DISKUSI 7 TUTORIAL ONLINE PENGANTAR ILMU HUKUM / PTHI ( ISIP4130 )

 

DISKUSI 7 :

Jelaskan 3 definisi politik hukum menurut para ahli, serta sebutkan persamaan dan perbedaannya

 

PENDAPAT DISKUSI :

 

DEFINISI POLITIK HUKUM :

Definis Politik Hukum menurut para ahli, diantaranya :

1. Bellefroid

Bellefroid mendefinisikan politik hukum adalah bagian dari ilmu hukum yang meneliti perubahan hukum yang berlaku (ius constitutum) yang harus dilakukan untuk memenuhi tuntutan baru kehidupan masyarakat (ius constituendum).

2. Hartono Hadisoeprapto

Menurut Hartono Hadisoeprapto, politik hukum adalah suatu kebijaksanaan atau policy dari penguasa negara Republik Indonesia mengenai hukum yang berlaku di Negara Indonesia.

3. Moechtar Kusumaatmadja

Politik Hukum adalah kebijakan hukum dan perundang-undangan, dalam rangka pembaharuan hukum.

 

PERSAMAANNYA :

Dari definis beberapa ahli tentang Politik hukum maka bisa dianalisa sebagai berikut; Sebagai sebuah disiplin hukum, politik hukum memberikan landasan akademis terhadap proses pembentukan dan penemuan hukum yang lebih sesuai dengan konteks kesejarahan, situasi dan kondisi, kultur, dan nilai-nilai yang berkembang di masyarakat, dan dengan memperhatikan pulakebutuhan masyarakat terhadap hukum itu sendiri. Melalui proses seperti ini diharapkan produk hukum yang akan di implementasikan di tengah-tengah masyarakat dapat diterima, dilaksanakan dan dipatuhi.

 

PERBEDAANNYA :

Demikian pun mengenai perbedaan definisi Politik Hukum menurut beberapa orang ahli; Politik Hukum suatu negara berbeda dengan politik hukum negara yang lain. Perbedaan ini disebabkan karena adanya perbedaan latar belakang kesejarahan, pandangan dunia (world-view), sosio-kultural, dan political will dari masing-masing pemerintah. Dengan kata lain, politik hukum bersifat lokal dan partikular (hanya berlaku dari dan untuk negara tertentu saja), bukan universal. Namun bukan berarti bahwa poitik hukum suatu negara mengabaikan realitas dan politik hukum Internasional.

 



REFERENSI BERPENDAPAT :

BMP ISIP4130; PENGANTAR ILMU HUKUM/PTHI; NANDANG ALAMSAH DELIANOOR; UNIVERSITAS TERBUKA; 2021

MATERI INISIASI 7; TUTORIAL ONLINE; MATA KULIAH PENGANTAR ILMU HUKUM/PTHI; UNIVERSITAS TERBUKA; 2022