !

 

50

Modul 2

KegiatanBelajar 2

 

*   coret yang tidak sesuai

 

 

 

PENYELESAIAN TUGAS :

1.  Konsep Kepabeanan mengandung 2 hal pokok, yaitu unsur pengawasan dan unsur pemungutan pajak. Berdasarkan konsep ini jelaskan kedudukan aparatur DJBC yang berkaitan dengan kegiatan kepabeanan?

 

PENYELESAIAN SOAL :

Kepabeanan berdasarkan definisi yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2006 adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pengawasan atas lalu lintas barang yang masuk dan keluar daerah pabean serta pemungutan bea masuk dan bea keluar. Berdasarkan definisi ini fokus kegiatan utama kepabeanan dapat dibedakan menjadi dua. Yang pertama fokus kepada kegiatan pengawasan terhadap masuknya barang-barang dari luar daerah pabean (impor) dan terhadap keluarnya barang-barang keluar daerah pabean (ekspor). Fokus kegiatan yang kedua adalah pemungutan pajak-pajak lalu lintas barang berupa bea masuk dan bea keluar.

 

Tanggung jawab dan kewenangan melakukan kegiatan pengawasan dan pemungutan atas lalu lintas barang impor atau ekspor ini dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), yaitu salah satu unit kerja eselon Satu dibawah Kementrian Keuangan.

 

Kegiatan pengawasan menempatkan bea cukai sebagai aparatur border protection atas lalu lintas barang impor dan ekspor. Hal ini adalah suatu kelaziman internasional yang harus dilakukan oleh setiap negara yang berdaulat. Keamanan dan keselamatan bangsa harus dilindungi dari pengaruh asing melalui barang-barang impor yang berpotensi merusak masyarakat, seperti; narkotika, psikotropika, budaya asing yang negatif, dan sebagainya.`  

 

Kegiatan pemungutan bea masuk dan bea keluar menempatkan aparatur DJBC sebagai Fiskus. Negara sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 23 UUD 1945 memiliki kewenangan untuk memungut pajak-pajak untuk kepentingan Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN). Pajak-pajak atas lalu lintasbarang impor dan barang ekspor digunakan juga untuk tujuan memproteksi dan kestabilan harga di dalam negeri.

 

 

 

2. Pesawat Pak Amir yang datang dari Singapura baru mendarat di landasan pacu Bandara Soekarno-Hatta. Kemudian seluruh penumpang turun untuk masukke terminal kedatangan. Jelaskan kewajiban apa yang harus dilakukan Pak Amir, setibanya di counter pemeriksaan bea dan cukai!

 

PENYELESAIAN SOAL :

Kawasan Pabean di terminal kedatangan penumpang dari luar negeri adalah area terbatas untuk pemeriksaan barang-barang penumpang yang dilakukan oleh petugas bea dan cukai. Lokasinya berada di terminal kedatangan penumpang dari luar negeri. Posisi counter pemeriksaan petugas Bea dan Cukai di area kawasan pabean adalah setelah counter pemeriksaan paspor oleh petugas imigrasi.

 

Setiap penumpang yang datang dari Luar Daerah Pabean (Luar Negeri) membawa barang-barang (contohnya; oleh-oleh) wajib memberitahukan barang bawaannya kepada petugas Bea dan Cukai di terminal kedatangan. Dalam hal ini barang yang dibawa melebihi batasan tertentu maka atas kelebihannya tersebut akan di pungut bea masuk dan pajak dalam rangka impor.

 

 

 

 

3. “PT Astema” adalah produsen bolam lampu untuk kendaraan. Perusahaan telah menerima pemberitahuan kedatangan barang dari perusahaan pelayaran.yang berupa cairan kimia yang dibeli vendor di Busan, Korea Selatan. Bagi perusahaan, ini adalah impor perdana. 

 

Berdasarkan kepada latarbelakang di atas cobalah tentukan langkah-langkah apa yang harus dilakukan oleh PT Astema untuk memproses administrasi kepabeanan impor tersebut !

 

 

PENYELESAIAN SOAL :

Langkah-langkah yang dilakukan oleh PT Astema sebagai berikut :

a.         Kedatangan kapal tersebut ke KW Pabean

b.         Anchor Start – Saat Kedatangan

c.         Anchor End – Persiapan Membongkar

d.         Enter Port – Memasuki Pelabuhan

e.         Docking – Sandar di Dermaga

f.          Loading Start/End – Pembongkaran

g.         Stacking in Container Yard – Penimbunan Sementara FCL

h.         Submission of Necessary Document – Penyampaian PIB

i.          Preparation of Physical Inspection – Pemeriksaan Fisik

j.          Loading to Lorry – Pemuatan ke Sarkut Darat

k.         Gate Out – Keluar dari Lini I Pelabuhan

l.          Arrival at CGS – Penimbunan khusus LCL

m.        Stripping – Pemecahan isi Kontainer

n.         Arrival at Destination – Barang Tiba di Tujuan