DISKUSI 7 TUTORIAL ONLINE TEORI ORGANISASI ( ADPU4341 )

 

Diskusikan dengan kawan kawan Anda tentang pentingnya pengetahuan bagi kehidupan massyarakat informasional pada era masyarakat pasca kapitalis!

Contoh Aplikasi

Silakan download bacaan tentang pentingnya pengetahuan dalam organisasi modern. Lalu diskusikan dengan kawan kawan Anda.  Dalam berdiskusi pergunakan konsep dan teori yang sesuai.


 

PENDAPAT DISKUSI :

Masyarakat pasti akan senantiasa mengalami perubahan agar dapat bertahan, seiring dengan perkembangan zaman. Kemajuan sebuah negara dapat diukur dari majunya informasi dan teknologi dari negara tersebut. Informasi adalah sesuatu yang membuat pengetahuan kita berubah, memperkuat atau menemukan hubungan yang ada pada pengetahuan yang kita miliki. Apabila masyarakat dihubungkan dengan informasi maka akan terbentuklah istilah masyarakat informasi.

 

Tanpa menguasai informasi maka orang akan pasif, tetapi dengan menguasai informasi seseorang akan mendapat suatu rangsangan sehingga akan menimbulkan kreativitas untuk melakukan sesuatu. Dalam masyarakat informasi orang akan mendapat keuntungan yang penuh dari penggunaan teknologi baru dalam segala aspek kehidupan, baik ditempat kerja, di rumah, tempat bermain, dan lain-lain. Contohnya seperti :

·         ATM untuk penarikan tunai dan melakukan beberapa pembayaran

·         Telepon genggam (handphone)

·         Teletext television

·         Faxes

·         Pelayanan informasi seperti juga internet, e-mail, mailinglist, serta komunitas maya (virtual comunity) lainnya.

 

Teknologi mengubah cara kita melakukan bisnis, bagaimana cara kita belajar, bagaimana kita menggunakan waktu luang kita. Bisnis harus online jika mereka ingin menjadi sukses dan pelayanan pemerintah harus tersedia secara elektronik.

 

Masyarakat informasi diartikan suatu masyarakat dimana kualitas hidup,  dan juga prospek perubahan sosial dan pembangunan ekonomi, tergantung pada peningkatan dan pemanfaatan informasi. Dalam masyarakat seperti ini standar hidup, pola kerja dan kesenangan, sistem pendidikan, dan pemasaran barang-barang sangat dipengaruhi oleh akumulasi peningkatan informasi.

 

Adapun Ciri-ciri Masyarakat informasi adalah :

1.    Adanya level intensitas informasi yang tinggi (kebutuhan akan informasi yang tinggi) dalam kehidupan masyarakat sehari-hari pada organisasi-organisasi yang ada, dan tempat-tempat kerja.

2.    Penggunaan teknologi informasi untuk kegiatan sosial, pengajaran dan bisnis, serta kegiatan-kegiatan lainnya.

3.    Kemampuan perukaran data digital yang cepat dalam jarak yang jauh

4.    Masyarakat yang sadar akan informasi dan  mendapatkan informasi secara cukup

5.    Menjadikan informasi sebagai komoditas bernilai ekonomis

6.    Mengakses informasi super highway (berkecepatan tinggi)

7.    Distribusi informasi berubah dari tercetak menjadi elektronik dengan karakteristik informasi: Terbaru, Journal, prediksi.

8.    Sistem layanan berubah dari manual ke elektronis (e-services)

9.    Sektor ekonomi bergeser dari penghasil barang ke pelayanan jasa

10.  Kompetisi bersifat global dan ketat

 

Dengan menjadi masyarakat informasi maka masyarakat akan menjadi :

1.    Terbuka, diiringi dengan sikap kritis dan tidak apriori

2.    Demokratis dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat, dan masyarakat informasi lebih demokratis dibandingakan dengan masyarakat industry

3.    Disentralisasi, kekuasaan berbagi, adanya otonomi daerah

4.    Bidang pekerjaan dari manufakture ke jasa, ciri pekerjaan berbasis ilmu pengetahuan, otomasi, pemecahan masalah dan inovasi.

5.    Ketergantungan pada ICT, komputer merupakan teman sejawat demokrasi yang paling penting sejak diketemukannya kotak suara

 

Betapa informasi sangat penting bagi masyarakat, terutama di era informasi yang sangat kompetitif ini. Agar dapat bersaing di era ini maka salah satu syaratnya adalah penguasaan terhadap informasi. Untuk mewujudkan masyarakat yang demikian tentu tidak mudah, mengingat banyak masyarakat kita yang belum melek informasi.

Di sisi lain juga masih terjadi kesenjangan informasi antara berbagai lapisan masyarakat. Untuk itu informasi hendaknya dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan tersedianya informasi dan kemudaha dalam mengakses informasi maka diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan informasi yang akhirnya dapat merubah kehidupannya agar lebih sejahtera.

 

 

SUMBER REFERENSI :

BMP ADPU4341; Teori Organisasi; Agus Joko Purwanto; Universitas Terbuka; Februari 2021