DISKUSI 8 TUTORIAL ONLINE OPERASIONAL BANK ( ADBI4436 )


 

Terangkan dengan singkat pengertian eskpor dan lembaga- lembaga yang terlibat dalam kegiatan ekspor!

Jangan lupa cantumkan sumber referensi saudara di bawah jawaban saudara.


PENDAPAT DISKUSI :

 

Ekspor adalah kegiatan mengeluarkan barang dari daerah pabean PPEI, 2009:1. Ekspor merupakan salah satu kegiatan perdagangan, yaitu : kegiatan usaha jual beli barang atau jasa yang dilaksanakan secara terus menerus dengan memperoleh keuntungan dengan melintasi daerah pabean Indonesia berdasarkan ketentuan yang berlaku BPEN, 2003:1.

Ekspor adalah pengiriman komoditi ke luar Indonesia dari peredaran Radiks Purba, 1983:60.

Ekspor adalah perdagangan dengan cara mengeluarkan barang dari dalam keluar wilayah pabean Indonesia dengan memenuhi ketentuan yang berlaku Roselyne Hutabarat, 1996 : 306.

Dari beberapa pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa yang dimaksud ekspor adalah kegiatan perdagangan barang atau jasa melewati daerah pabean kepada pembeli diluar negeri dengan memenuhi ketentuan- ketentuan yang berlaku.

 

 

Kegiatan ekspor tidak lepas dari pihak-pihak atau lembaga-lembaga baik pihak pemerintah maupun pihak swasta lainya.

Lembaga-lembaga yang terkait dalam ekspor adalah sebagai berikut Berry Punan,1996:3 :

1. Bea Cukai Pajabat Kantor Wilayah Bea Cukai yang berada dibawah departemen keuangan yang mengawasi keluar masuknya barang dari wilayah hukum Indonesia. Pejabatlah yang bewenag untuk mengadakan fiat muat atau pengesahan permuatan barang ke dalam kapal.

2. Departemen Perdagangan Departemen Perdagangan juga memainkan peranan yang tidak kecil mulai dari penerbitan SIUP Surat Ijin Usaha Perdagangan sampai Surat Keterangan Asal Certificate of Origin yang diperlukan dalam rangka keringanan bea masuk pada saat barang tiba di negara tujuan.

3. Bank Devisa Selanjutnya pihak yang tidak kalah penting adalah bank, baik yang berstatus swasta maupun yang berstatus Pemerintah yang berfungsi memberikan jasa perbankan sebagai media perantara antara pembeli dan penjual yang berada dalam dua wilayah hukum yang berbeda yang belum saling mengenalmempercayai satu sama lain.

4. Surveyor Di Indonesia PT. Sucofindo yang berstatus sebagai Correspondent dari SGS Societe Generale de Survaillance sering dipergunakan jasanya untuk pemeriksaan komoditi ekspor baik yang bersifat PURE INSPECTION maupun pemeriksaan untuk pengembalian bea masuk atas bahan baku yang diproses untuk tujuan ekspor.

5. Perusahaan Asuransi Dalam kaitanya dengan transaksi ekspor, Perusahaan Asuransi berfungsi mengamankan transaksi ekspor, artinya Eksportir kita dapat mengasuransikan transaksi perdagangan Internasional tersebut sesuai dengan besarnya resiko terhadap pembeli barang tersebut.

6. Maskapai Pelayaran Sebagai pihak pengangkut Carrier, tentu memiliki peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan transaksi ekspor. Perusahaan pelayaran biasanya berasal dari lokal maupun yang berada di luar negeri yang diwakili oleh agennya di Indonesia.

 

SUMBER REFERENSI :

BMP ADNI4436; Operasional Bank; Universitas Terbuka;

https://text-id.123dok.com/document/6qmogkk5y-pengertian-ekspor-lembaga-lembaga-yang-terkait-dalam-ekspor.html