DISKUSI 3 TUTORIAL ONLINE TEORI ORGANISASI ( ADPU4341 )

DISKUSI 3 :

Diskusikanlah...

  1. Desain organisasi itu ada yang efektif ada yang kurang efektif.
  2. Silakan diskusikan dengan kawan Anda tentang model desain organisasi yang efektif dan contohnya.
  3. Dalam berdiskusi pergunakan teori/konsep, contoh/ilustrasi

Contoh aplikasi

Carilah dari berbagai media/jurnal contoh organisasi yang efektif atau tidak efektif. Analisislah secara bersama dengan kawan Anda organisasi tersebut dengan konsep desain organisasi. Sebutkan sumbernya.


DISKUSI 3 :

Diskusikanlah...

  1. Desain organisasi itu ada yang efektif ada yang kurang efektif.
  2. Silakan diskusikan dengan kawan Anda tentang model desain organisasi yang efektif dan contohnya.
  3. Dalam berdiskusi pergunakan teori/konsep, contoh/ilustrasi

Contoh aplikasi

Carilah dari berbagai media/jurnal contoh organisasi yang efektif atau tidak efektif. Analisislah secara bersama dengan kawan Anda organisasi tersebut dengan konsep desain organisasi. Sebutkan sumbernya.

 

PENDAPAT DISKUSI :

Menurut Pandangan Kontingensi, Desain Organisasi yang baik dan efektif  adalah desain yang sesuai dengan karakteristik lingkungan. Untuk itu, organisasi harus selalu melakukan penyesuaian-penyesuaian agar tetap bisa mengikuti perubahan lingkungan.

Komponen penting dalam desain organisasi adalah struktur. Tujuan dari desain tentang struktur adalah menyediakan perangkat agar tujuan organisasi dapat dicapai dan untuk memenuhi kepentingan stakeholders. Ada Lima Pilihan Model Desain Struktur Organisasi, yaitu :

1. Struktur Sederhana; cocok untuk organisasi yang baru berdiri, ukurannya kecil, sistem teknologi masih sederhana, lingkungan yang dinamis, dan manajer memiliki wewenang yang sangat besar dalam oengambilan keputusan.

2. Birokrasi Mesin; didesain untuk tugas-tugas yang dapat dirasionalisasi, sederhana, dan merupakan pekerjaan-pekerjaan rutin (repetitive).

3. Birokrasi Profesional; Kaum spesialis profesional yang bekerja pada operating core memperoleh peran yang jauh lebih besar dibandingkan denganj birokrasi mesin.

4. Struktur Divisional; Struktur organisasi dalam desain ini dalam bentuk departementasi dari middle line tingkat atasnya didasarkan pada basis konsumen sehingga terdapat pemisahan tugas yang tajam antara kantor pusat dan divisi-divisi.

5. Adhocracy; Struktur organisasi dalam model ini sangat organik dengan minimal formalisasi, spesialisasi pekerjaan yang tinggi berdasarkan pendidikan formal sehingga mereka bekerja pada tim-tim kecil yang mengerjakan proyek khusus pada bidang tertentu sehingga model ini memungkinkan inovasi dengan minimnya standarisasi dalam bekerja.

 

Suatu Organisasi yang baik dan efektif seharusnya memiliki elemen-elemen utama yang umumnya ada dalam Organisasi, yaitu :

1. Strategic Apex; Merupakan bagian yang menduduki posisi tertinggi dalam organisasi yang bertugas untuk mendorong pencapaian misi dengan cara efektif, melakukan pengawasan serta bertanggung jawab atas keseluruhan operasi organisasi.

2. Middle Line; Elemen ini bertugas menghubungkan antara operating core dengan strategic apex serta menjalin hubungan dengan manajer menengah lainnya.

3. Operating Core; Merupakan unit operasional terbawah yang langsung berhubungan dengan produksi barang dan jasa.

4. The Support Staff; Elemen yang memiliki tanggung jawab memberikan dukungan tidak langsung kepada organisasi yang banyak diisi oleh para spesialis sehingga mekanisme koordinasi yang sering diterapkan adalah standarisasi keahlian.

5. Teknostruktur; Elemen ini diisi para analis yang bertanggung jawab melakukan standarisasi dalam organisasi serta mengadakan pelatihan anggota organisasi.

 

 

Secara sederhana kriteria Organisasi yang efektif bisa terwujud jika, antara lain:

1. Tujuan dirumuskan dengan jelas dan terukur.

2. Ada pedoman kerja jangka panjang.

3. Ada mekanisme kerja yang jelas bagi pengurus atau anggota.

4. Penentuan pengurus yang disesuaikan dengan kondisi setempat.

5. Rapat terjadwal dan terencanakan dengan baik

Contoh dari Organisasi yang efektif adalah Sebuah Koperasi Unit Desa yang memiliki tujuan untuk mensejahterakan semua anggotanya, memiliki program kerja simpan pinajm dan pengelolaan hasil pertanian, pengurus dan keanggotaannya jelas, dan terdapat rapat-rapat tertentu untuk mengevaluasi pelaksanaan program dari Koperasi unit Desa tersebut.

 

Sebaliknya Contoh organisasi tidak efektifa dalah Organisasi yang tidak mempunyai kriteria-kriteria sebagai organisasi yang efektif tersebut, manajemen operasional yang buruk, kurang memiliki tujuan yang jelas, keberadaan organisasi temporer atau insidentil, dsb.

 

SUMBER REFERENSI :

BMP ADPU4341; Teori Organisasi; Agus Joko Purwanto; Universitas Terbuka; Februari 2021

https://syairpuisiku.wordpress.com./2008/09/11/organisasi-yang-efektif/